Home » , , » KABAR DUKA; PENGASUH PONPES KEMPEK-CIREBON; BUYA JA’FAR WAFAT

KABAR DUKA; PENGASUH PONPES KEMPEK-CIREBON; BUYA JA’FAR WAFAT

Written By Unknown on Selasa, 01 April 2014 | 06.03





Inna Lillahi Wainna Ilaihi Raji’un. Kabar duka menyelimuti keluarga besar Pondok Pesantren Kempek Cirebon. Sang pengasuhnya sekaligus kakak kandung Ketum PBNU, KH. Ja’far Shodiq Aqil Siroj meninggal dunia sekitar pukul 18.13 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto-Jakarta Pusat.

“Pandawa Lima” Pesantren Kempek

Pandawa Lima merupakan tokoh yang tidak dapat dipisahkan dengan kisah Mahabarata. Pandawa Lima adalah sebutan untuk lima bersaudara, putra dari Pandu Dewanata yakni Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Namun kisah Pandawa Lima kali ini ada di salah satu pesantren tradisional yang dibangun lebih dari satu abad lampau, tepatnya pada tahun 1908 oleh al-Mukarrom Mbah KH. Harun al-Kempeki.

Pondok Pesantren Kempek adalah salah satu pesantren terbesar di wilayah tiga Cirebon, yang didirikan oleh KH. Harun pada sekitar tahun 1908. Sampai sekarang pondok ini masih eksis dengan berfokus untuk mempelajari kitab kuning (klasik) khususnya nahwu, sharaf dan al-Quran tanpa meninggalkan tradisi ulama salaf terdahulu.

Pada tahun sekarang pondok ini memiliki santri sekitar 2000 anak berasal dari berbagai daerah di Jawa bahkan Sumatera. Sekarang dipimpin oleh Buya KH. Ja’far Shodiq Aqiel Siroj yang juga menjabat sebagai Ketua Umum MUI Kab. Cirebon.

Lahirlah keluarga kecil dengan jasa yang sangat besar dan dikagumi oleh seluruh santri dan kiai, yaitu keluarga KH. Aqiel Siroj. Awalnya Kiai Aqil adalah salah satu santri di Pondok Pesantren Kempek yang diasuh oleh KH. Harun. Karena beliau terkenal cerdasnya, lalu beliau dinikahkan oleh putri kiainya itu, dari istri kedua yaitu Nyai Hj. Afifah.

Dibinalah kelurga kecil di ruang lingkup pesantren. Kiai Aqiel pada tahun 1960-an merintis Majlis Tarbiyatul Mubtadi-ien guna mengefektifkan pendidikan di Pesantren Kempek Cirebon. Dan dari pernikahanya lahirlah 5 anak yang kesemuanya putra, yakni Abuya KH. Ja’far Shodiq Aqiel Siroj, Prof. DR. KH. Said Aqiel Siroj, KH. M. Musthofa Aqiel Siroj, KH. Ahsin Syifa Aqiel Siroj dan KH. Ni’amillah Aqiel Siroj.

Diantara putra-putra Kiai Aqiel itu Abuya KH. Ja’far Shodiq lah yang paling tegas, cerdas dan teguh dalam pendiriannya. Kiai alumni Pondok Pesantren Lirboyo ini juga menjadi Pengasuh Majlis Tarbiyatul Mubtadi-ien Pondok Pesantren Kempek yang dirintis oleh ayahnya setelah ayahnya tiada. Beliau juga ia mendirikan Yayasan Kyai Aqiel Siroj (KHAS) Kempek guna memberikan pendidikan yang luas untuk Pesantren Kempek dan menjadi ketuanya.

Bukan hanya itu resolusinya, beliau juga menjadi Ketua Umum MUI Cirebon dan juga menjadi Mustasyar PCNU Cirebon. Kesibukannya bukan hanya dalam organisasi Islam tapi beliau juga kembangkan ilmunya dengan mengajar kitab Alfiyah dengan para sanri Pesantren Kempak.

Beliau dikaruni 6 putra dan putri dari istrinya yang bernama Ny. Hj. Daimah, putri dari KH. Nashir Abu Bakar (Kiai Kempek). Putra-putrinya pun ikut membantu dalam pengembangan MTM Pesantren Kempek Putra dan Putri, juga Pendidikan Yayasan KHAS Kempek.

Semoga Buya KH. Ja’far Shodiq Aqil Siroj mendapatkan ampunan dan amalnya diterima oleh Allah Swt. serta keluarga yang ditinggalkan dianugerahi ketabahan. Aamiin ya Mujibasailin. Mohon hadiah surat al-Fatihah untuk beliau, lahu al-Fatihah…
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template