Home » , , » Terjemah Kitab Ta’lim Muta’allim Az-Zarnuji (Bag. 1)

Terjemah Kitab Ta’lim Muta’allim Az-Zarnuji (Bag. 1)

Written By MuslimMN on Rabu, 22 Februari 2017 | 16.46

Terjemah Kitab Ta’lim Muta’allim (Pelita Penuntut Ilmu )
Karya Al-‘Allamah Asy-Syaikh Burhanuddin Az-Zanurji

MUKADDIMAH

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

الحمد لله الذى فضل على بنى آدم بالعلم والعمل على جميع العالم، والصلاة والسلام على محمد سيد العرب والعجم، وعلى آله وأصحابه ينابيع العلوم والحكم.

Dengan menyebut nama Allah Yang Mahapengasih lagi Mahapenyayang. Segala puji milik Allah yang telah mengangkat harkat derajat manusia dengan ilmu dan amal, atas seluruh alam. Shalawat dan salam semoga tetap terlimpahkan atas Nabi Muhammad, pemimpin seluruh umat manusia, dan semoga pula tercurah atas keluarga serta para sahabatnya yang menjadi sumber ilmu dan hikmah.

وبعد فلما رأيت كثيرا من طلاب العلم فى زماننا يجدون إلى العلم ولايصلون [ومن منافعه وثمراته ـ وهى العمل به والنشر ـ يحرمون] لما أنهم أخطأوا طريقه وتركوا شرائطه، وكل من أخطأ الطريق ضل، ولاينال المقصود قل أو جل، فأردت وأحببت أن أبين لهم طريق التعلم على ما رأيت فى الكتب وسمعت من أساتيذى أولى العلم والحكم، رجاء الدعاء لى من الراغبين فيه، المخلصين، بالفوز والخلاص فى يوم الدين، بعد ما استخرت الله تعالى فيه، وسميته: تعليم المتعلم طريق التعلم
وجعلته فصولا:
فصل : فى ماهية العلم، والفقه، وفضله.
فصل : فى النية فى حال التعلم.
فصل : فى اختيار العلم، والأساتذ، والشريك، والثبات.
فصل : فى تعظيم العلم وأهله.
فصل : فى الجد والمواظبة والهمة.
فصل : فى بداية السبق وقدره وترتيبه.
فصل : فى التوكل.
فصل : فى وقت التحصيل.
فصل : فى الشفقة والنصيحة.
فصل : فى الإستفادة واقتباس الأدب.
فصل : فى الورع.
فصل : فيما يورث الحفظ، وفيما يورث النسيان.
فصل : فـيمـا يجـلب الـرزق، وفيـما يمـنع، وما يزيـد فى العـمـر، وما ينقص.

Kalau saya perhatikan para pelajar (santri), sebenarnya mereka telah bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu. Namun banyak dari mereka yang belum mendapat kemanfaatan dari ilmunya, yakni berupa pengalaman dari ilmu tersebut dan menyebarkannya. Hal itu terjadi karena cara mereka menuntut ilmu salah, dan syarat-syaratnya ditinggalkan. Karena, barangsiapa salah jalan, tentu tersesat dan tidak dapat mencapai tujuan. Oleh karena itu saya ingin menjelaskan kepada santri cara mencari ilmu, menurut kitab-kitab yang saya baca dan menurut nasihat para guru saya yang ahli ilmu dan hikmah. Dengan harapan semoga orang-orang yang tulus ikhlas mendoakan saya sehingga saya mendapatkan keuntungan dan keselamatan di akhirat. Begitu doa saya dalam istikharah ketika akan menulis kitab ini.

Kitab ini saya beri nama Ta’limul Muta’alim Thariqatta’allum. Yang terdiri dari 13 pasal:
§  Pertama, menerangkan hakikat ilmu, hukum mencari ilmu, dan keutamaannya.
§  Kedua, niat dalam mencari ilmu.
§  Ketiga, cara memilih ilmu, guru, teman, dan ketekunan.
§  Keempat, cara menghormati ilmu dan guru
§  Kelima, kesungguhan dalam mencari ilmu, beristiqamah dan cita-cita yang luhur.
§  Keenam, ukuran dan urutannya.
§  Ketujuh, tawakal.
§  Kedelapan, waktu belajar ilmu.
§  Kesembilan, saling mengasihi dan saling menasihati.
§  Kesepuluh, mencari tambahan ilmu pengetahuan.
§  Kesebelas, bersikap wara’ ketika menuntut ilmu.
§  Keduabelas, hal-hal yang dapat menguatkan hapalan dan yang melemahkannya.
§  Ketigabelas, hal-hal yang mempermudah datangnya rizki, hal-hal yang dapat memperpanjang, dan mengurangi umur.

وما توفيقى إلا بالله عليه توكلت وإليه أنيب.

Tidak ada penolong kecuali Allah, hanya kepadaNya saya berserah diri, dan kehadiratNya aku kembali. []

فصل
فى ماهية العلم والفقه وفضله
FASAL 1: PENGERTIAN ILMU DAN FIQIH SERTA KEUTAMAANNYA

A.    Kewajiban Belajar

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: طلب العلم فريضة على كل مسلم. ومسلمة اعلم, بأنه لايفترض على كل مسلم، طلب كل علم وإنما يفترض عليه طلب علم الحال كما قال: وأفضل العلم علم الحال، وأفضل العمل حفظ الحال. ويفترض على المسلم طلب ما يقع له فى حاله، فى أى حال كان، فإنه لابد له من الصلاة فيفترض عليه علم ما يقع له فى صلاته بقدر ما يؤدى به فرض الصلاة، ويجب عليه بقدر ما يؤدى به الواجب، لأن ما يتوسل به إلى إقامة الفرض يكون فرضا، وما يتوسل به إلى إقامة الواجب يكون واجبا وكذا فى الصوم، والزكاة، إن كان له مال، والحج إن وجب عليه. وكذا فى البيوع إن كان يتجر.

Rasulullah Saw. bersabda: “Mencari ilmu hukumnya wajib bagi Muslim laki-laki dan wanita.” Perlu diketahui bahwa, kewajiban mencari ilmu bagi Muslim laki-laki dan perempuan ini tidak untuk sembarang ilmu, tapi terbatas pada ilmu agama, dan ilmu yang menerangkan cara bertingkah laku atau bermuamalah dengan sesama manusia. Sehingga ada yang berkata, “Ilmu yang paling utama ialah ilmu hal. Dan perbuatan yang paling mulia adalah menjaga perilaku.”

Yang dimaksud ilmu hal ialah ilmu agama Islam yang dibutuhkan saat itu juga, semisal shalat. Oleh karena setiap orang Islam wajib mengetahui ilmu yang berkaitan dengan shalat, seperti rukun-rukun dan syarat-syarat sahnya shalat, supaya dapat melaksanakan shalat dengan sempurna. Maka setiap orang Islam wajib mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kewajiban yang akan dikerjakannya. Karena sesuatu yang menjadi perantara untuk melakukan kewajiban, maka mempelajari perantara tersebut hukumnya wajib. Ilmu agama adalah sebagian wasilah untuk mengerjakan kewajiban agama. Semisal ilmu tentang puasa, zakat bagi yang berharta, haji jika sudah mampu, dan ilmu tentang jual beli jika berdagang.

قيل لمحمد بن الحسن، رحمة الله عليه: لما لاتصنف كتابا فى الزهد؟ قال: قد صنفت كتابا فى البيوع، يعنى: الزاهد من يحترز عن الشبهات والمكروهات فى التجارات. وكذلك فى سائر المعاملات والحرف، وكل من اشتغل بشيئ منها يفترض عليه علم التحرز عن الحرام فيه. وكذلك يفترض عليه علم أحوال القلب من التوكل والإنابة والخشية والرضى، فإنه واقع فى جميع الأحوال.

Muhammad bin al-Hasan ketika ditanya mengapa beliau tidak menyusun kitab tentang zuhud, beliau menjawab, “Aku telah mengarang sebuah kitab tentang jual beli.” Maksud beliau yang dikatakan zuhud ialah menjaga diri dari hal-hal yang syubhat (tidak jelas halal-haramnya) dan yang dimakruhkan (dibenci oleh agama) dalam berdagang. Artinya setiap orang yang berkecimpung dalam dunia perdagangan maka wajib mengetahui ilmunya berdagang dalam Islam, supaya dapat menjaga diri dari hal-hal yang diharamkan dan dibenci. Begitu pula dalam muamalah dan transaksi lainnya. Setiap orang juga harus mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan hati, misalnya tawakal, tobat, takut kepada Allah, dan ridha. Sebab, semua itu terjadi pada segala keadaan.

B.     Keutamaan Ilmu

وشرف العلم لايخفى على أحد إذ هو المختص بالإنسانية لأن جميع الخصال سوى العلم، يشترك فيها الإنسان وسائر الحيوانات: كالشجاعة والجراءة والقوة والجود والشفقة وغيرها سوى العلم. وبه أظهر الله تعالى فضل آدم عليه السلام على الملائكة، وأمرهم بالسجود له. وإنما شرف العلم بكونه وسيلة الى البر والتقوى، الذى يستحق بها المرء الكرامة عند الله، والسعادة والأبدية، كما قيل لمحمد بن الحسن رحمة الله عليهما شعرا:
تعـلـم فــإن الـعلـم زيـن لأهــلــه            وفــضـل وعــنـوان لـكـل مـــحامـد
وكــن مـستـفـيدا كـل يـوم زيـادة            من العـلم واسـبح فى بحـور الفوائـد
تـفـقـه فإن الـفــقـه أفــضـل قائـد            الى الــبر والتـقـوى وأعـدل قـاصـد
هو العلم الهادى الى سنن الهدى             هو الحصن ينجى من جميع الشدائد
فـإن فـقيــهـا واحــدا مــتـورعــا            أشـد عـلى الشـيطـان من ألـف عابد

Tidak seorang pun yang meragukan akan pentingnya ilmu pengetahuan, karena ilmu itu khusus dimiliki umat manusia. Adapun selain ilmu, itu bisa dimiliki manusia dan bisa dimiliki hewan semisal berani, takut, kuat, welas dan asih serta yang lainnya selain ilmu. Dengan ilmulah Allah Ta’ala mengangkat derajat Nabi Adam As. di atas para malaikat. Oleh karena itu, malaikat diperintah oleh Allah agar sujud kepada Nabi Adam As.

Ilmu itu sangat mulia dan utama karena sebagai perantara (sarana) untuk berbuat baik dan bertaqwa. Yang dengannya manusia menerima kedudukan terhormat disisi Allah, dan keuntungan yang abadi. Sebagaimana dikatakan Muhammad bin al-Hasan bin Abdullah dalam sebuah syair:
“Belajarlah! Sebab ilmu adalah penghias bagi pemiliknya dan sebuah keutamaan serta pertanda setiap perkara yang terpuji. Jadikan hari-harimu untuk menambah ilmu. Dan berenanglah di lautan ilmu yang berguna. Belajarlah ilmu agama, karena ia adalah ilmu yang paling unggul. Ilmu yang dapat membimbing menuju kebaikan dan taqwa, ilmu paling lurus untuk dipelajarai. Dialah ilmu yang menunjukkan kepada jalan yang lurus, yakni jalan petunjuk. Yang dapat menyelamatkan manusia dari segala keresahan. Karena sesungguhnya seorang ahli ilmu agama yang wara’ lebih berat bagi setan daripada menggoda seribu ahli ibadah tapi bodoh.

C.    Belajar Ilmu Akhlaq

          )والعلم وسيلة إلى معرفة: الكبر، والتواضع، والألفة، والعفة، والأسراف، والتقتير، وغيرها)، وكذلك فى سائر الأخلاق نحو الجود، والبخل، والجبن، والجراءة. فإن الكبر، والبخل، والجبن، والإسراف حرام، ولايمكن التحرز عنها إلا بعلمها، وعلم ما يضادها، فيفترض على كل إنسان علمها. وقد صنف السيد الإمام الأجل الأستاذ الشهيد ناصر الدين أبو القاسم كتابا فى الأخلاق ونعم ما صنف، فيجب على كل مسلم حفظها.

Setiap orang Islam juga wajib mengetahui akhlak yang terpuji dan yang tercela, seperti watak murah hati, kikir, penakut, pemberani, tawadhu’, congkak, menjaga diri dari keburukan, israf (berlebihan), bakhil dan sebagainya. Karena sombong, kikir, penakut dan israf adalah haram. Dan tidak mungkin bisa terhindar dari sifat-sifat itu tanpa mengetahui kriteria sifat-sifat tersebut serta mengetahui cara menghilangkannya. Oleh karena itu orang Islam wajib mempelajarinya. As-Sayyid asy-Syahid Nashiruddin Abul Qasim telah menyusun kitab yang membahas tentang akhlak. Kitab tersebut sangat bermutu dan perlu dibaca. Karena setiap orang wajib memelihara akhlaknya.

D.    Ilmu yang Fardhu Kifayah dan yang Haram Dipelajari

وأما حفظ ما يقع فى الأحايين ففرض على سبيل الكفاية، إذا قام البعض فى بلدة سقط عن الباقين، فإن لم يكن فى البلدة من يقوم به اشتركوا جميعا فى المأثم، فيجب على الإمام أن يأمرهم بذلك، ويجبر أهل البلدة على ذلك. قيل: إن العلم ما يقع على نفسه فى جميع الأحوال بمنزلة الطعام لابد لكل واحد من ذلك. وعلم ما يقع فى الأحايين بمنزلة الدواء يحتاج إليه (فى بعض الأوقات.( وعلم النجوم بمنزلة المرض، فتعلمه حرام، لأنه يضر ولاينفع، والهرب عن قضاء الله تعالى وقدره غير ممكن. فينبغى لكل مسلم أن يشتغل فى جميع أوقاته بذكر الله تعالى والدعاء، والتضرع، وقراءة القرآن، والصدقات [الدافعة للبلاء] [والصلاة] ، ويسأل الله تعالى العفو والعافية فى الدين والآخرة ليصون الله عنه تعالى البلاء والآفات، فإن من رزق الدعاء لم يحرم الإجابة. فإن كان البلاء مقدرا يصيبه لامحالة، ولكن يبر الله عليه ويرزقه الصبر ببركة الدعاء. اللهم إذا تعلم من النجوم قدرما يعرف به القبلة، وأوقات الصلاة فيجوز ذلك وأما تعلم علم الطب فيجوز، لأنه سبب من الأسباب فيجوز تعلمه كسائر الأسباب.    وقد تداوى النبى عليه السلام، وقد حكى عن الشافعى رحمة الله عليه أنه قال: العلم علمان: علم الفقه للأديان، وعلم الطب للأبدان، وما وراء ذلك بلغة مجلس.

Adapun mempelajari amalan agama yang dikerjakan pada saat tertentu seperti shalat jenazah dan lain-lain, itu hukumnya fardhu kifayah. Jika di suatu tempat/daerah sudah ada orang yang mempelajari ilmu tersebut, maka yang lain bebas dari kewajiban. Tapi bila di suatu daerah tak ada seorangpun yang mempelajarinya maka seluruh penduduk daerah itu berdosa. Oleh karena itu pemerintah wajib memerintahkan kepada rakyatnya supaya belajar ilmu yang hukumnya fardhu kifayah tersebut. Pemerintah berhak memaksa mereka untuk mereka untuk melaksanakannya.

Dikatakan bahwa mengetahui/mempelajari amalan ibadah yang hukumnya fardhu ain itu ibarat makanan yang dibutuhkan setiap orang. Sedangkan mempelajari amalan yang hukumnya fardhu kifayah itu ibarat obat, yang mana tidak dibutuhkan oleh setiap orang dan penggunaannya pun pada waktu-waktu tertentu. Sedangkan mempelajari ilmu nujum itu hukumnya haram, karena ia diibaratkan penyakit yang sangat membahayakan. Dan mempelajari ilmu nujum itu hanyalah sia-sia belaka, karena ia tidak bisa menyelamatkan seseorang dari taqdir Tuhan. Oleh karena itu, setiap orang Islam wajib mengisi seluruh waktunya dengan berzikir kepada Allah, berda, memohon seraya merendahkan diri kepadaNya, membaca al-Quran dan bersedekah supaya terhindar dari marabahaya.

Boleh mempelajari ilmu nujum (ilmu falak) untuk mengetahui arah kiblat dan waktu-waktu shalat. Boleh pula mempelajari ilmu kedokteran, karena ia merupakan usaha penyembuhan yang tidak ada hubungannya dengan sihir, jimat, tenung dan lain-lainnya. Karena Nabi Saw. juga pernah berobat. Imam Syafi’i rahimahullah berkata, “Ilmu itu ada dua, yaitu ilmu fiqih untuk mengetahui hukum agama dan ilmu kedokteran untuk memelihara badan.”

E.     Definisi Ilmu

وأما تفسير العلم: فهو صفة يتجلى بها المذكور لمن قامت هى به كما هو. والفقه: معرفة دقائق العلم مع نوع علاج. قال أبو حنيفة رحمة الله عليه: الفقه معرفة النفس ما لها وما عليها. وقال: ما العلم إلا للعمل به، والعمل به ترك العاجل الآجل فينبغى للإنسان أن لايغفل عن نفسه، ما ينفعها وما يضرها، فى أولها وآخرها، ويستجلب ما ينفعها ويجتنب عما يضرها، كى لايكون عقله وعمله حجة فيزداد عقوبة، نعوذ بالله من سخطه وعقوبه. وقد ورد فى مناقب العلم وفضائله، آيات وأخبار صحيحة مشهورة لم نشتغل بذكرها كى لايطول الكتاب.

Ilmu ditafsiri dengan: Sifat yang memperjelas identitas seseorang yang memilikinya, maka menjadi jelaslah apa yang terlintas di dalam pengertiannya. Sedangkan Fiqih adalah: Pengetahuan tentang perincian ilmu. Imam Abu Hanifah mengatakan Fiqih adalah pengetahuan tentang diri seseorang, apa-apa yang berguna dan apa-apa yang berbahaya bagi dirinya. Ujarnya lagi: Ilmu itu untuk diamalkan, sedangkan mengamalkan di sini berarti meninggalkan orientasi demi akhirat.

Maka seyogyanya manusia jangan sampai lengah diri dari hal-hal yang bermanfaat dan berbahaya di dunia dan akhirat. Dengan demikian dia akan mengambil mana yang bermanfaat dan menjauhi mana yang berbahaya, agar supaya baik akal dan ilmunya tidak menjadi beban pemberat atas dirinya dan menambah siksanya. Kita berlindung kepada Allah dari murka dan siksaNya.

Dalam masalah keistimewaan dan keutaman ilmu itu, banyak ayat-ayat al-Quran dan hadits shahih dan masyhur yang mengemukakannya. Namun kali ini tidak kami kedepankan, agar uraian kitab ini tidak terlalu berkepanjangan. []

فصل
فى النية فى حال التعلم
FASAL II; NIAT DI WAKTU BELAJAR

A.    Niat Belajar

ثم لابد له من النية فى زمان تعلم العلم، إذ النية هى الأصل فى جميع الأفعال لقوله عليه السلام: إنما الأعمال بالنيات] حديث صحيح .[روى عن رسول الله صلى الله عليه وسلم: كم من عمل يتصور بصورة عمل الدنيا، ثم يصير بحسن النية من أعمال الآخرة، وكم من عمل يتصور بصورة عمل الآخرة ثم يصير من أعمال الدنيا بسوء النية.

Wajib berniat waktu belajar. Sebab niat itu menjadi pokok dari segala hal, sebagaimana sabda Nabi Saw.: “Sesungguhnya amal-amal perbuatan itu tergantung pada niatnya.” (Hadits shahih). Beliau Saw. juga bersabda: “Banyak amal perbuatan yang berbentuk amal dunia, lalu menjadi amal akhirat sebab bagusnya niat. Banyak amal perbuatan yang berbentuk amal akhirat, lalu menjadi amal dunia sebab buruknya niat.

B.     Niatan Baik dan Buruk

وينبغى أن ينوى المتعلم بطلب العلم رضاء الله والدار الآخرة، وإزالة الجهل عن نفسه، وعن سائر الجهال، وإحياء الدين وإبقاء الإسلام، فإن بقاء الإسلام بالعلم، ولايصح الزهد والتقوى مع الجهل. وأنشدنا الشيخ الإمام الأجل الأستاذ برهان الدين صاحب الهداية لبعضهم شعرا:
فـساد كـبير عـالم مـتهتـك            وأكـبر منه جاهل متنسك
هما فتنة للعالمين عظيمة            لمن بهما فى دينه يتمسك
وينوى به: الشكر على نعمة العقل، وصحة البدن, ولا ينوى به إقبال الناس عليه، ولا استجلاب حطام الدنيا، والكرامة عند السلطان وغيره. وقال محمد بن الحسن رحمة الله عليهما: لو كان الناس كلهم عبيدى لأعتقتهم وتبرأت عن ولائهم.

Di waktu belajar hendaklah berniat mencari ridha Allah Swt., kebahagian akhirat, memerangi kebodohan sendiri dan segenap kaum bodoh, menghidupi agama dan melanggengkan Islam sebab kelanggengan Islam itu harus diwujudkan dengan ilmu. Zuhud dan taqwapun tidak sah jika tanpa berdasar ilmu. Syaikh Burhanuddin pengarang kitab al-Hidayah menyebutkan syair gubahan sebagian ulama:
“Kerusakan besar orang alim yang tak teratur. Lebih rusak lagi bila si jahil ahli ibadah. Keduanya menjadi fitnah besar yang menimpa di dunia ini atas orang yang mengikutinya dalam beragama.”

Dengan belajar pula, hendaklah diniati untuk mensyukuri kenikmatan akal dan badan yang sehat. Belajar jangan diniatkan untuk mencari pengaruh, kenikmatan dunia ataupun kehormatan di depan sultan dan penguasai-penguasa lain. Muhammad bin al-Hasan berucap: “Andaikan seluruh manusia itu menjadi budak belianku, niscaya kumerdekakan seluruhnya dan kubebaskan dari kekuasaanku.”

C.    Kelezatan dan Hikmah Ilmu

          ]وذلك لأن] من وجد لذة العلم والعمل به، قلما يرغب فيما عند الناس. أنشدنا الشيخ الإمام الأجل الأستاذ قوام الدين حماد بن إبراهيم بن إسماعيل الصفار الأنصارى إملاء لأبى حنيفة رحمة الله عليه:
من طلب العلم للمعاد        فاز بفضل من الرشاد
فـيالخسـران طالـبيـه        لـنيل فـضل من العباد
اللهم إلا إّذا طلب الجاه للأمر بالمعروف والنهى عن المنكر، وتنفيذ الحق، وإعزاز الدين لا لنفسه وهواه، فيجوز ذلك بقدر ما يقيم به الأمر بالمعروف والنهى عن المنكر. وينبغى لطالب العلم: أن يتفكر فى ذلك، فإنه يتعلم العلم بجهد كثير، فلايصرفه إلى الدنيا الحقيرة القليلة الفانية. (قال النبى صلى الله عليه وسلم: اتقوا الدنيا، فوالذى نفس محمد بيده إنها لأسحر من هاروت وماروت). شعر:
هى الـدنيا أقـل مـن الـقـليل    وعاشقها أذل من الذليل
تصم بسحرها قوما وتعمى    فـهم مـتخيرون بلا دليل

Siapa saja telah merasakan kelezatan ilmu dan amal, maka semakin kecillah kegemarannya akan harta benda duniawi. Syaikhul Imam Ustadz Qawamuddin Hammad bin Ibrahim bin Ismail ash-Shaffar al-Anshari membacakan kami syair imla’ Abu Hanifah:
“Siapa saja mencari ilmu untuk hari kemudian (akhirat) maka beruntunglah ia dengan keutamaan petunjuk Allah. Aduhai meruginya penuntut ilmu yang orientasi niatnya demi mencari keagungan dari hamba Allah.”

Tetapi jikalau dalam meraih keagungan itu demi amar ma’ruf nahi munkar, memperjuangkan kebenaran dan meluhurkan agama bukan untuk keperluan hawa nafsu sendiri maka diperbolehkan sejauh batas telah dapat menegakkan amar ma’ruf nahi munkar tersebut.

Penuntut ilmu hendaknya memperhatikan apa yang tersebut di atas. Ia telah mengatasi kepayahan yang cukup banyak, maka jangan sampai ilmu yang telah ia peroleh itu digunakan sebagai sarana bendahara duniawi yang hina, sedikit nilainya dan segera hancur ini. Dalam sebuah syair disebutkan:
“Dunia itu sedikitnya hal yang paling sedikit. Pencintanya adalah paling hinanya hal yang terhina. Sihir dunia membuat tuli dan buta. Menjadikan bingung tak tahu arah.”

D.    Pantangan Ahli ilmu

وينبغى لأهل العلم أن لايذل نفسه بالطمع فى غير المطمع ويحترز عما فيه مذلة العلم وأهله. ويكون متواضعا، والتواضع بين التكبر والذلة، والعفة كذلك، ويعرف ذلك فى كتاب الأخلاق. أنشدنى الشيخ الإمام الأستاذ ركن الدين المعروف بالأديب المختار شعرا لنفسه:
إن الـتواضـع مـن خـصـال المـتقى            وبه التقى إلى المـعالى يرتقى
ومن العجائب عجب من هو جاهل            فى حالة أهو السعيد أم الشقى
أم كـيـف يخــتم عـمـره أو روحــه            يوم الـنوى مـتسفل أو مرتقى
والـكـــبـريـاء لـربـنـا صــفـة لــــه            مـخـصـوصة فتجـنبها واتقى
قال أبو حنيفة رحمة الله عليه لأصحابه: عظموا عمائمكم ووسعوا أكمامكم. وإنما قال ذلك لئلا يستخف بالعلم وأهله

Orang berilmu itu hendaklah jangan membuat dirinya sendiri menjadi hina lantaran tamak terhadap sesuatu yang tidak semestinya, jangan sampai terjerumus ke dalam lembah kehinaan ilmu dan ahli ilmu. Hendaklah berbuat tawadhu’, sikap tengah-tengah antara sombong dan kecil hati. Dan berbuat iffah, yang keterangan lebih jauhya bisa kita dapati dalam kitab akhlaq. Syaikhul Imam Ustadz Ruknul Islam yang terkenal sebagai sasterawan ternama mengemukakan gubahan syiirnya kepadaku:
“Tawadhu’ benar-benar budi orang yang bertaqwa. Ia menanjak tinggi dan semakin menempatkan ke derajat tinggi. Hal yang paling menakjubkan adalah orang yang tidak mau tahu dirinya sendiri akankah menjadi orang yang bahagia atau celaka. Atau bagaimana waktu meninggalkan dunia, pungkasan umur nyawanya suul khatimah atau husnul khatimah. Sifat kibr/sombong itu khusus milik Tuhan kita, maka singkirkan dan waspadalah!”

Kepada para santrinya Imam Abu Hanifah berkata: “Besarkanlah putaran serban kalian, dan perlebarlah lobang lengan baju kalian.” Ucapan ini dikemukakan agar supaya ilmu dan ahli ilmu tidak dipandang remeh.

E.     Saran Khusus untuk Pelajar

وينبغى لطالب العلم أن يحصل كتاب الوصية التى كتبها أبو حنيفة رضى الله عليه ليوسف بن خالد السمتى عند الرجوع إلى أهله، يجده من يطلب العل وقد كان أستاذنا شيخ الإسلام برهان الدين على بن أبو بكر قدس الله روحه العزيز أمرنى بكتابته عند الرجوع إلى بلدى فكتبته، ولابد للمدرس والمفتى فى معاملات الناس منه، وبالله التوفيق.

Sebaiknya seorang pelajar bisa mendapatkan buku wasiat tulisan Imam Abu Hanifah (yang tadinya) untuk Yusuf bin Khalid as-Simty saat pulang kembali ke tengah-tengah keluarganya. Dan buku ini bisa didapat oleh orang yang mau mencarinya. Guru kita sendiri yaitu Syaikhul Islam Burhanuddin Ali bin Abu Bakar, semoga Allah mensucikan ruhnya yang mulia, juga memerintahkan kami waktu mau pulang ke daerah agar menulis buku tersebut, dan kamipun melakukannya. Seorang guru dan mufti (pemberi fatwa) dalam berinteraksi dengan manusia pun harus berpegang pada buku wasiat tersebut. []

فصل
فى اختيار العلم والأستاذ والشريك والثبات
FASAL III; MEMILIH ILMU, GURU, TEMAN DAN KETABAHAN BERILMU

A.    Syarat-syarat Ilmu Yang Dipilih

وينبغى لطالب العلم أن يختار من كل علم أحسنه وما يحتاج إليه فى أمر دينه فى الحال، ثم ما يحتاج إليه فى المآل. ويقدم علم التوحيد والمعرفة ويعرف الله تعالى بالدليل، فإن إيمان المقلد ـ وإن كان صحيحا عندنا ـ لكن يكون آثما بترك الإستدلال. ويختار العتيق دون المحدثات، قالوا: عليكم بالعتيق وإياكم بالمحدثات، وإياك أن تشتغل بهذا الجدال الذى ظهر بعد انقراض الأكابر من العلماء، فإنه يبعد عن الفقه ويضيع العمر ويورث الوحشة والعداوة، وهو من أشراط الساعة وارتفاع العلم والفقه،كذا ورد فى الحديث

Bagi pelajar, dalam masalah ilmu hendaklah memilih mana yang terbagus dan dibutuhkan dalam kehidupan agmanya pada waktu itu, lalu untuk waktu yang akan datang. Hendaknya lebih dahulu mempelajari ilmu tauhid, mengenali Allah lengkap dengan dalilnya. Karena orang yang imannya hanya taqlid sekalipun menurut pendapat kita sah, tetap berdosa karena ia tidak mau beristidlal dalam masalah ini.

Hendaknya pula memilih ilmu-ilmu yang terdahulu, bukan yang baru lahir. Banyak ulama berkata: “Tekunilah ilmu terdahulu, bukan yang baru saja ada.” Awas, jangan terjebak pada perdebatan yang marak terjadi setelah langkanya ulama besar. Sebab menjurus untuk menjauhkan pelajar dari mengenali fiqh, hanya menghabiskan usia dengan tanpa guna, menumbuhkan sikap anti-pati dan gemar bermusuhan. Dan itulah termasuk tanda-tanda kiamat akan tiba serta lenyapnya fiqih dan pengetahuan-pengetahuan lain, demikianlah menurut hadits.

B.     Syarat-syarat Guru yang Dipilih

أما اختيار الأستاذ: فينبغى أن يختارالأعلم والأورع والأسن، كما اختار أبو حنيفة، رحم الله عليه، حماد بن سليمان، بعد التأمل والتفكير، قال: وجدته شيخا وقورا حليما صبورا فى الأمور. وقال: ثبت عند حماد بن سليمان فنبت

Dalam memilih guru, hendaklah mengambil yang lebih alim, wara’ dan lebih tua usianya. Sebagaimana Imam Abu Hanifah setelah lebih dahulu memikir dan mempertimbangkan lebih lanjut, maka menentukan pilihannya kepada Syaikh Hammad bin Abu Sulaiman. Dalam hal ini beliau berkata: “Beliau (Syaikh Hammad) saya kenal sebagai orangtua yang berbudi luhur, lapang dada serta penyabar.” Lanjut Abu Hanifah, “Saya mengabdi pada Syaikh Hammad bin Abu Sulaiman, dan sayapun makin berkembang.”

C.    Bermusyawarah

وقال أبو حنيفة رحمة الله عليه: سمعت حكيما من حكماء سمرقند قال: إن واحدا من طلبة العلم شاورنى فى طلب العلم، وكان قد عزم على الذهاب إلى بخارى لطلب العلم. وهكذا ينبغى أن يشاور فى كل أمر، فإن الله تعالى أمر رسوله عليه الصلاة والسلام بالمشاورة فى الأمور ولم يكن أحد أفطن منه، ومع ذلك أمر بالمشاورة، وكان يشاور أصحابه فى جميع الأمور حتى حوائج البيت. قال على كرم الله وجهه: ما هلك امرؤ عن مشورة. قيل: [الناس] رجل [تام] ونصف رجل، ولا شيئ. فالرجل: من له رأي صائب ويشاور العقلاء، ونصف رجل: من له رأي صائب لكن لا يشاور، أو يشاور ولكن لا رأي له، ولا شيئ: من لا رأي له ولا يشاور. وقال جعفر الصادق لسفيان الثورى: شاور فى أمرك الذين يخشون الله تعالى. فطلب العلم من أعلى الأمور وأصعبها، فكانت المشاورة فيه أهم وأوجب. قال الحكيم رحمة الله عليه: إذا ذهبت إلى بخارى فلا تعجل فى الإختلاف إلى الأئمة وامكث شهرين حتى تتأمل وتختار أستاذا، فإنك إن ذهبت إلى عالم وبدأت بالسبق عنده فربما لا يعجبك درسه فتتركه فتذهب إلى آخر، فلا يبارك لك فى التعلم.    فتأمل فى شهرين فى اختيار الأستاذ، وشاور حتى لا تحتاج إلى تركه والاعراض عنه فتثبت عنده حتى يكون تعلمك مباركا وتنتفع بعلمك كثيرا.

Imam Abu Hanifah berkata, “Saya mendengar salah seorang ahli hikmah Samarkand berkata: ‘Ada salah seorang pelajar yang mengajakku bermusyawarah mengenai masalah-masalah mencari ilmu, sedang ia sendiri telah bermaksud ke Bukhara untuk belajar di sana’.” Demikianlah, maka seharusnya pelajar suka bermusyawarah dalam segala hal yang dihadapi. Karena Allah Swt. memerintahkan Rasulullah Saw. agar memusyawarahkan segala halnya. Toh tiada orang lain yang lebih pintar dari beliau Saw., dan masih diperintahkan musyawarah, hingga urusan-urusan rumah tangga.

Sayyidina Ali Ra. berkata: “Tiada seorangpun yang rusak sebab musyawarah.” Dikatakan pula: “Manusia itu ada yang satu orang utuh, setengah orang, dan orang tak berarti. Orang utuh yaitu yang mempunyai pendapat benar juga mau bermusyawarah; sedang setengah orang yaitu yang mempunyai pendapat benar tetapi tidak mau bermusyawarah atau turut bermusyawarah tetapi tidak mempunyai pendapat; dan orang yang tidak berarti adalah yang tidak mempunyai pendapat lagi tidak mau ikut musyawarah.” Imam Ja’far ash-Shadiq Ra. Berkata pada Sufyan ats-Tsuri: “Musyawarahkan urusanmu dengan orang-orang yang bertaqwa kepada Allah.”

Mencari ilmu adalah perkara paling mulia, tetapi juga paling sulit. Karena itulah musyawarah dalam hal ini lebih penting dan diharuskan pelaksanaannya. Al-Hakim berucap: “Jikalau engkau pergi ke Bukhara, janganlah ikut dalam perselisihan para imam. Tenanglah lebih dulu selama dua bulan, guna mempertimbangkan dan memilih guru. Karena bisa jadi engkau pergi kepada orang alim dan mulai belajar kepadanya, tiba-tiba pelajarannya tidak menarik dan tidak cocok untukmu, akhirnya belajarmupun tidak dapat berkah. Karena itu, pertimbangkanlah dahulu selama dua bulan untuk memilih gurumu itu, dan bermusyawarahlah agar tepat, serta tidak lagi ingin berpindah ataupun berpaling dari guru tersebut. Dengan begitu, engkau mendapat kemantapan belajar di situ, mendapat berkah dan banyak kemampaatan ilmu yang kamu peroleh.”

D.    Sabar dan Tabah dalam Belajar

واعلم أن الصبر والثبات أصل كبير فى جميع الأمور ولكنه عزيز، كما قيل:
لكل إلى شأو العلا حركات    ولكن عزيز فى الرجال ثبات
[قيل]: الشجاعة صبر ساعة. فينبغى أن يثبت ويصير على أستاذ وعلى كتاب حتى لا يتركه أبتر، وعلى فن حتى لا يشتغل بفن آخر قبل أن يتقن الأول، وعلى بلد حتى لا ينتقل إلى بلد آخر من غير ضرورة، فإن ذلك كله يفرق الأمور ويشغل القلوب ويضيع الأوقات ويؤذى المعلم. وينبغى أن يصبر عما تريده نفسه وهواه.    قال الشاعر:
إن الهوى لهو الهوان بعينه    وصريع كل هوى صريع هوان
ويصير على المحن والبليات. قيل: خزائن المنن، على قناطير المحن. ولقد أنشدت، وقيل إنه لعلى بن أبى طالب كرم الله وجهه شعرا:
ألا لـن تنــال الــعـلم إلا بســتة     سأنبيك عن مجموعها ببيان
ذكاء وحرص واصطباروبلغة     وإرشاد أستاذ وطـول زمان

Ketahuilah, sabar dan tabah itu pangkal keutamaan dalam segala hal, tetapi jarang yang bisa melakukan. Sebagaimana dikatakan dalam syair:
“Segala sesuatu maunya tinggi yang dituju. Tapi jarang hati yang tabah diemban orang.”

Ada dikatakan: “Keberanian ialah sabar sejenak.” Maka sebaiknya pelajar mempunyai hati tabah dan sabar dalam belajar kepada sang guru. Dalam mempelajari suatu kitab jangan sampai ditinggalkan sebelum sempurna dipelajari. Dalam satu bidang ilmu jangan sampai berpindah bidang lain sebelum memahaminya benar-benar. Dan juga dalam tempat belajar jangan sampai berpindah ke lain daerah kecuali karena terpaksa. Kalau hal ini dilanggar, dapat membuat urusan jadi kacau balau, hati tidak tenang, waktupun terbuang dan melukai hati sang guru.

Sebaiknya pula, pelajar selalu memegangi kesabaran hatinya dalam mengekang kehendak hawa nafsunya. Seorang penyair berkata:
“Hawa nafsu, dialah hina. Tiap jajahan nafsu, berarti kalahan si hina.”

Juga berhati sabar dalam menghadapi cobaan dan bencana. Dikatakan: “Gudang simpanan cita-cita terletak pada banyaknya ujian.” Disyairkan untuk saya, ada yang berpendapat bahwa syair ini dari gubahan Sayyidina Ali bin Abi Thalib Ra., sebagai berikut:
“Tak bisa kau raih ilmu tanpa memakai 6 senjata. Kututurkan ini padamu, kan jelaslah semuanya. (1) Cerdas, (2) dermawan, (3) sabar, (4) bekal, (5) petunjuk guru, (6) waktu yang lama.

E.     Memilih Teman

وأما اختيار الشريك، فينبغى أن يختار المجد والوراع وصاحب الطبع المستقيم المتفهم، ويفر من الكسلان والمعطل والمكثاروالمفسد والفتان. قال الشاع:
عن المرء لا تسل وأبصر قرينه            فـإن الـقرين بالمـقارن يقــتـدى
فـإن كـان ذا شر فــجـنبه سرعـة            وإن كان ذا خير فقارنه تهـتدى
وأنشدت شعرا آخر:
لا تصحـب الكسلان فى حـالته            كـم صـالــح بفـسـاد آخــر يفسـد
عدوى البليد إلى الجليد سريعة            كالجمر يوضع فى الرماد فيخمد
قال النبى صلى الله عليه وسلم: كل مولود يولد على فطرة الإسلام، إلا أن أبواه يهودانه وينصرانه ويمجسانه. الحديث. ويقال فى الحكمة بالفارسية:
باربد بدتـر بود ازمـاربد            بحـق ذات بـاك الله الصـمـد
باربد ازدترا سوى حجيم            بار نـيكــوكــير نابـى نعــيم
وقيل:
إن كنت تبغى العلم وأهله         أو شـاهدا يخـبـر عن غائب
فاعتبر الأرض بأسـمائها         واعتبر الصاحب بالصاحب

Tentang memilih teman, hendaklah memilih yang tekun, wara’, bertabiat jujur serta mudah memahami masalah. Hindarilah pemalas, pengangguran, banyak bicara, suka mengacau dan gemar memfitnah. Dalam syiir dikatakan:
“Jangan bertanya siapakah dia, tapi cukup lihat siapa temannya. Karena siapapun dia, mesti berwatak seperti temannya. Bila kawannya durhaka, hindarilah dia segera. Bila bagus budinya, rangkullah dia maka kau kan bahagia.”

Disyiirkan untukku:
“Jangan kau temani si pemalas, hindari segala halnya. Banyak orang shaleh menjadi kandas, sebab rerusuh sandarannya. Kebodohan menjalar kepada cendikia amat cepat laksana bara api, ia padam di atas abu.”

Nabi Saw. bersabda: “Semua bayi itu dilahirkan dalam keadaan kesucian Islam, hingga kedua orangtuanyalah yang membuatnya jadi Yahudi, Nasrani atau Majusi.” Ada sebuah kata hikmah dalam bahasa Persi:
“Teman yang durhaka, lebih berbisa daripada ular yang berbahaya. Demi Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Suci, teman buruk membawamu ke neraka Jahim, teman bagus mengajakmu ke surga Na’im.”

Ada disyiirkan:
“Bila engkau ingin mendapat ilmu dari ahlinya, atau ingin tahu yang gaib dan memberitakannya, maka dari nama-nama bumi ambillah pelajaran tentang isinya dan dari orang yang ditemani ibaratkanlah tentang dia.” []

فصل
فى تعظيم العلم وأهله
FASAL IV; MENGAGUNGKAN ILMU DAN AHLI ILMU

A.    Mengagungkan Ilmu

اعلم أن طالب العلم لا ينال العلم ولا ينتفع به إلا بتعظيم العلم وأهله، وتعظيم الأستاذ وتوقيره. قيل: ما وصل من وصل إلا بالحرمة، وما سقط من سقط إلا بترك الحرمة. وقيل: الحرمة خير من الطاعة، ألا ترى أن الإنسان لا يكفر بالمعصية، وإنما يكفر باستخفافها، وبترك الحرمة.

Penting diketahui, seorang pelajar tidak akan memperoleh kesuksesan ilmu dan tidak pula ilmunya dapat bermanfaat, selain jika mau mengagungkan ilmu itu sendiri, ahli ilmu, dan menghormati keagungan gurunya. Dikatakan: “Dapatnya orang mencapai sesuatu hanya karena mengagungkan sesuatu itu, dan gagalnya pula karena tidak mau mengagungkannya.” Tidakkah kamu tahu, manusia tidak menjadi kafir karena maksiatnya, tapi menjadi kafir lantaran meremehkan maksiat dan meninggalkan rasa hormat.

B.     Mengagungkan Guru

ومن تعظيم العلم تعظيم الأستاذ. قال على رضى الله عنه: أنا عبد من علمنى حرفا واحدا، إن شاء باع، وإن شاء استرق. وقد أنشدت فى ذلك:
رأيت أحق الحق حق المعلم        وأوجـبه حفظا على كل مسلم
لقد حق أن يهدى إليه كرامة        لتعليم حرف واحد ألف درهم
فإن من علمك حرفا واحدا مما تحتاج إليه فى الدين فهو أبوك فى الدين. وكان أستاذنا الشيخ الإمام سديد الدين الشيرازى يقول: قال مشايخنا: من أراد أن يكون ابنه عالما ينبغى أن يراعى الغرباء من الفقهاء، ويكرمهم ويطعمهم ويطيعهم شيئا، وإن لم يكن ابنه عالما يكون حفيده عالما. ومن توقير المعلم أن لايمشى أمامه، ولا يجلس مكانه، ولا يبتدئ بالكلام عنده إلا بإذنه، ولا يكثر الكلام عنده، ولا يسأل شيئا عند ملالته ويراعى الوقت، ولا يدق الباب بل يصبر حتى يخرج الأستاذ. فالحاصل: أنه يطلب رضاه، ويجتنب سخطه، ويمتثل أمره فى غير معصية لله تعالى، فإنه لا طاعة للمخلوق فى معصية الخالق كما قال النبى صلى الله عليه وسلم: إن شر الناس من يذهب دينه لدنيا بمعصية الخالق. ومن توقيره: توقير أولاده ومن يتعلق به. وكان أستاذنا شيخ الإسلام برهان الدين صاحب الهداية رحمة الله عليه حكى: أن واحدا من أكابر الأئمة بخارى كان يجلس مجلس الدرس، وكان يقوم فى خلال الدرس أحيانا فسألوا عنه, فقال: إن ابن أستاذى يلعب مع الصبيان فى السكة، ويجيئ أحيانا إلى باب المسجد، فإذا رأيته أقوم له تعظيما لأستاذى.

Termasuk arti mengagungkan ilmu, yaitu menghormati sang guru. Sayyyidina Ali Ra. berkata: “Saya adalah hambasahaya dari orang yang telah mengajariku walau satu huruf. Terserah padanya saya mau dijual, dimerdekakan ataupun tetap menjadi hambanya.” Dalam masalah ini saya kemukakan syairnya:
“Keyakinanku tentang hak guru, hak paling hak adalah itu. Paling wajib dipelihara oleh Muslim seluruhnya. Demi memuliakan, hadiah berhak dihaturkan. Seharga dirham seribu, tuk mengajar huruf yang satu. Memang benar, orang yang mengajarmu satu huruf ilmu yang diperlukan dalam urusan agamamu, adalah bapak dalam kehidupan agamamu.”

Guru kita Syaikhul Imam Sadiduddin asy-Syairazi berkata: “Guru-guru kami berucap, “Bagi orang yang ingin putranya alim, hendaklah suka memelihara, memuliakan, mengagungkan dan menghaturkan hadiah kepada kaum ahli agama yang tengah dalam pengembaraan ilmiahnya. Kalau toh ternyata bukan putranya yang alim, maka cucunyalah nanti.”

Termasuk arti menghormati guru, yaitu jangan berjalan di depannya, duduk di tempatnya, memulai mengajak bicara kecuali atas perkenan darinya, berbicara macam-macam darinya, dan menanyakan hal-hal yang membosankannya. Cukuplah dengan sabar menanti di luar hingga ia sendiri yang keluar dari rumah. Pada pokoknya adalah melakukan hal-hal yang membuatnya rela, menjauhkan amarahnya dan menjunjung tinggi perintahnya yang tidak bertentangan dengan agama. Sebab siapapun tidak boleh taat kepada makhluk dalam melakukan perbuatan durhaka kepada Allah Sang Pencipta.

Termasuk arti menghormati guru pula yaitu menghormati putera dan semua orang yang bersangkut paut dengannya. Di sini guru kita Syaikhul Islam Burhanuiddin pernah bercerita bahwa ada seorang imam besar di Bukhara suatu waktu sedang asyiknya di tengah majelis belajar ia sering berdiri lalu duduk kembali. Setelah ditanyai kenapa demikian, lalu jawabnya, “Ada seorang putra guruku yang sedang bermain di halaman rumah dengan teman-temannya. Bila saya melihatnya saya pun berdiri demi menghormati guruku.”

والقاضى الإمام فخر الدين الأرسابندى كان رئيس الأئمة فى مرو وكان السلطان يحترمه غاية الاحترام وكان يقول: إنما وجدت بهذا المنصب بخدمة الأستاذ فإنى كنت أخدم الأستاذ القاضى الإمام أبا زيد الدبوسى وكنت أخدمه وأطبخ طعامه [ثلاثين سنة] ولا آكل منه شيئا. وكان الشيخ الإمام الأجل شمس الأئمة الحلوانى رحمة الله عليه قد خرج من بخارى وسكن فى بعض القرى أياما لحادثة وقعت له وقد زاره تلاميذه غير الشيخ الإمام شمس الأئمة القاضى بكر بن محمد الزرنجرى رحمه الله تعالى، فقال له حين لقيه: لماذا لم تزرنى؟ قال: كنت مشغولا بخدمة الولادة. قال: ترزق العمر، لاترزق رونق الدرس، وكان كذلك، فإنه كان يسكن فى أكثر أوقاته فى القرى ولم ينتظم له الدرس. فمن تأذى منه أستاذه يحرم بركة العلم ولا ينتفع بالعلم إلا قليلا.
إن الـمـعلم والطـبيب كـلاهـما! لا ينصحـان إذا هـما لم يكــرما
فاصبر لدائك إن جفوت طبيبه! واقنع بجهلك إن جفوت معلما
حكى أن الخليفة هارون راشيد بعث ابنه إلى الأصمعى ليعلمه العلم والأدب فرآه يوما يتوضأ ويغسل رجله، وابن الخليفة يصب الماء على رجله، فعاتب الأصمعى [فى ذلك] بقوله: إنما بعثت إليك لتعلمه وتؤدبه فلماذا لم تأمره بأن يصب الماء بإحدى يديه، ويغسل بالأخرى رجلك؟

Qadhi Imam Fakhruddin al-Arsabandi, kepala para imam di Marwa, yang sangat dihormati rajanya itu berkata: “Saya bisa menduduki derajat ini hanyalah berkah saya menghormati guruku. Saya menjadi tukang masak makanan beliau (selama 30 tahun), yaitu Abi Zaid ad-Dabbusi, sedangkan kami tidak turut memakannya.”

Adapun Syaikhul Imam al-Ajal Syamsul Aimmah al-Halwani karena suatu peristiwa yang menimpa dirinya maka berpindah untuk beberapa lama dari Bukhara ke suatu pedesaan. Semua muridnya berziarah ke sana kecuali satu orang saja, yaitu Syaikhul Imam al-Qadhi Abu Bakar az-Zarnuji. Setelah suatu saat bisa bertemu, beliau bertanya: “Kenapa engkau tidak menjengukku?” Jawabnya: “Maaf Tuan, saya sibuk merawat ibuku.” Beliau lantas berkata: “Engkau dianugerahi panjang usia, tetapi tidak mendapat anugerah buah manisnya belajar.” Lalu kenyataanya seperti itu, hingga sebagian banyak waktu az-Zarnuji digunakan tinggal di pedesaan yang membuatnya kesulitan belajar. Barangsiapa melukai hati sang gurunya, berkah ilmunya tertutup dan hanya sedikit kemamfaatannya.
“Sungguh, dokter dan guru tak akan memberi nasihat, bila tak dihormati. Terimalah penyakitmu, bila kau acuh doktermu. Dan terimalah bodohmu, bila kau tentang sang guru.”

Alkisah, Khalifah Harun ar-Rasyid mengirim putranya kepada al-Ashma’i agar diajari ilmu dan adab. Pada suatu hari Khalifah melihat al-Ashma’i berwudhu dan membasuh sendiri kakinya, sedang putra Khalifah cukup menuangkan air pada kaki tersebut. Maka Khalifah pun menegur dan berujar, “Putraku saya kirim kemari agar engkau ajar dan didik; tapi mengapa tidak kau perintahkan agar satu tangannya menuang air dan tangan satunya lagi membasuh kakimu?”

C.    Memuliakan Kitab

ومن تعظيم العلم: تعظيم الكتاب، فينبغى لطالب العلم أن لا يأخذ الكتاب إلا بطهارة.    وحكىعن الشيخ شمس الأئمة الحلوانى رحمه الله تعالى أنه قال: إنما نلت هذا العلم بالتعظيم، فإنى ما أخذت الكاغد إلا بطهارة. والشيخ الإمام شمس الأئمة السرخسى كان مبطونا فى ليلة، وكان يكرر، وتوضأ فى تلك الليلة سبع عشرة مرة لأنه كان لا يكرر إلا بالطهارة، وهذا لأن العلم نور والوضوء نور فيزداد نور العلم به. ومن التعظيم الواجب للعالم أن لا يمد الرجل إلى الكتاب ويضع كتاب التفسير فوق سائر الكتب [تعظيما] ولا يضع شيئا آخر على الكتاب. وكان أستاذنا الشيخ برهان الدين رحمه الله تعالى يحكى عن شيخ من المشايخ: أن فقيها كان وضع المحبرة على الكتاب، فقال له [بالفارسية]: برنيايى. وكان أستاذنا القاضى الإمام الأجل فخر الدين المعروف بقاضى خان رحمه الله تعالى يقول: إن يرد بذلك الاستخفاف فلا بأس بذلك والأولى أن يحترز عنه. ومن التعظيم: أن يجود كتابة الكتاب ولا يقرمط ويترك الحاشية إى عند الضرورة. ورأى أبو حنيفة رحمه الله تعالى كتابا يقرمط فى الكتابة فقال: لا تقرمط خطك، إن عشت تندم وإن مت تشتم. يعنى إذا شخت وضعف نور بصرك ندمت على ذلك. وحكى عن الشيخ الإمام مجد الدين الصرخكى، حكى أنه قال: ما قرمطنا ندمنا، وما انتخبنا ندمنا، وما لم نقابل ندمنا. وينبغى أن يكون تقطيع الكتاب مربعا، فإنه تقطيع أبى حنيفة رحمه الله تعالى، وهو أيسر على الرفع والوضع والمطالعة. وينبغى أن لا يكون فى الكتابة شيئ من الحمرة، فإنه من صنيع الفلاسفة لا صنيع السلف، ومن مشايخنا كرهوا استعمال المركب الأحمر.

Termasuk mengagungkan ilmu yaitu memuliakan kitab. Karena itu, sebaiknya pelajar jika mengambil kitabnya selalu dalam keadaan suci. Alkisah, Syaikhul Islam Syamsul Aimmah al-Halwani pernah berkata: “Saya dapati ilmu-ilmuku ini hanya dengan mengagungkan. Sungguh, saya mengambil kertas belajarku selalu dalam keadaan suci.”

Syaikhul Imam Syamsul Aimmah as-Sarkhasi pada suatu malam mengulang kembali pelajaran-pelajarnnya yang terdahulu. Karena sakit perut ia jadi sering kentut. Untuk itu ia melakukan 17 kali berwudhu dalam satu malam tersebut, karena mempertahankan supaya belajar dalam keadaan suci. Demikianlah sebab ilmu itu cahaya, wudhu pun cahaya. Dan cahaya ilmu akan semakin cemerlang bila dibarengi cahaya berwudhu.

Termasuk memuliakan yang harus dilakukan, hendaknya jangan membentangkan kaki ke arah kitab. Kitab tafsir letaknya di atas kitab-kitab lain, dan jangan sampai menaruh sesuatu di atas kitab. Guru kita Burhanuddin pernah membawakan cerita dari seorang ulama yang mengatakan ada seorang ahli fiqih meletakkan botol tinta di atas kitab. Ulama itu seraya berkata: “Tidak bermanfaat ilmumu.” Guru kita Qadhi Fakhrul Islam yang termasyur dengan Qodhi Khan pernah berkata: “Kalau yang demikian itu tidak dimaksud meremehkan, maka tidak mengapa. Namun lebih baiknya disingkirkan saja.”

Termasuk pula arti mengagungkan ilmu, hendaknya menulis kitab sebaik mungkin. Jangan kabur, jangan pula membuat catatan penjelas (catatan pinggir) yang membuat tulisan kitab tidak jelas lagi, kecuali terpaksa harus dibuat begitu. Imam Abu Hanifah pernah mengetahui seorang yang tidak jelas tulisannya, lalu ujarnya: “Jangan kau bikin tulisanmu tidak jelas, sedang kau jika ada umur panjang akan hidup menyesal, dan jika mati akan dimaki.” Maksudnya, jika kau semakin tua dan matamu rabun, akan menyesali sendiri perbuatanmu itu. Diceritakan dari Syaikhul Imam Majduddin ash-Sharkhaki pernah berkata: “Kami menyesali tulisan yang tidak jelas, catatan kami yang pilih-pilih dan pengetahuan yang tidak kami bandingkan dengan kitab lain.”

Sebaiknya format kitab itu persegi empat, sebagaimana format itu pulalah kitab-kitab Abu Hanifah. Dengan format tersebut akan lebih memudahkan jika dibawa, diletakkan dan dimuthala’ah kembali. Sebaiknya pula jangan ada warna merah di dalam kitab, karena hal itu perbuatan kaum filsafat, bukan ulama salaf. Lebih dari itu ada diantara guru-guru kita yang tidak suka memakai kendaraan yang berwarna merah.

D.    Menghormati Teman

ومن تعظيم العلم: تعظيم الشركاء [فى طلب العلم والدرس] ومن يتعلم منه. والتملق مذموم إلا فى طلب العلم. فإنه ينبغى أن يتملق لأستاذه وشركائه ليستفيد منهم

Termasuk makna mengagungkan ilmu pula, yaitu menghormati teman belajar dan guru pengajar. Bercumbu rayu (mengambil hati) itu tidak dibenarkan, selain dalam menuntut ilmu. Malah sebaliknya di sini bercumbu rayu dengan guru dan teman sebangku pelajarannya.

E.     Sikap Selalu Hormat dan Khidmat

وينبغى لطالب العلم أن يستمع العلم والحكمة بالتعظيم والحرمة، وإن سمع مسألة واحدة أو حكمة واحدة ألف مرة. وقيل: من لم يكن تعظيمه بعد ألف مرة كتعظيمه فى أول مرة فليس بأهل العلم.

Hendaknya pelajar memperhatikan segala ilmu dan hikmah atas dasar selalu mengagungkan dan menghormati, sekalipun masalah yang itu-itu saja telah ia dengar seribu kali. Adalah dikatakan: “Barangsiapa yang telah mengagungkannya setelah lebih dari 1000 kali tidak sebagaimana pada pertama kalinya, ia tidak termasuk ahli ilmu.”

F.     Jangan Memilih Ilmu Sendiri

وينبغى لطالب العلم أن لا يختار نوع العلم بنفسه، بل يفوض أمره إلى الأستاذ، فإن الأستاذ قد حصل له التجارب فى ذلك، فكان أعرف بما ينبغى لكل واحد وما يليق بطبيعته. وكان الشيخ الإمام الأجل الأستاذ برهان الحق والدين رحمه الله تعالى يقول: كان طلبة العلم فى الزمان الأول يفوضون أمرهم فى التعلم إلى اساتذهم، وكانوا يصلون إلى مقصودهم ومرادهم، والآن يختارون بأنفسهم، فلا يحصل مقصودهم من العلم والفقه. وكان يحكى أن محمد بن إسماعيل البخارى رحمه الله تعالى كان بدأ بكتابة الصلاة على محمد بن الحسن رحمه الله، فقال له محمد بن الحسن: إذهب وتعلم علم الحديث، لما روى أن ذلك العلم أليق بطبعه، فطلب علم الحديث فصار فيه مقدما على جميع أئمة الحديث

Hendaklah sang murid jangan menentukan pilihan sendiri terhadap ilmu yang akan dipelajari. Hal itu dipersilakan sang guru untuk menentukannya, karena dialah yang telah berkali-kali melakukan percobaan serta dia pula yang mengetahui ilmu yang sebaiknya diajarkan kepada seseorang dan sesuai dengan tabiatnya.

Syaikhul Imam Ustadz Burhanul Haq Waddin berkata: “Para siswa di masa dahulu dengan suka rela menyerahkan sepenuhnya urusan-urusan belajar kepada gurunya. Ternyata mereka memperoleh kesuksesan atas apa yang diidamkan. Tetapi masa sekarang lebih menentukan pilihan sendiri, akhirnya pun gagal cita-citanya dan tidak bisa mendapatkan ilmu dan kepahaman.”

Alkisah, Muhammad bin Ismail al-Bukhari pada mulanya belajar shalat kepada Muhammad bin al-Hasan. Lalu sang guru ini memerintahkan kepadanya: “Pergilah belajar ilmu hadits!” Setelah mengetahui justru ilmu inilah yang lebih sesuai untuk al-Bukhari. Akhirnya pun ia belajar hadits hingga menjadi imam hadits paling terkemuka.

G.    Jangan Duduk Terlalu Dekat dengan Guru

وينبغى لطالب العلم أن لايجلس قريبا من الأستاذ عند السبق بغير ضرورة، بل ينبغى أن يكون بينه وبين الأستاذ قدر القوس فإنه أقرب إلى التعظيم.

Di waktu belajar, hendaklah jangan duduk terlalu mendekati gurunya, selain bila terpaksa. Duduklah sejauh antar busur panah. Karena dengan begitu, akan terlihat mengagungkan sang guru.

H.    Menyingkirkan Akhlak Tercela

وينبغى لطالب العلم أن يحترز عن الأخلاق الذميمة، فإنها كلاب معنوية، وقد قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا تدخل الملائكة بيتا فيه كلب أو صورة. وإنما يتعلم الإنسان بواسطة ملك. والأخلاق الذميمة تعرف فى كتاب الأخلاق وكتابنا هذا لا يحتمل بيانها. ]وليحترز] خصوصا عن التكبر ومع التكبر لا يحصل العلم. قيل:
العلم حرب [للفتى] المتعالى        كالسيل حرب للمكان العالى
قيل:
بجـد لا بجــد كــل مـجــد         فهل جد بلا جد بمجدى
فكم من عبد يقوم مقام حر        وكم حر يقوم مقام عبد

Pelajar seyogyanya selalu menjaga dirinya dari akhlak-akhlak yang tercela. Karena akhlak buruk itu ibarat anjing. Rasulullah Saw. bersabda: “Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya terdapat gambar atau anjing.” Padahal orang yang sedang belajar itu selalu berkait-kelindan dengan para malaikat. Dan terutama yang disingkirkan adalah sikap takabur dan sombong. Sebuah syair dikatakan:
“Ilmu itu musuh bagi penyombong diri. Laksana air bah, musuh dataran tinggi.”

“Diraih keagungan dengan kesungguhan, bukan semata dengan harta tumpukan. Bisakah agung didapat dengan harta tanpa semangat? Banyak sahaya yang menduduki tingkat merdeka. Banyak orang merdeka yang menduduki tingkat sahaya.” []
Share this article :

19 komentar:

  1. bab selanjutnya mana nggeh ? dibanding terjemahan yang lain terjemahan ini yang menurut saya paling mudah dipahami..jazakallah khoir

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, sangat bermanfaat bagi pencari ilmu...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, pintu keberkahan ilmu akan terbuka dengan menerapkan paparan ini
    Jazakallah khoir postingannya

    BalasHapus
  4. Subhanallah mudah dipahami jazakumullah khoir

    BalasHapus
  5. Subhanallah mudah dipahami jazakumullah khoir

    BalasHapus
  6. Dengan Terjamah seperti ini Insan yang beriman Ingsya Alloh Akan mudah Memahaminya Dan Mengamalkanya

    BalasHapus
  7. Dengan menampilkan terjamah seperti ini In syaa Alloh Akan mudah Memahaminya Dan Mengamalkanya, tapi kalau bisa biar tidak salah dalam membacanya akan lebih baik lg apabila dengan syakal yang lengkap, terima kasih atas postingan ilmunya semoga bermanfaat dan menjadi amal soleh, ijin utk mengkopi dan menyampaikannya lagi

    BalasHapus
  8. dan kami tunggu bagian bagian berikutnya

    BalasHapus
  9. Terimakasih akan ilmunya,sangat bermanfaat dan mudah difahami..sekali lagi terimakasih,tingkatkan website nya saya selalu mendukung:)

    BalasHapus
  10. Mengasah kembali pengetahuan yang sempat lupa2 ingat

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum.
    Izin Menggunakan. untuk kepentingan tulisan ilmiah kami, semoga menjadi amal jariyah.......

    BalasHapus

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template