Home » , , , , , , » KETIKA TANGAN RASULULLAH SAW. KELUAR DARI KUBURNYA DEMI BERSALAMAN DENGAN CUCUNDANYA TERCINTA SYAIKH AHMAD AR-RIFA’I RA.

KETIKA TANGAN RASULULLAH SAW. KELUAR DARI KUBURNYA DEMI BERSALAMAN DENGAN CUCUNDANYA TERCINTA SYAIKH AHMAD AR-RIFA’I RA.

Written By MuslimMN on Senin, 19 Agustus 2013 | 06.37

KETIKA TANGAN RASULULLAH SAW. KELUAR DARI KUBURNYA DEMI BERSALAMAN DENGAN CUCUNDANYA TERCINTA SYAIKH AHMAD AR-RIFA’I RA.


يقول الإمام عز الدين الفاروقي في كتابه "إرشاد المسلمين": أخبرني أبي الحافظ محي الدين أبو إسحق عن أبيه الشيخ عمر الفاروقي أنه قال: كنت مع وشيخنا السيد أحمد الكبير الرفاعي الحسيني عام حجه الأول وذلك سنة خمس وخمسين وخمسمائة، وقد دخل المدينة يوم دخوله القوافل إليها قوافل الزوار من الشام والعراق واليمن والمغرب والحجاز وبلاد العجم وقد زادوا على تسعين ألفا، فلما أشرف على المدينة المنورة ترجل عن مطيته ومشى حافيا إلى أن وصل الحرم الشريف المحمدي ولا زال حتى وقف تجاه الحجرة العطرة النبوية فقال : السلام عليك يا جدي، فقال رسول الله له: "وعليك السلام يا ولدي"، سمع كلامه الشريف كل من في الحرم النبوي، فتواجد لهذه المنحة العظيمة والنعمة الكبرى وحنَّ وأنَّ وبكى وجثا على ركبتيه مرتعدا ثم قام وقال:

في حالة البعد روحي كنت أرسلها تقبل الأرض عني وهي نائبتي
وهذه دولة الأشباح قد حضرت فامدد يمينك كي تحظى بها شفتي

فمدَّ له رسول الله صلى الله عليه وسلم يده الشريفة النورانية من قبره الأزهر الكريم فقبلها والناس ينظرون، وقد كان في الحرم الشريف الألوف حين خروج اليد الطاهرة المحمدية

Syaih Ahmad ar-Rifa’i al-Kabir, seorang ulama yang tenar dengan kedalaman ilmunya, zuhud dan ketakwaanya, adalah salah satu auliya’ ‘arif billah, yang diberi anugerah oleh Allah dengan karamah yang banyak yang masyhur dan ditulis oleh banyak ulama dalam kitab-kitab mereka.

Diantara karamahnya yang termashur dari beberapa karamah yang diberikan oleh Allah adalah beliau mencium tangan kakeknya yang tidak lain adalah Sayyidina Muhammad Saw. Dan kisah ini telah diceritakan dari generasi ke generasi hingga layaknya mencapai derajat mutawatir.

Kisah ini telah disebutkan dan ditetapkan banyak ulama, diantaranya adalah al-Hafidz as-Suyuthi, al-Muhaddits al-Munawi, Imam asy-Sya’rani dan para ulama besar lainya. Telah berkata al-Imam Izuddin al-Faruqi dalam kitab Irsyad al-Muslimin:

“Ayahku al-Hafidz Muhyiddin Abu Ishaq bercerita dari ayahnya Syaikh Umar al-Faruqi bahwa belaiau berkata: “Saya bersama guruku Sayyid Ahmad al-Kabir ar-Rifa’i al-Husaini Ra. saat hajinya yang pertama yaitu tahun 555 H. Beliau masuk ke Kota Madinah di saat rombongan dari Syam, Iraq, Yaman, Maghrib, Hijaz dan negeri non Arab yang lain jumlahnya lebih dari 90 ribu jamaah. Dan ketika beliau mulai mendekati kota Madinah ia pun turun dari kendaraan dan memilih berjalan kaki tanpa alas. Hingga sampai pada makam yang penuh semerbak wangi kenabian, maka ia pun mengucapkan salam: “Assalamu’alaika wahai kakek.”

Lantas terdengar suara dari makam Rasulullah yang mulia: “Wa’alaikumussalam wahai putraku.”

Beliau pun merasa mendapat anugerah dan nikmat yang agung. Akhirnya beliau terduduk seraya gemetar bersuara merintih pelan sambil menangis lalu berdiri sambil berkata:

تقبل الأرض عني وهي نائبتي
في حالة البعد روحي كنت أرسلها

“Saat aku jauh, aku hanya mengirimkam ruhaniyahku ke sini mengecup bumi tempat Engkau dimakamkan sebagai ganti aku sowan menghadapmu.”

فامدد يمينك كي تحظى بها شفتي
وهذه دولة الأشباح قد حضرت

“Dan kini ragaku telah hadir di hadapanmu, maka sudilah Engkau ulurkan tangan kananmu agar bibirku mendapat bagian untuk mengecup tanganmu.”

Lantas Rasulullah Saw. mengulurkan tangan nuraniyah (yang bercahaya)nya nan mulia dari dalam kubur. Lantas beliau Syaikh Ahmad ar-Rifa’i mencium tangan Baginda Rasul Saw. yang mulia dan disaksikan banyak orang.

Diantara para pembesar ulama di zaman itu yang hadir adalah Syaikh Hayat al-Harani, Syaikh ‘Adi bin Musafir, Syaikh Aqil al-Manji, Syaikh Ahmad az-Zahir al-Anshori dan banyak lagi kaum muslimin lainnya. Mereka semua mendapatkan berkah dan kemuliaan dengan melihat tangan Rasulullah Saw. berkat Syaikh Ahmad ar-Rifa’i.

Diterjemahkan oleh Habib Mumu Bsa



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template