Home » , » RAGAM DOA BERBUKA PUASA

RAGAM DOA BERBUKA PUASA

Written By MuslimMN on Sabtu, 27 Juli 2013 | 09.07


RAGAM DOA BERBUKA PUASA

Dalam kitab Majmu’ Syarh Muhaddzab juz 6 halaman 363 al-Imam an-Nawawi rahimahullah menuliskan:

قال المصنف وسائر الأصحاب يستحب ان يدعوا عند افطاره اللهم لك صمت وعلى رزقك افطرت وفى سنن أبي داود والنساءي عن ابن عمر كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا افطر قال ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر ان شاء الله تعالى

“Abu Ishaq asy-Syirazi dan semua ulama Syafi’iyah mengatakan: “Disunnahkan agar mereka berdoa saat berbuka puasa “Allahumma laka shumtu wa’ala rizqika afthartu”. Dan disebutkan dalam Sunan Abu Dawud dan an-Nasa’i dari Ibnu Umar Ra.: “Apabila Nabi Saw. berbuka puasa, beliau membaca: “Dzahabat dzama’u wabtallatil ‘uruqu watsabatal ajru insya Allahu ta’ala.”

Al-Imam Zakaria al-Anshari rahimahullah menjelaskan dalam kitab Asna al-Mathalib juz 5 halaman 337:

وينبغي له ان يقول بعد وفى نسخة عند الإفطار اللهم لك ضمت وعلى رزقك افطرت للاتباع رواه أبو داود باسناد حسن لكنه مرسل وروي أيضا انه صلى الله عليه وسلم كان يقول حينئذ اللهم ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر ان شاء الله تعالى

“Dan seyogyanya bagi orang yang berpuasa untuk membaca setelah berbuka puasa “Allahumma laka shumtu wa‘ala rizqika afthartu” karena ittiba’. Abu Dawud telah meriwayatkan hadits tersebut dengan sanad yang bagus, akan tetapi hadits itu berkedudukan mursal. Dan telah diriwayatkan bahwa Nabi Saw. saat berbuka puasa membaca “Dzahabat dzama’u wabtallatil ‘uruqu watsabatal ajru insya Allahu ta’ala.”

Ingat, membaca doa tersebut setelah kita berbuka (membatalkan) puasa, bukan sebelum berbuka seperti yang sering terjadi dan sering kita lihat di televisi. Sedangkan sebelum berbuka puasa doa yang kita baca adalah doa mau makan “Allahumma barik lana fima razaqtana waqina ‘adzabannar.”

Wallahu A’lam. 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template