Home » , , , , , » DETIK-DETIK KEWAFATAN HADHRATUS SYAIKH KH. MUHAMMAD UTSMAN AL-ISHAQI

DETIK-DETIK KEWAFATAN HADHRATUS SYAIKH KH. MUHAMMAD UTSMAN AL-ISHAQI

Written By MuslimMN on Rabu, 24 Juli 2013 | 10.07


DETIK-DETIK KEWAFATAN HADHRATUS SYAIKH KH. MUHAMMAD UTSMAN AL-ISHAQI



Sebelum wafat, Hadhratus Syaikh KH. Utsman sudah dirawat di RSI (Rumah Sakit Islam) Wonokromo Surabaya. Namun dalam kondisi dan keadaan yang sudah sepuh (renta) dan sakit, tapi beliau tidak pernah meninggalkan shalat berjamaah padahal tubuh beliau sedang diinfus.

Akan tetapi begitu mendengar adzan berkumandang, semua jarum infus yang melekat di tubuhnya dicabut semuanya dengan tangan beliau sendiri tanpa meminta bantuan suster untuk melepaskan infus tersebut. Lalu beliau pun berjalan sendiri menuju mushalla RSI yang ada di ujung jalan sebelah utara dari kamar dimana beliau dirawat. Namun, begitu usai melaksanakan shalat, beliau kembali ke kamarnya dan memanggil suster untuk membantu memasangkan infusnya kembali. Begitu dan seterusnya beliau lakukan setiap hari.

Jadi secara lahiriyah beliau nampak seperti orang yang sedang sakit, tapi secara batin beliau tidak mau dikatakan sedang mengalami sakit. Begitulah yang ditunjukkan beliau selama di Rumah Sakit.

Hingga pada sore hari di hari Sabtu tanggal 7 Januari, beliau masih seperti biasa melaksanakan shalat Ashar berjamaah dengan salah satu putera beliau. Bedanya shalat Ashar kali ini agak mengakhirkan dari waktu shalat Ashar biasanya. Setelah selesai shalat dan wiridnya, beliau kemudian duduk menghadap ke timur ke arah dimana mobil-mobil Ambulance RS parkir. Beliau berkata kepada puteranya tersebut dengan bahasa Jawa Surabaya: “Aku menné molé numpak iku” (Aku besok pulang naik itu, sambil menunjukkan tangan ke arah Ambulance).

Kemudian beliau ditawari untuk dijemput dengan mobil rumah, tapi beliau tetap berkata: “Tidak. Aku naik itu saja.” Dan setelah perbincangan kecil tersebut, beliau mengajak berdoa dengan berucap: “Sekarang yang enak baca apa?” Beliau meneruskan ucapannya: “Yang enak sekarang baca Alam Nasyrah saja.”

Kemudian beliau membaca surat tersebut. Dan ketika sampai di ayat terakhir “Wailaa Rabbika Farghab”, beliau mengulanginya sampai tiga kali untuk kemudian bertanya kepada puteranya yang menemaninya: “Sudah faham apa belum?”

Melihat puteranya tidak ada dan mungkin tidak berani untuk menjawab, lalu beliau melanjutkan ucapannya dan sekaligus menafsirkan ayat tersebut: “Iya. Wailaa Rabbika Farghab, Ay Laa Targhab Illaa ilaa Rabbika Wahdah.”

Dan setelah membaca dan menafsirkan ayat terakhir itu kemudian beliau berdoa hingga di kalimat akhirnya yang berbunyi: “Allahummaj’alnaa Minashshabirin”, tubuh beliau pun mulai menegang dan seperti tidak sadarkan diri sambil mulut beliau terus seperti melafadzkan lafadz “Allah...  Allah... Allah...” Begitu sampai beliau diangkat kembali ke kamar dimana tempat beliau dirawat. Sedang mata beliau terus melirik ke kanan. Sampai menjelang Shubuh disaat tarhim mulai berkumandang, beliau berpulang ke rahmatullah.

Inna Lillahi Wainna Ilaihi Raji’un. Beliau wafat di Rumah Sakit Islam Surabaya pada saat Tarhim Shubuh di hari Ahad tanggal 8 Januari tahun 1984 Masehi yang bertepatan dengan tanggal 5 Robi’uts Tsani tahun 1404 Hijriyah dan dimakamkan di Pondok Sepuh, di Jatipurwo VII/15 Kelurahan Ujung Kecamatan Semampir.

Catatan: Bukan dimakamkan di Kedinding Lor seperti yang telah banyak diceritakan oleh khalayak ramai baik di dunia maya dan dunia nyata. (Demikian kisah yang dituliskan oleh Gus Mấriở Tjhộểữiy).



Share this article :

4 komentar:

  1. Ulama Besar Panutan Umat dan Mencetak Putra Yang Menjadi Panutan Umat, pendiri al-Hidmah dan Pesantren al-Fitrah.Qaddasallahu sirrahu wanawwarallahu dlarihahu waa'ada 'alaina min barakatihi...Amiin

    BalasHapus
  2. اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ

    BalasHapus
  3. Bukan wali biasa...keluarga mereka juga adalah keturunan seorang Raja jawa...yaitu kakek buyut beliau raja Blambangan...Banyuwang...dan kerajaan Giri kedaton yang terkenal Rajanya Kanjeng Sunan Giri Gresik

    BalasHapus

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template