Manaqib asy-Syeikh as-Sayyid Abdullah bin Muhammad bin Siddiq al-Ghumari
Beliau ialah al-Imam al-'Allamah
al-Hafidz al-Muhaddits al-Ushuli al-Muhaqqiq al-Mudaqqiq Abul Fadhl Sayyid
Abdullah bin Muhammad bin Siddiq bin Ahmad bin Muhammad bin al-Qasim bin
Muhammad bin Muhammad bin Abdul Mukmin bin Ali bin al-Hasan bin Muhammad bin
Abdullah bin Ahmad bin Abdullah bin Isa bin Sa'id bin Mas'ud bin al-Fudhoil bin
Ali bin Umar bin al-'Arabi bin 'Allal bin Musa bin Ahmad bin Daud bin Maulana
Idris al-Ashghor bin Maulana Idris al-Akbar bin Abdullah al-Kamil bin al-Hasan
al-Mutsanna bin Imam al-Hasan al-Mujtaba bin Amirul Mukminin Sayyidina Ali dan
Sayyidah Fatimah az-Zahra' binti Sayyidina Muhammad Rasulullah Saw. Berkata
Sayyid Abdullah al-Ghumari di dalam kitab beliau yang berjudul Sabil at-Taufiq dan Bida' at-Tafasir: Inilah susur galur keturunan kami yang populer di
kalangan keluarga kami yang menetap di wilayah Ghumarah dan selainnya.
Kelahiran Beliau
Beliau dilahirkan di kota Tonjah
(Tangier), Morocco (Maroko) pada akhir bulan Jumadil Akhir atau awal bulan Rajab
tahun 1328 H/1910 M.
Sayyid Abdullah al-Ghumari
dilahirkan di kalangan keluarga yang terkenal dengan ketaqwaan, keilmuan,
kesolehan dan kemuliaan ditambah dengan kesucian keturunan. Ayahanda beliau,
Sayyid Muhammad Siddiq al-Ghumari merupakan syeikh para ulama Morocco. Beliau
telah mendirikan Madrasah Siddiqiyyah yang terkenal banyak melahirkan para ulama
yang berwibawa. Datuk beliau dari jalur ibu adalah Sayyid Ibnu 'Ajibah al-Hasani
yang merupakan seorang ulama yang tidak asing lagi. Beliau merupakan pengarang
kitab tafsir yang berjudul Bahr al-Madid
serta Syarh Hikam 'Athaiyyah yang berjudul
Iqadz al-Himam.
Kakak beliau, Sayyid Ahmad
al-Ghumari merupakan seorang tokoh hadits yang terkemuka sehingga mencapai
taraf al-Hafidz. Beliau juga telah menghasilkan banyak karya yang bernilai
tinggi hingga mencapai ratusan buah.
Adik-adik beliau, Sayyid Abdul
Aziz, Sayyid Abdul Hayy, Sayyid Ibrahim, Sayyid Hasan dan Sayyid Muhammad
Zamzami juga merupakan tokoh-tokoh muhadditsin dan muhaqqiqin. Di kalangan
mereka ada yang muncul sebagai pakar tafsir, usul fiqh, hadits dan ilmu-ilmu
yang lain. Namun keluarga al-Ghumari memang terkenal dengan keilmuannya dalam
bidang hadits di wilayah Tonjah sebagaimana halnya keluarga al-Kittani di
wilayah Fas (Fez).
Latar Belakang Pendidikan Beliau
Sayyid Abdullah al-Ghumari memulai
pendidikan awalnya sejak usia lima tahun. Ayahandanya memasukkan beliau ke pesantren
dengan tujuan untuk menghafal al-Quran. Lalu beliau mulai menghafal al-Quran
dengan riwayat Warasy. Setelah itu, beliau menghafal pula al-Quran dengan
riwayat Hafsh. Disamping itu beliau turut menghafal sebagian besar matan-matan
ilmu seperti nadzam al-Kharraz yang
berjudul Maurid az-Zamaan, al-Arba'in an-Nawawiyyah, al-Ajurumiyyah, Alfiyyah Ibnu Malik, Bulughul
Maram dan Mukhtashar Syeikh Khalil
ibnu Ishaq dalam fiqh mazhab Maliki.
Setelah itu, dengan perintah
ayahandanya, beliau hijrah ke wilayah Fas untuk melanjutkan pendidikannya di
Masjid al-Qurawiyyin yang merupakan pusat pendidikan terkemuka di Morocco.
Beliau menetap di sana selama kurang lebih 6 bulan. Kemudian beliau pulang
terlebih dahulu ke kampung halamannya di Tonjah dan setelah itu beliau kembali hijrah
mendalami keilmuannya di Fas.
Diantara ilmu-ilmu yang beliau
pelajari di al-Qurowiyyin adalah:
1. Nahwu : Alfiyyah Ibnu Malik,
Syarah Ibnu ‘Aqil, Hasyiah asy-Syuja’I, Syarah al-Makudi dan Hasyiah Ibnu Haj.
2. Fiqh : Mukhtashar Khalil,
Syarah al-Khurasyi, Syarah az-Zurqani dan Syarah ad-Dirdir
3.
Hadits : Syarah
al-Qasthallani ‘ala Shahih al-Bukhari dan Hasyiah asy-Syinwani ‘ala Mukhtashar Ibnu Abi Jamrah.
4.
Tafsir :
Hasyiah ash-Shawi ‘ala Tafsir al-Jalalain.
5. Tauhid : Kitab at-Tauhid lil
Imam Ibnu 'Asyur.
6. Usul Fiqh : Jam'ul Jawami' dengan Syarh Jalaluddin al-Mahalli.
7. Mantiq : Syarh al-Quwaisani ‘ala
Matn as-Sullam.
Beliau juga turut mendalami
bidang-bidang ilmu yang lain kepada banyak guru-guru besar di sana. Setelah
menamatkan taklim di Qurowiyyin, beliau pulang ke Tonjah untuk meneruskan pendidikannya
di Madrasah Siddiqiyyah di bawah asuhan ayahandanya sambil mengajar para
pelajar di madrasah tersebut. Dalam masa ini juga, ayahandanya memberi motifasi
supaya beliau mulai menuliskan sebuah karya. Maka beliau memulainya dengan meringkas
kitab Irsyad al-Fuhul ila Tahqiq al-Haq
fi 'Ilm al-Ushul karangan Imam asy-Syaukani.
Beliau juga menulis syarah dari Matn al-Ajurumiyyah dalam ilmu Nahwu. Setelah
selesai menulis syarah ini, beliau menunjukannya kepada ayahandanya untuk disimak
dan dikoreksi. Setelah itu, kakaknya Sayyid Ahmad al-Ghumari menamakan syarah
ini dengan judul Tashyid al-Mabani li
Taudhih Ma Hawats al-Muqaddimat al-Ajurumiyyah min al-Haqaiq wa al-Ma'ani.
Semua ini beliau lakukan ketika usia beliau masih belasan tahun.
Ketika berusia 21 tahun, dengan
izin ayahandanya beliau hijrah ke Mesir bersama kakaknya Sayyid Ahmad dan
adiknya Sayyid Muhammad Zamzami untuk melanjutkan pendidikannya di al-Azhar asy-Syarif.
Di Mesir, beliau tenar sebagai seorang ilmuwan handal dan pakar hadits (muhaddits).
Di kalangan rekan-rekannya beliau dikenal dengan kewibawaanya yang tinggi.
Beliau mendapatkan Syahadah 'Alamiyyah
Khashshah (semacam ijasah atau daftar nilai) dalam 12 bidang ilmu agama yaitu;
Usul Fiqh, Ma'ani, Bayan, Badi', Nahwu, Sharaf, Tauhid, Mantiq, Hadits, Musthalahul
Hadits, Fiqh dan Tafsir dengan hasil yang sangat memuaskan.
Setelah itu, beliau juga
mendapatkan Syahadah 'Alamiyyah al-Azhariyyah dengan 12 bidang yang sama
seperti di atas hanya saja ditambah 3 yaitu ilmu al-Wadh'u, 'Arudh Qafiah dan
Tasawwuf. Dalam perolehan ijasah di al-Azhar ini beliau juga mampu meraih nilai
yang sangat memuaskan. Berita kehebatan beliau diliput di media Akhbar al-Ahram
sehingga Syeikh Mahmud Syaltut yang saat itu merupakan Wakil Rektor Syari’ah
al-Azhar asy-Syarif berkata: “Kita
mengucapkan tahniah (selamat) kepada pemegang tertinggi Syahadah 'Alamiyyah
al-Azhariyyah yang berhasil diraih oleh Syeikh Abdullah yang memang datang dari
negaranya sudah menjadi orang yang alim.”
Pengabdian Beliau
Setelah menamatkan pendidikannya,
beliau mulai mengajar di Masjid al-Azhar asy-Syarif dengan materi ilmu Nahwu,
Mantiq, Usul Fiqh dan Balaghah. Disamping itu, beliau turut menyumbangkan
karya-karya ilmiahnya ke berbagai macam penerbitan majalah diantaranya adalah:
1. Majalah Hadyul Islami.
2. Majalah al-Irsyad.
3. Majalah ar-Rabithah al-Islamiyyah.
4. Majalah asy-Syarq al-'Arabi.
5. Majalah Nasyrul Fadhail wal
Adabul Islamiyyah.
6. Majalah al-Wasilah.
7. Majalah al-Muslim yang diterbitkan
oleh 'Asyirah Muhammadiyyah.
Selain itu, beliau mulai aktif
mengarang berbagai macam kitab ilmiah yang bernilai tinggi terutama dalam
bidang Hadits disamping mentahqiq beberapa kitab turats.
Hubungan beliau dengan organisasi
& gerakan Islam di Mesir cukup banyak diantaranya yaitu:
1. Al-Hidayah al-Islamiyyah yang
dipimpin oleh Syeikh Muhammad al-Khidr al-Husain al-Tunisi.
2. Al-‘Asyirah al-Muhammadiyyah dimana
beliau merupakan salah seorang pemberi fatwa dan tenaga ahli di organisasi yang
didirikan oleh Sayyid Muhammad Zakiyyuddin Ibrahim ini.
3. Nasyrul Fadhail wal Adabul
Islamiyyah.
4. Ar-Robithah al-Islamiyyah.
5. Al-Ikhwanul Muslimun yang didirikan
oleh Imam asy-Syahid Hasan al-Banna. Sayyid Abdullah al-Ghumari berkata: “Saya mempunyai hubungan yang erat dengan
al-Ustadz Hasan al-Banna, pemimpin gerakan al-Ikhwanul Muslimun dan ayahandanya
al-Ustadz Ahmad Abdurrahman, pemilik sanad-sanad yang banyak dimana kami
seringkali bersama dan saling kunjung mengunjungi.”
6. Organisasi milik kaum hawa yang
didirikan oleh Sayyidah Zainab al-Ghazali dimana beliau yang ditunjuk sebagai
pengisi pengajian mingguan di pusat organisasi ini.
Guru-guru Beliau
Sayyid Abdullah al-Ghumari
memiliki 62 orang guru sebagaimana yang disebutkan oleh beliau sendiri. Diantaranya
adalah:
1. Ayahanda beliau sendiri Sayyid
Muhammad Siddiq al-Ghumari al-Idrisi al-Hasani.
2. Kakak beliau al-Hafidz Sayyid
Ahmad bin Muhammad bin Siddiq al-Ghumari.
3. Sayyid Ahmad Rafi’ ath-Thahthawi,
musnid negara Mesir.
4. Al-‘Allamah al-Muhaddits Muhammad
Zahid al-Kautsari.
5. Al-‘Allamah Syeikh Muhammad
Duwaidar al-Kafrawi at-Talawi asy-Syafi’i.
6. Al-‘Allamah al-Faqih al-Usuli
Syeikh Muhammad ath-Thahir bin ‘Asyur at-Tunisi.
7. Al-‘Allamah Syeikh Abdul Baqi al-Ansori
al-Laknawi al-Madani.
8. Muhaddits al-Haramain Syeikh Umar
Hamdan al-Mahrasi at-Tunisi.
9. Al-‘Allamah Syeikh Abdul Wasi’
bin Yahya al-Wasi’e al-Yamani.
10. Al-‘Allamah al-Faqih Muhsin bin
Nasir Baraqbah al-Hadhrami.
11. Al-‘Allamah al-Faqih al-Musnid
Abdul Qadir bin Taufiq asy-Syalabi at-Tarablasi al-Hanafi.
12. Al-‘Allamah al-Faqih Muhammad bin
Muhammad al-Halabi al-Misri asy-Syafi’i.
13. Al-‘Allamah Muhammad Imam bin
Ibrahim as-Saqa.
14. Syeikh Darul Hadits Damsyiq
al-Muhaddits Badruddin Muhammad bin Yusuf al-Hasani.
15. Sayyidah al-Musnidah Ummul Banin
Aminah binti Abdul Jalil bin Salim ad-Dimasyqiyyah.
16. Dan lain-lain lagi di berbagai
negara Islam seperti Makkah al-Mukarramah, Emirat Arab Bersatu, Jordan, Sudan
dan Qatar.
Murid-murid Beliau
Banyak dari murid-murid beliau
yang kemudian hari menjadi seorang ulama besar, diantaranya yaitu:
1. Adik-adik beliau sendiri; Sayyid
Abdul Aziz, Sayyid Abdul Hayy, Sayyid Hasan, Sayyid Ibrahim dan Sayyid Muhammad
Zamzami.
2. Al-‘Allamah Syeikh Muhammad
al-Hamid al-Hamawi.
3. Al-‘Allamah Syeikh Abdul Aziz
‘Uyun as-Sud al-Himsi.
4. Al-‘Allamah al-Muhaddits Syeikh
Abdul Fattah Abu Ghuddah al-Halabi.
5. Al-‘Allamah Syeikh Muhammad
‘Awwamah al-Halabi.
6. Al-‘Allamah Syeikh Muhammad Ali
al-Murad al-Hamawi.
7. Dr. Abdul Wahhab Abdul Latif.
8. Dr. Ali Jum’ah al-Misri, Mufti
Republik Arab Mesir.
9. Sayyid Soleh al-Ja’fari, Imam
Masjid al-Azhar dulu.
10. Syeikh Hamdi Aslan al-Albani.
11. Dr. Mahmud Sa’id Mamduh al-Misri.
12. Syeikh Mahmud Hasan asy-Syeikh.
13. Dr. Hanafi Hasanain.
14. Syeikh Husain al-Batanuti.
15. Dr. Faruq Hammadah.
16. Dr. Muhammad Fuad al-Barazi
17. Dan masih banyak lagi yang
lainnya yang berasal dari berbagai penjuru dunia.
Karya-karya Beliau
Sayyid Abdullah al-Ghumari telah
menghasilkan banyak karya-karya yang bermutu tinggi hingga mencapai 81 buah
dalam pelbagai bidang ilmu agama terutamanya ilmu Hadits. Seorang ulama pernah
berkata: “Kami menyangka bahwa tiada lagi
ulama ahli Hadits di Mesir dan negeri Timur selain Syeikh Rasyid Ridha dan
Syeikh Ahmad Syakir. Namun setelah kami membaca hasil kajian Anda (Sayyid
Abdullah al-Ghumari) dan semakan-semakan Anda di dalam bidang Hadits, maka kami
mengatakan Andalah orang yang ketiga.”
Diantara karya-karya beliau dalam
berbagai bidang ilmu agama yaitu:
a.
Usuluddin: Itqan ash-Shun’ah fi Tahqiq Ma’na al Bid’ah, Irsyad al-Jahil al-Ghabiy ila Wujubi I’tiqad anna Adam Nabiy, Irgham al-Mubtadi’ al-Ghabiy bi Jawaz at-Tawassul
bi an-Nabiy, at-Tahqiq al-Bahir fi Ma’na al-Iman Billah wa al-Yaum al-Akhir,
Ithaf al-Azkiya’ bi Jawaz at-Tawassul bi al-Anbiya’ wa al-Auliya’, Iqamat al-Burhan
‘ala Nuzul ‘Isa fi Akhir az-Zaman dan lain-lain lagi.
b.
Ulum al-Quran: Al-Ihsan fi Ta’aqqub al-Itqan, Bida’ at-Tafasir, Bayan Shahih al-Aqawil
fi Tafsir Ayat Bani Israil, Taudhih al-Bayan li Wushul Thawab al-Quran, Dzauq al-Halawah
bi Bayan Imtina’ Naskh at-Tilawah, ar-Ru’ya fi al-Quran wa as-Sunnah dan
lain-lain lagi.
c. Ulum HaditS: Al-Ahadits al-Muntaqah fi Fadhoil Sayyidina Rasulillah, al-Arba’un
Haditsan ash-Siddiqiyyah, al-Arba’un al-Ghumariyyah fi Syukr an-Ni’am, Asanid al-Kutub
as-Sab’ah fi al-Hadits, Nihayat al-Amal fi Shihhah wa Syarh Hadits al-‘Amal
dan lain-lain lagi.
d. Fiqh dan Usul Fiqh: Husn at-Tafahhum wa ad-Dark li Masaalat at-Tark, al-Adillah ar-Rajihah
'ala Fardhiyyah Qira'at al-Fatihah, al-Istiqsha' li Adillah Tahrim al-Istimna',
I'lam ar-Raki' as-Sajid bi Ma'nat-Tikhadz al-Qubur Masajid dan lain-lain
lagi.
e.
Dan
masih banyak lagi karya-karya beliau yang belum tercantumkan di sisni.
Siapapun yang membaca di setiap
karangan beliau, pasti akan merasakan kekaguman akan ketinggian ilmu beliau
yang menunjukkan bahwa kajian beliau amat luas ditambah dengan kekuatan dalil
yang dikemukakan dalam setiap masalah yang beliau beberkan.
Ujian
Hidup Beliau
Sayyid Abdullah al-Ghumari pernah
dipenjara pada masa pemerintahan Presiden Gamal Abdul Nasir atas tuduhan menjadi
mata-mata Perancis. Padahal tuduhan itu adalah tuduhan palsu yang memang
sengaja dirancang oleh beberapa pihak tertentu yang merasa terganggu oleh keberanian
dan ketegasan beliau. Pada asalnya beliau dijatuhi hukuman mati, namun setelah
mahkamah mendapati beliau tidak bersalah, beliau dikenakan hukuman penjara
selama 11 tahun dimulai dari tanggal 15 Oktober 1959 hingga 26 Desember 1969.
Walaupun berada dalam penjara, tidak menjadi penghalang bagi beliau untuk tetap
mengarang beberapa karya yang tidak kalah hebatnya.
Kepulangan ke Maroko dan Kewafatannya.
Setelah keluar dari penjara,
beliau pulang ke Morocco untuk meneruskan perjuangannya dalam bidang ilmu.
Sayyid Abdullah al-Ghumari telah berada di Mesir selama 40 tahun dan beliau
pulang ke tanah airnya untuk mengabdi kepada bangsanya disamping meneruskan
kelangsungan Madrasah Siddiqiyyah yang telah didirikan oleh ayahandanya.
Setelah mengabdi di Morocco selama kurang lebih 23 tahun, akhirnya beliau mendapat
panggilan Ilahi pada hari Kamis 19 Sya'aban 1413 Hijrah/11 Februari 1993 dalam
usia 85 tahun. Jasad beliau dimakamkan bersebelahan denagn pusara ayahanda dan
bundanya yang terletak di Madrasah Siddiqiyyah. Kepergian beliau merupakan
pukulan berat bagi para pecintanya dan orang-orang yang mengenal dekat dengan beliau.
0 komentar:
Posting Komentar