Home » » Manaqib asy-Syeikh as-Sayyid Hasan bin Muhammad Siddiq al-Ghumari

Manaqib asy-Syeikh as-Sayyid Hasan bin Muhammad Siddiq al-Ghumari

Written By MuslimMN on Minggu, 16 September 2012 | 19.21


Manaqib asy-Syeikh as-Sayyid Hasan bin Muhammad Siddiq al-Ghumari



Beliau ialah al-Imam al-'Allamah al-Hafidz al-Muhaddits al-Ushuli al-Muhaqqiq al-Mudaqqiq Abul Fadhl Sayyid Hasan bin Muhammad bin Siddiq bin Ahmad bin Muhammad bin al-Qasim bin Muhammad bin Muhammad bin Abdul Mukmin bin Ali bin al-Hasan bin Muhammad bin Abdullah bin Ahmad bin Abdullah bin Isa bin Sa'id bin Mas'ud bin al-Fudhoil bin Ali bin Umar bin al-'Arabi bin 'Allal bin Musa bin Ahmad bin Daud bin Maulana Idris al-Ashghor bin Maulana Idris al-Akbar bin Abdullah al-Kamil bin al-Hasan al-Mutsanna bin Imam al-Hasan al-Mujtaba bin Amirul Mukminin Sayyidina Ali dan Sayyidah Fatimah az-Zahra' binti Sayyidina Muhammad Rasulullah Saw.

Ayahnya adalah sumber dan pencetak para ulama besar di dunia ini. Kakak beliau al-Hafidz Ahmad adalah seorang ulama besar yang sangat disegani dan hanya beliau saja yang bergelar al-Hafidz pada abad keempat belas hijriyah. Sementara kakak beliau yang bernama Abdullah adalah seorang Muhaddits yang bergelar al-Mufid (seorang ahli pengkritik ilmu hadits dan sanad). Saudaranya yang bernama Syeikh Abdul Hayy adalah seorang yang alim dalam ilmu fiqih dan usulnya. Sementara saudaranya yang bernama Syeikh Abdul Aziz bin Muhammad Siddiq al-Ghumari adalah seorang ulama ahli hadits yang sungguh masyhur dari barat sampai timur. Dan saudaranya yang bernama Syeikh Zamzami juga seorang ulama yang ternama yang memiliki banyak karangan. Saudaranya yang bernama Syeikh Ibrahim juga seorang ulama besar yang terkenal. Keluarga besar al-Ghumari adalah keluarga yang penuh dengan keberkahan dan rahmat, mereka adalah keturunan Rasulullah Saw.

 

Kelahiran Syeikh Hasan al-Ghumari

Syeikh al-Hasan bin Muhammad Siddiq dilahirkan di kota Tonjah (Tangier) Maroko pada tahun 1345 H/1926 M. Beliau dibesarkan oleh kedua orang tuanya di Zawiyah (Madrasah) ash-Shiddiqiyah. Syeikh al-Hasan belajar agama dan menghafal al-Quran al-Karim dari semenjak kecilnya, sebagaimana kebiasaan anak-anak Syeikh Muhammad Shiddiq al-Ghumari yang lainnya juga dididik di Zawiyah ayahandanya. Syeikh Muhammad sangat memperhatikan pendidikan anak-anaknya, sehingga wajar saja jikalau anak-anaknya semua menjadi ulama besar. Tidak ada di dunia sekarang ini keluarga yang begitu berkah seperti keluarga al-Ghumari.

 

Pengembaraan Menuntut Ilmu

Di masa kecilnya beliau memasuki sekolah agama islam di Tonjah. Banyak matan-matan kitab yang beliau hafal. Disamping itu beliau juga belajar banyak dari sang kakak tercinta yaitu al-Hafidz Ahmad Shiddiq al-Ghumari, al-Muhaddits Abdullah Shiddiq al-Ghumari dan Syeikh Zamzami Shiddiq al-Ghumari.

 

Hasil Karya beliau:

Diantara hasil karya-karya beliau adalah:

1.      At-Tibyan li Hujjati Amali al-Ikhwan fi Tahuhid Shaumi Ramadhan.

2.      Silsilah Durus wa al-Muhadharat.

3.      At-Tashawwuf wa Atsaru fi Natsri Ilmu wa al-Ma’rifah.

4.      Takrim al-Islam li al-Mar`ah.

5.      Fadhlu Lailatu al-Qadar.

6.      Syafa`at al-Kubra.

7.      Daiwan Khutab al-Jum`ah.

8.      Dan masih banyak yang lainnya.

 

Jabatan dan Pekerjaan

Beliau pernah menjabat sebagi Dewan Penasehat bagian pendidikan di Maroko, dan menjadi guru tetap di Zawiyah ayahnya, Syeikh Muhammad Shiddiq al-Ghumari.

Sepanjang hidupnya beliau terus berdakwah di jalan Allah. Beliau terus berjuang meneruskan perjuangan ayahanda dan saudara-saudaranya. Beliau juga menjabat sebagai Mursyid Agung Thariqah Syadziliyyah ash-Shiddiqiyyah. Dan beliau mengabdikan diri di Zawiyah Shiddiqiyyah milik ayahandanya itu hingga wafatnya.


Kewafatan Beliau

Syeikh al-Hasan bin Muhammad Siddiq al-Ghumari telah menghembuskan nafas terakhirnya menuju Allah dan meninggalkan dunia yang fana ini pada tanggal 22 Jumadil Akhir 1431 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 7 juni 2010 Masehi, ribuan pentakziyah hadir untuk menyolati jenazah beliau, alam menjadi mendung, dunia tampak bersedih, para pelajar turut berduka hati, seorang ulama besar yang memiliki karismatik dan merupakan gudangnya ilmu negeri Maroko.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template