Home » , , , » JAUHI SENJATA! SERUAN HABIB UMAR BIN HAFIDZ DI JAMAN FITNAH

JAUHI SENJATA! SERUAN HABIB UMAR BIN HAFIDZ DI JAMAN FITNAH

Written By MuslimMN on Kamis, 02 Februari 2017 | 13.43



Di dalam buku kecil karya al-‘Allamah al-Habib Umar bin Hafidz BSA Yaman berjudul “Wala Tanaza’u Fatafsyalu Watadzhaba Rihukum  (Janganlah Kamu Berselisih Sehingga Menyebabkan Kamu Gentar dan Lemah)”, beliau menulis sebagai berikut:

إن الجهاد في سبيل الله على أوضح مجالاته وحالاته، لو قام فدخل في النية ذرة من قصد غير الله لضاع صاحبه، قال صلى الله عليه وسلم:(( من غزا وهو ينوي عقلا فله مانوى)) رواه أحمد والنسائي والطبراني والحاكم‘ فكيف إذا كان الأمر ليس بواضح القيام فيه على حقيقة من الدين ولا حقيقة من النور ولا حقيقة من الجهاد في سبيل الله تبارك وتعالى إلا ما يدعيه أصحاب كل فرقة أنهم مجاهدون ضد طائفة أخرى. إنها الفتن العمياء الصماء، إنها الفتن المظلمة، لاتكن فيها طرفا من الأطراف يقضي فيها الكافر والفاجر غرضه، أو يتخذه جسرا لينال شيأ من مراده، ولا بلغ الله أعداءه مرادا فينا ولا في أحد من أهل الملة ولا في أحد من أهل القبلة. يجب أن يتألم قلبك أن أصبح الناس من أهل هذا الدين العظيم عرضة لأن يسيروا ويدبروا من قبل قوى الكفر ليضعفوا بعضهم البعض ويؤذوا بعضهم البعض ويقتلوا بعضهم البعض ويتطاولوا على بعضهم البعض. ويسبوا بعضهم البعض من أباح لهم ذلك؟ من زين لهم ذلك؟ وعلى أي أساس يقيمون ذلك؟

“Jika jihad di jalan Allah dinilai sia-sia karena niat yang tidak ikhlas, maka bagaimana dengan tindakan yang belum tentu termasuk jihad di jalan Allah kecuali menurut klaim klompok yang suka memerangi klompok lain? Sungguh ini adalah fitnah yang buta dan tuli. Sungguh ini adalah fitnah yang bisa mencelakakan. Janganlah sampai kamu diperalat orang-orang kafir dan orang-orang jahat demi kepentingan mereka. Jangan sampai tujuan busuk musuh-musuh Allah terhadap kita dan satupun dari ahlul millah dan ahlul qiblah itu tercapai.

Wajib bagimu merasa prihatin karena umat Islam dijadikan boneka oleh orang-orang kafir untuk saling melemahkan, saling menjelekkan, saling mencaci bahkan saling membunuh. Siapa yang memperbolehkan tindakan tersebut? Siapa menganggap baik tindakan tersebut? Atas dasar apa mereka melakukannya?”

Lalu bagaimana petunjuk Nabi Muhammad Saw. dalam berinteraksi dengan fitnah tersebut? Dalam hal ini, al-Habib Umar bin Hafidz menampilkan sebuah hadits yang menjelaskan tentang akan terjadinya fitnah di akhir zaman. Tatkala fitnah itu terjadi, orang yang duduk lebih baik daripada orang yang berdiri. Orang yang berdiri lebih baik daripada orang yang berjalan. Dan orang yang berjalan lebih baik daripada orang yang berusaha.

Artinya, semakin dekat seseorang kepada fitnah tersebut maka ia dinilai semakin buruk. Dan semakin jauh seseorang dari fitnah tersebut maka ia dinilai semakin baik. Tatkala itu, sabda Nabi Saw., “Pecahkan busur panahmu. Putus-putuslah senarnya. Patahkan pedangmu dengan batu. Dan jika ada seseorang yang dimasuki untuk dibunuh maka hendaknya dia menjadi seperti anak yang baik dari dua putra Nabi Adam (Habil dan Qabil).”

Yang dimaksud anak yang baik disini adalah Habil yang perkataannya diceritakan di dalam al-Quran: “Sungguh kalau kamu menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, aku sekali-kali tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan seru sekalian alam.”

Setelah menyebutkan hadits ini, Habib Umar bin Hafidz menulis sebagai berikut:

أنجد أنصح منه؟ أم نجد بيانا أفصح من بيانه؟ إنه أشجع الخلق ، وأكرم الخلق والذي علم الناس تقديم الأنفس والأموال لله خالصة مخلصة نياتهم طيبة بها قلوبهم ونفوسهم، يبين هذا لبيان ويقول: أبعدوا عن استعمال الأسلحة، فليس الوقت وقتها ولا المجال مجالها وليست مؤدية إلى خير، فكسروا قسيكم وقطعوا أوتاركم واضربوا بسيوفكم الحجارة، صلوات ربي وسلامه عليه وهو سيد المجاهدين وهو خير المجاهدين.

“Adakah yang lebih bisa memberi nasihat daripada Nabi Muhammad? Adakah penjelasan yang lebih fasih daripada penjelasannya? Beliau adalah hamba Allah yang paling berani. Beliau adalah hamba Allah yang paling mulia. Dan beliau adalah seorang nabi yang telah mengajarkan untuk berkorban jiwa dan harta dengan ikhlas karena Allah. Namun beliau Saw. menjelaskan penjelasan ini dan berkata: “Jauhkan dirimu dari menggunakan senjata. Sekarang bukan waktunya. Di sini bukan ruangnya. Penggunaan senjata tidak akan mengantarkan kepada kebaikan. Maka pecahkan busur panahmu. Putus-putuslah senar-senar busurmu. Patahkan pedangmu dengan batu.”

Semoga rahmat dan salam Tuhanku selalu terlimpahkan kepada Kanjeng Nabi Muhammad Saw., pemimpin dan sebaik baik pejuang.” (Mohammad Mahrus Ali, tokoh muda NU Madura mantan Rais Syuriah PCI NU-Yaman dan alumnus al-Ahgaff University).


Share this article :

1 komentar:

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template