KUNCI AGAR IBADAHNYA BENAR DAN KHUSYUK

Written By MuslimMN on Minggu, 27 November 2016 | 07.50



Kegemaran Hadhratus Syaikh KH. M. Utsman al-Ishaqi adalah berziarah kepada para wali Allah, baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat. Beliau mengenal mereka secara dekat, bukan hanya nama-nama mereka bahkan nasab dan hubungan mereka satu sama lain. Sampai-sampai beliau hidup-hidupkan dan beliau semarakkan peringatan hari wafat mereka, terutama wafatnya Syaikh Abdul Qadir al-Jilani Ra. Sehingga hampir tiada hari yang lewat di kota maupun desa terutama di Jawa Timur, kecuali di situ terdapat majelis manaqib. Kiai Utsman adalah orang yang pertamakali menggagas penyelenggaraan Manaqiban.

يوم لاينفع مال ولابنون الا من اتى الله بقلب سليم

Kiai Utsman menafsirkan “qalbun salim” dalam ayat ini sebagai hati yang selamat dari penyakit batin dan penuh rasa cinta kepada Allah, RasulNya serta para waliNya. Sebab, kata beliau, tanpa para wali kita tidak mungkin dapat mengabdi kepada Allah Swt. dengan benar. Maka banyak-banyaklah tawassul kepada Auliya’, insya Allah hati kita akan menjadi khusyuk.

Pernah terjadi saat Kiai Utsman memimpin istighatsah tiba-tiba datang seseorang yang tidak dikenal. Dia langsung menelantangkan Kiai Utsman dan melingkarkan pedangnya pada leher beliau. Kejadian tragis ini pun diceritakan kepada sang guru, Kiai Romli. Kiai Romli hanya menjawab, “Teruskan apa yang telah kamu amalkan. Orang tersebut tidak akan berani menancapkan pedangnya pada lehermu. Bahkan dalam waktu dekat ini orang itu tidak akan berpisah denganmu sejengkalpun.” Dan kenyataannya seperti apa yang dinyatakan oleh Kiai Romli Tamim.

Tentang keutamaan menaqiban, Kiai Utsman pernah mengatakan, “Tidak ada ibadah kepada Allah di muka bumi ini yang lebih utama daripada mencintai wali-wali Allah.”

Beliau juga mengatakan, “Mencintai para wali termasuk ketaatan yang terbesar. Dan mereka yang menghadiri majelis manaqib adalah orang-orang yang cinta kepada mereka (para wali Allah). Dan mencintai mereka adalah bukti akan adanya rasa cinta kepada Allah Swt.”

Haul Kiai Sepuh dan Haul Akbar Jatipurwo Surabaya

Kata Agus A. Danyalin bin Minanurrahman bin Utsman al-Ishaqi, “Disebut “Haul Akbar” karena yang diperingati haulnya ialah Kanjeng Syaikh Abdul Qadir al-Jilani Ra. Adalah acara yang dirintis oleh KH. M. Utsman al-Ishaqi Surabaya sejak dari tahun 1947-an (Manaqiban) dan Haul Akbar di tahun 1950-an. Bukan melihat berjibun jumlahnya yang hadir, tapi lebih kepada siapa yang diperingati haulnya. Itulah Haul Akbar.”

Haul Kiai Sepuh KH. M. Utsman al-Ishaqi Ra. akan diselenggarakan tanggal 4 januari 2017 M. dan Haul Akbar Kanjeng Syaikh Abdul Qadir al-Jilani Ra. akan diselenggarakan pada tanggal 9 Januari 2017 M. Bertempat di Pondok Pesantren Darul Ubudiyah Raudlatul Muta’allimin Jl. Jatipurwo VII/15 Kel. Ujung Kec. Semampir Surabaya Utara. (Sumber: ibjmart.com)


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template