Besok tanggal 20 Syawal haul pertama Si Mbah Salman
Dahlawi Popongan Klaten. Sudah selayaknya saya ikut mensyi’arkan munasabah ini
dengan menceritakan Trilogi Tokoh Mursyid Khalidiyyah yang saya kenal, wabil khusus
beliau Si Mbah Salman.
Saya sebut trilogi, karena ada tiga tokoh kali ini yang
secara berurutan akan saya tuturkan mahasin mereka, manaqib mereka.
Tentu apa yang akan Anda baca hanyalah setitik saja dari lautan kemuliaan
mereka bertiga. Andai kita dipaksa menuliskan semuanya, pasti akan membutuhkan
berjilid-jilid buku tentunya.
Mereka bertiga adalah KH. Salman Dahlawi, Murabbi Khalidiyyah
Popongan Klaten, KH. Munif Zuhri, Murabbi Kholidiyyah Girikusumo Mranggen, dan KH.
Ulin Nuha Arwani, Murabbi Khalidiyyah Kwanaran Kudus.
Ketiganya masih ada tautan satu dengan yang lain.
Grand Syaikh Khalidiyyah di Jawa adalah Mbah Muhammad Hadi. Seorang auliya’ yang
dijuluki Syaikhul Islam ini salah satu pembawa thariqah Naqsyabandiyyah
Mujaddadiyyah Khalidiyyah ke tanah Jawa. Makamnya di Bukit Girikusumo Mranggen
Demak.
Kyai Munif Zuhri adalah buyutnya yang sekarang
meneruskan tarbiyyah murid di Girikusumo. Sedangkan Mabh Salman adalah putra
dari anak perempuan Mbah Mansur Popongan dan Mbah Mansur adalah anak dari Mbah
Hadi Girikusumo. Adapun Kyai Ulin Nuha yang biasa dipanggil dengan Gus Ulin
adalah putra dari Mbah Yai Arwani Kudus dan Mbah Arwani ini muridnya Mbah
Mansur Popongan. Jadi semua bermuara ke Girikusumo.
1. Kyai Ageng
Haji Salman Dahlawi Rahimahullah
Dari semenjak usia tamyiz beliau sudah mendapat ijin
membaiat murid. Kadang-kadang masih bermain kelereng dengan teman sebaya,
tiba-tiba Mbah Mansur memanggil dan memerintahkannya untuk membaiat calon-calon
murid baru. Hal ini adalah bukti bahwa Mbah Kyai Ageng Salman adalah salah satu
para muradin, salah satu para mahbubin. Murad
artinya orang yang dikehendaki Allah, jauh lebih tinggi derajatnya dibanding murid
atau orang yang menghendaki (bersuluk) ke jalan Allah. Mahbub
artinya orang yang dicintai Allah, jauh lebih tinggi derajatnya dibanding muhib
atau orang yang mencintai Allah.
Yang saya menyesal hingga sekarang adalah saya tidak
berhasil melihat wajah beliau saat beliau dalam puncak ketinggian maqamnya, yaitu
saat beliau wafat. Seharian penuh saya menunggu di samping jenazah beliau
bersama Ustadz Ali Ridha Purwadadi untuk mencari kesempatan agung tersebut. Tetapi
para peziarah tidak pernah berhenti-berhentinya datang menshalati. Kata
khalifah beliau, Gus Multazam: “Nek Njenengan teng mriki wau dalu, tasih
saget”, kalau saja tadi malam, Anda masih bisa melihat wajah beliau.
Dahulu ibu saya punya cerita unik dengan Mbah Salman. Kami
sekeluarga sowan kepada beliau untuk melihat putri beliau yang akan dijodohkan
dengan salah satu kakak saya. Di depan rumah beliau, putri yang dimaksud
duduk-duduk sambil tidak memakai kerudung. Dalam hati ibu saya membatin: “Aduh,
perempuan tidak kerudungan koq mau dijodohkan sama anakku.”
Baru saja Mbah Salman keluar kamar menemui kami,
beliau langsung menghampiri ibu dan berkata dengan halus: “Ibu nyai,
pengapuntene nggih. Anak kulo estri niku pancen mboten remen krudungan koq”,
Bu mohon maaf ya, anak perempuan saya itu memang tidak suka pakai kerudung.
Ibu saya langsung membatin: “Mati aku. Mbah Salman
gak bisa dirasani rupanya.”
Dalam berbagai kesempatan Mbah Salman seringkali
menampakkan kebeningan bashirah beliau di hadapan para murid. Tentu itu
untuk kemaslahatan mereka. Seorang kyai khash dari Jepara ingin bertabarruk
dengan Mbah Salman. Tetapi karena kesehatan beliau yang kurang mendukung saat
itu, pembaiatan dilakukan oleh putra beliau, Gus Multazam. Kyai khash tersebut
membatin karena merasa kurang berkenan: “Aduh, aku ke sini itu untuk ngalap
berkah Mbah Salman, malahan sekarang yang menangani anaknya.”
Tiba-tiba beberapa jam berikutnya dengan
tertatih-tatih Mbah Salman keluar menemui kyai khash tersebut sambil membawa risalah
kecil tentang thariqah. Beliau berkata: “Kyai, Panjenengan pulang saja.
Orang dzikirnya sudah mapan begitu koq datang ke sini. Sudah bawa saja kitab
kecil ini. Kyai baca halaman sekian kalau sudah sampai rumah.”
Begitu sampai rumah, kitab kecil itu dibuka dan dibaca
pada halaman yang dimaksud. Ternyata tentang bab “Adab/Tatakrama Murid Kepada Syaikhnya”.
Serentak lemaslah tubuh kyai khash tersebut. Dia baru menyadari bahwa dirinya
diketahui oleh Mbah Salman, kurang benar adabnya saat bertabarruk di hadapannya.
Mbah Salman adalah yang termasuk salah satu kyai sepuh
negeri ini yang dipanggil dengan sebutan Maulaya (Tuanku) oleh Syaikh
Hisyam Kabbaniy. Suatu ketika Mbah Salman pernah mampir ke tetangga desa saya.
Di situ beliau diundang oleh salah satu guru tariqah setempat untuk membaiat
massal para muridin. Sesudah acara beliau diampirkan oleh salah satu mantan
bapak perangkat desa setempat. Beliau bersedia, tetapi hanya duduk-duduk di
dipan depan rumah si bapaknya itu. Padahal di dalam rumah hidangan serta kasur
empuk telah disediakan. Mbah Salman tetap saja tidak bersedia masuk.
Sesudah beberapa saat duduk-duduk di dipan, beliau
mengajak rombongan untuk pulang. Ternyata rahasianya baru terungkap beberapa
hari kemudian. Bapak perangkat desa tersebut ngunduh mantu. Dan seperti adat
desa, ia nanggap wayang. Nah pada saat pementasan tersebut, seorang Lhedhek
atau bintang panggung wayang tersebut duduk-duduk di dipan sampai tertidur
pulas. Lama dinanti-nanti si wanita cantik tu tidak mau bangun-bangun sangking
pulasnya. Karena sudah jamnya manggung, dia dipaksa untuk dibangunkan. Eh, ternyata
tidurnya keterusan alias mati.
Rupanya dia kena berkah Mbah Salman di dipan itu, mungkin
juga tuah. Berkah jika dimaknai kematiannya tidak lagi membuatnya semakin
banyak dan semakin lama hidup dalam kemaksiatan. Dikatakan tuah jika dimaknai
dia kuwalat. Wallahu a’lam.
2. Kyai Ageng
Haji Munif Girikusumo
Buyut Syaikhul Islam si Mbah Muhammad Hadi Girikusumo ini
relatif masih muda. Tetapi trah biru yang menitis dari guru besar thariqah Khalidiyyah
menjadikannya dikaruniai Allah keistimewaan semenjak usia mudanya. Setiap malam
Jum’at tidak kurang 5.000 murid selalu datang ke ‘Padepokan’ beliau di Bukit
Girikusumo untuk bersama-sama membaca Maulid ad-Diba’. Tua-muda, lelaki-perempuan,
yang khash serta yang awam, setiap pekannya selalu menunggu patah kata demi
kata yang keluar dari mulut beliau.
Saya melihat fenomena beliau sangat mirip dengan
keadaan jamaah Sema’an al-Qurannya Gus Miek dahulu. Yang ribuan orang sampai
rela sehari semalam untuk menunggu Gus Miek berkata apa, dawuh apa, nasehat
apa. Kyai Munif juga demikian kurang lebihnya. Kadang-kadang dalam majelis
malam Jum’at, yang mereka sebut sebagai Majelis Jamuna (Jamaah Muji Nabi) itu,
Mbah Munif malah hanya banyak menangis saja tidak mampu berkata-kata. Para jamaah
yang hadir pun turut pula banyak yang ikut meneteskan air mata. Dan setahu saya,
Mbah Munif sangat terpengaruh secara ruhaniyah dengan al-Habib Ahmad Alattas Shahib
Pekalongan serta Habib Kuncung al-Haddad Kalibata.
Kyai Zainal Arifin Welahan bercerita kepada saya. Dulu,
sewaktu masih mudanya, ia jagongan sama Mbah Munif Girikusumo yang saat itu juga
masih muda. Beliau berdua ngobrol ngalor-ngidul tentang dzikir. “Dzikir ismu
dzat itu bikin panas dalam tubuh,” kata Mbah Munif sambil meletakkan
sebatang korek api di atas air mineral gelas.
Beliau terus bicara panjang lebar tentang dzikir. Kira-kira
seperempat jam kemudian beliau menutup pembicaraannya sambil menunjuk ke air
mineral gelas di depannya: “Ini lho, kalau dzikir itu bisa membakar dosa
sampai habis. Itu lihat!”
Kyai Zainal Arifin pun melihat air mineral di depannya.
Ternyata airnya hilang entah ke mana. Sementara korek api yang diletakkan di atasnya
menjadi gosong seperti sudah habis terbakar. Anehnya, pentol korek itu tidak
pernah disulutkan, serta botol air mineral gelas itu masih utuh tidak bocor. “Lalu
lewat mana air itu menguap lenyap?” Pikir Kyai Zein.
Kyai Abdul Haq, salah seorang guru thariqah Khalidiyyah
bercerita, suatu hari dia dipanggil sowan Mbah Munif. Sesampainya di Girikusumo
Kyai Abdul Haq hanya diberi Mbah Munif uang receh sebesar 500 perak. Tetapi
kata Mbah Munif: “Kyai, ini ada uang buat berangkat haji.” 500 rupiah
buat berangkat haji ya aneh, malah sebagian orang berpikir itu perbuatan
seorang yang ‘kenthir’.
Sesampainya di rumah, Kyai Abdul Haq hanya
menimang-nimang uang receh tersebut sambil berkata: “Yi Munif itu maksudnya
apa? Aku itu tidak punya uang, dikasih lima ratus rupiah koq disuruh buat haji.
Gimana?”
Baru saja beberapa menit, datanglah tamu seorang murid
thariqah. Tanpa ba-bi-bu matur kepada Kyai Abdul Haq bahwa kalau kyai mau saat
itu juga didaftarkan haji, atas tanggungan biaya si murid! Subhanallah, Kyai
Abdul Haq hanya bisa ‘mbrebes mili’ air matanya saja.
Saya dulu ingat mirip-mirip demikian, memberi uang
receh sebagai jimat, sering dilakukan seorang kyai majdzub dari Sarang Rembang
yaitu almarhum Kyai Ahmad. Saya pernah kebagian beberapa rupiah dari beliau. Sayangnya
sekarang tidak tahu lagi rimbanya uang jimat itu. Kalau sekarang Anda sowan ke
Solo ke tempat Habib Syekh, mungkin Anda juga akan kebagian uang receh jimatan.
Kata Habib Syekh biasanya: “Duit rongewu dadi rong milyar”, uang dua ribu
jadi dua milyar. Semacam doa beliau untuk mudah rizki, barangkali.
Kyai Munif ini saking tajamnya mata batin beliau,
sampai-sampai keadaan para muhibbin dan para muridnya di tempat yang jauh pun
beliau waskita dan mengetahui. Sudah terlalu sering ibu mertua saya, juga masih
adik Kyai Munif, bercerita kepada saya kalau apa saja yang terjadi di dalam rumahnya,
Mbah Munif dari jauh sudah mengetahui detailnya. Sampai-sampai jika ibu mertua
saya sowan pun malah sebelum cerita ke Mbah Munif, eh malah Mbah Munif yang
duluan menceritakannya. Biasanya ibu mertua saya tinggal klepek-klepek saja.
Sampai saat ini Mbah Munif alhamdulillah masih
dalam keadaan sehat di kediaman beliau di Girikusumo. Dan Ketua Syuriyah PKB
Cabang Demak ini terhitung menjadi salah satu rujukan pangestu para pejabat
negara dan para pengusaha-pengusaha yang pada berebutan mencari berkah dan
untung dengan restu serta doa beliau.
3. Kyai Ageng
Haji Ulin Nuha Arwani
Jika Anda bertanya pesantren terdepan yang mencetak
para penghafal al-Quran dengan kualitas terbaik, maka salah satu jawabannya
adalah Ponpes Yanbu’ul Qur’an Kudus. Pesantren al-Quran rintisan Kyai Ageng Mbah
Arwani Amin Said ini dikenal sebagai pesantren al-Quran terbaik di Indonesia.
Dan sekarang yang memimpin adalah Si Mbah Kyai Ulin Nuha, putra pertama Mbah
Arwani.
Mbah Arwani merupakan Mursyid Thariqah Khalidiyyah
yang mempunyai hanaqah atau pondok thariqah di Dusun Kwanaran ini pun
menitiskan kekhilafahan thariqahnya kepada Mbah Ulin. Jadi sebagaimana ayahnya,
Kyai Ulin juga memimpin pondok tahfidz sekaligus menjadi murabbi thariqah di
Induk Kwanaran Kudus. Dikatakan induk, karena cabang-cabang pondok thariqah Kwanaran
sudah mencapai ratusan (mungkin) tersebar di sepanjang Pantura Jawa.
Perawakan Mbah Ulin yang gagah, ganteng dan rapi
selalu menyenangkan jika dipandang. Tetapi tutur kata halus beliau lebih
menyenangkan lagi didengarkan. Kepada siapapun beliau selalu memakai bahasa
kromo inggil (Jawa halus). Bentuk penghormatan beliau kepada siapa saja tanpa
memandang status serta umur bersangkutan. Begitulah salah satu bentuk ketawadhu’an.
Beliau putra kyai besar, putra wali Allah yang oleh
Mbah Hamid Pasuruan diberi julukan Mbah Arwani Wali Kudus. Meskipun seorang
anak tokoh besar, Mbah Ulin saat masih mondok di pesantren asuhan Kyai Wali
Muhammadun Pondowan Pati Jawa Tengah, beliau masak ya masak sendiri. Giliran
menyapu halaman beliau yang menyapu sendiri.
Paman saya, Kyai Mansur, salah satu teman satu kamar
Mbah Ulin. Seringkali saat melihat Gus Ulin (begitu biasanya beliau dipanggil)
memegang sapu lidi, Kyai Mansur mencoba memintanya: “Gus, biar saya saja
yang menyapu untuk Panjenengan.”
Mbah Ulin selalu menolak dan dengan halus mengatakan
terima kasih saja. Ketawadhu’an ini yang merupakan ciri khusus beliau. Hanya
saja, karena beliau itu ditakdirkan Allah menjadi seorang yang kaya raya, punya
mobil mewah serta pakaian beliau selalu tampak rapi dan wangi, kadangkala
membuat orang salah menilai. Gus Lukmanul Hakim, putra kyai sepuh Jekulo Kudus,
pernah bercerita. Salah seorang teman disaat melihat keadaan diri Mbah Ulin yang
seperti itu, berkata: “Kyai thariqah koq kaya raya. Bajunya bagus-bagus dan
mobilnya mewah. Tidak pantas ya? Mestinya kyai thariqah itu harus humul, tidak
suka bermewah-mewah.”
Selang seminggu kemudian, teman itu sowan kepada Habib
Anis bin Alwi al-Habsyi Shahib Gurawan Solo. Memang teman ini mulazamah majelis
rauhah al-‘Arif Billah Habib Anis al-Habsyi. Pada kesempatan itu, saat teman baru
saja duduk, tiba-tiba Habib Anis datang menghampirinya dan bertanya: “Antum
dari mana?”
“Dari Kudus, Habib”, jawabnya.
“Alhamdulillah. Kudus itu ada seorang kyai yang
sebenar-benarnya kyai. Namanya Kyai Ulin Nuha. Antum kalau ada perlu apa soal
keagamaan datang kepada Kyai Ulin Nuha ya?” Tutur Habib Anis.
Teman itu langsung teringat keingkaran hatinya kepada
Kyai Ulin dan sontak teguran Habib Anis itu (yang merupakan kasyaf agung beliau)
membuatnya jatuh lemas dan menangis menyesali diri. Dia baru sadar seseorang
tidak boleh menilai maqamat orang lain dari penampilan lahiriyahnya
saja. Karena itu adalah sirr, dan sirr tempatnya ada di ‘dalam’. Tiada
bisa melihat kecuali ahlinya. “Laa ya’rifu al-jauhar illa al-jauhariy”, tidak
mengerti karat derajat mutiara kecuali tukang mutiara.
Tetapi saya juga memaknai persaksian Habib Anis
tentang ke-Kyai-an yang sebenarnya dari Mbah Ulin adalah salah satu bukti
ketulusan serta keikhlasan Kyai Ulin dalam menjalani hidupnya. Saya tahu persis
karena saya –alhamdulillah- arba’iniyyah saya dalam bimbingan
beliau.
Dalam banyak kesempatan, di hadapan ratusan murid-murid
thariqah pun, saat ada yang bertanya tentang satu hukum agama atau masalah thariqah
kepada beliau dan tampaknya beliau benar-benar belum mengerti jawabannya maka
tanpa malu beliau akan menjawab: “Kulo dereng mangertos jawabanipun. Insya
Allah benjang menawi sampun pikantuk jawaban, Panjenengan kawula paringi pirsa”,
Saya belum tahu jawabannya. Insya Allah besok kalau saya sudah ketemu
jawabannya Anda akan saya beri tahu.
Masya Allah, seorang mursyid, seorang kyai besar, di hadapan
banyak murid tanpa malu mengatakan “La adriy”, aku tidak tahu.
Saya ingin bertanya kepada Anda, sosok ahli ikhlas
semacam beliau ini di zaman sekarang masih ada apa tidak? Apalagi kyai ataupun
para ustadz televisi. Tidak ada yang tidak tahu bagi mereka. Semua pertanyaan
pasti dijawab. Benar salah belakangan.
Saya menjadi memahami makna Habib Anis tentang ‘sebenar-benarnya
kyai’ ini. Saya teringat cerita sejenis yang hampir ribuan tahun lampau sudah
dianggap langka. Cerita tentang Imam Malik Ra. Haitsam bin Jumail berkata: “Aku
menyaksikan Imam Malik yang ditanya 48 pertanyaan. Dan dia menjawab untuk 33
pertanyaan tersebut dengan jawaban “Aku tidak tahu.”
Imam Malik sendiri berkata: “Sangat penting seorang
yang alim mewariskan kepada para murid dan rekan di sekelilingnya ucapan “La
adriy”, sampai akhirnya kebiasaan itu menjadi pokok dalam genggaman mereka.
Sehingga jika ada yang bertanya dengan soal yang tidak diketahui jawabannya
maka mereka akan sigap menjawab “Aku tidak tahu.”
Dalam bentuk seperti ini saya memandang Kyai Ageng
Haji Ulin Nuha beberapa tingkat telah mengalahkan kyai-kyai serta
mursyid-mursyid yang lain. Semoga Allah memanjangkan umur beliau dan
para Kyai Ageng, para Mursyid yang lain. Tetap dalam kesehatan dan keselamatan
sehingga kami semua selalu mendapat limpahan keberkahan mereka, Aamin. (Diedit
ulang dari catatan KH. Muhajir Madad Salim).
Artikel yang menarik dan mendidik...
BalasHapus