Home » , » Murattal Al-Quran Versi Jawa Ala Gus Ulil Abshar Abdalla

Murattal Al-Quran Versi Jawa Ala Gus Ulil Abshar Abdalla

Written By Unknown on Kamis, 14 Agustus 2014 | 15.21





Di tengah gemarnya kaum Muslimin Indonesia terhadap murattal yang dibacakan oleh qari asal Timur Tengah, mantan aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) dan mantan ketua LAKPESDAM (Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) NU, Gus Ulil Abshar Abdalla merekam bacaan al-Qurannya sendiri kemudian menguploadnya di internet.

Gus Ulil menamakannya dengan “Murattal Jawa”. Lantunan tilawahnya mengingatkan kepada kita nostalgia masa silam, masa Wali Songo, yang saat ini masih biasa kita dengarkan langgamnya dalam pewayangan (sang dalang). Saya berpikir mungkin seperti itulah para wali zaman dulu, di Jawa, dalam melagukan bacaan al-Qurannya. Pasalnya, bukankah penggubah lagu-lagu dan syi’ir-syi’iran Jawa yang bermuatan religius dan penuh nasihat itu adalah mereka para Wali Songo?

Kalau dilacak, mulai kapan Gus Ulil menshare Murattal Jawa-nya di internet, bisa kita temukan di tweeternya, tertanggal 15 Agustus 2012. Berarti sudah 2 tahun silam. Silakan cek di sini: https://twitter.com/ulil/status/235934958072516608

“Andaikan saja Gus Ulil mau menyempurnakan hingga 30 juz, lalu memasukkan ke dapur rekaman. Siapa tahu langkahnya itu bisa mengimbangi langgam Saudi yang nyaris memukau hampir seluruh penduduk Muslim di negeri kita ini. Langgam Jawa, ya, langgam Jawa. Kayak di langgar-langgar dan masjid kampungku kala aku kecil. Langgam yang kini sirna dari sana entah ke mana, tergantikan oleh langgam yang agak ngeden-ngeden sithik atau yang mendayu-dayu kemayu.” Tulis Kyai Fuad Ahmad al-Mutamakkin (خ. فؤاد أحمد المتمكني) dalam mengomentari Murattal Jawa-nya Gus Ulil tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan: “Siapa tahu pula, kalangan Arab akan tahu bahwa di dunia ini ada langgam alternatif yang enak untuk dinikmati sambil nyahi (minum syahi) di sore hari atau menjelang tidur. Andaikan saja Ulil sadar bahwa langkah penyempurnaan 30 jus itu sangat mungkin punya efek yang amat luar biasa di antara langgam qira-at yang ada.”

Silakan nikmati Murattal Jawa Gus Ulil di sini:
·         Surat ar-Rahman: http://youtu.be/cbbTtPLNgSA
·         Surat Maryam: http://youtu.be/dxbLFHcdG1U

Sya’roni As-Samfuriy
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template