Home » , , , , , , » SEMANGAT DAKWAH CUCUNDA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANIY, KH. THOBARY SYADZILY

SEMANGAT DAKWAH CUCUNDA SYAIKH NAWAWI AL-BANTANIY, KH. THOBARY SYADZILY

Written By MuslimMN on Selasa, 05 November 2013 | 15.50


KH. Thobary Syadzily adalah Pengasuh Pondok Pesantren al-Husna yang berada di Jl. Raya M. Toha No. 51 Rt. 02/02 Priuk Jaya, Tangerang, Banten. Beliau juga merupakan Ketua Umum Sarkub, salah satu perkumpulan pejuang Aswaja dalam membentengi aqidah ummat dari aqidah-aqidah yang melenceng.

Beliau adalah seorang kyai keturunan Syaikh Nawawi al-Bantani dan Syaikh Abdul Karim bin Syaikh Bukhari. Kedua kakeknya itu merupakan ulama besar pada zamannya yang diakui keilmuannya oleh dunia.

Syaikh Nawawi al-Bantani dan Syaikh Abdul Karim di masa perjalanan dakwahnya, sama-sama memegang peranan penting dalam menyelamatkan aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah, khususnya dari faham Wahabi. Walau ada perbedaan, Syaikh Nawawi al-Bantani lebih memegang kitab-kitab klasik, sedangkan Syaikh Abdul Karim lebih mengembangkan thariqah yang dianutnya, yakni Thariqah Qadiriyyah wa Naqsyabandiyyah.

Semenjak kecil hingga dewasa KH. Thobary sudah akrab dengan pendidikan dan kegiatan agama. Disamping belajar formal, Kyai Thobary juga menimba ilmu di beberapa pondok pesantren salaf yang khusus membahas kitab-kitab kuning. Diantara pondok pesantren yang pernah beliau singgahi adalah:

1.      Pondok Pesantren Bantar Gedang Kecamatan Cibeureum Tasikmalaya, untuk mendalami ilmu nahwu dan sharaf.
2.      Pondok Pesantren Riyadhul Alfiyah Sadang Garut Jawa Barat, juga untuk mendalami ilmu nahwu dan sharaf.
3.      Pondok Pesantren Darul Hikam Cibeureum Sukabumi Jawa Barat, untuk mendalami ilmu manthiq, balaghah dan maqulat.
4.      Pondok Pesantren Darul Ahkam Padarincang Serang Banten, untuk mendalami ilmu fiqh khususnya kitab Fath al-Mu’in dan ilmu faraid.
5.      Pondok Pesantren Mursyidul Falah Kampung Sawah Rengasdengklok Karawang Jawa Barat, untuk mendalami ilmu tauhid dan ilmu ushul fiqh.
6.      Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, belajar ilmu tafsir dan hadits, organisasi dan ilmu research (penelitian) selama 5 tahun.

Disamping kesibukannya sebagai penceramah dan Pengasuh Pondok Pesantren al-Husna di Tangerang Banten, Kyai Thobary juga diberi beberapa amanah diantaranya sebagai:

1.      Ketua Lajnah Falakiyah PWNU Provinsi Banten.
2.      Ketua Lajnah Falakiyah PCNU Kota Tangerang.
3.      Anggota Tim Fatwa dan Hukum MUI Kota Tangerang.
4.      Pengurus Dewan Masjid Indonesia Kota Tangerang.
5.      Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran.
6.      Pengurus Masjid Raya al-Ahzab.
7.      Anggota Tim Nasional Kementrian Agama.

Dalam dunia pendidikan formal, KH. Thobary Syadzily pernah pernah kuliah di UNDAR (Universitas Darul Ulum) jurusan Hubungan Internasional, dan di Fakultas FISIP yang juga mengambil jurusan Hubungan Internasional, keduanya di Jombang Jawa Timur. Beliau lulus setelah menyelesaikan skripsinya yang berjudul Politik Luar Negeri Amerika Serikat dalam Penyelesaian Damai Palestina Pasca Perang Dingin. Penelitian ini dilakukannya di CSIS (Center Strategic and International Studies) di Tanah Abang Jakarta Pusat.

Dilihat dari latar belakang keluarga dan beberapa latar pendidikan, bisa kita nilai bahwa KH. Thobary adalah orang yang berilmu luas. Apalagi setelah kita mengenal lebih dekat dengan beliau, maka akan terlihat dengan jelas seberapa besar kompetensi beliau dalam menguasai berbagai macam cabang ilmu, khususnya ilmu agama.

Eksistensi dunia dakwah yang beliau tanamkan dalam hati sejak kecil, tidak hanya terlihat dalam dakwahnya di beberapa kota di tanah air dan di pondok pesantren yang ia asuh, tetapi juga kepada khalayak umum khususnya anak muda lewat media sosial seperti facebook, twitter dll. Langkah ini beliau tempuh sebagai upaya untuk membendung bahaya wabah Wahabi yang semakin berkembang di dunia maya. Beliau berharap, orang awam khususnya anak muda akan lebih memfilter diri agar tidak menyimpang dari ajaran para ulama dan salaf shaleh.

Melihat semakin punahnya kitab-kitab klasik Ahlussunnah yang masih asli, KH. Thobary menganjurkan untuk menscan dan mencetak ulang beberapa kitab klasik, terlebih kitab-kitab tauhid seperti kitab Fath al-Majid, ‘Aqidat al-‘Awam, Fath al-‘Awam, as-Sanusiyyah dll. Karena dengan membaca dan mempelajari beberapa kitab klasik yang asli tersebut, maka pemuda-pemuda Aswaja akan mempunyai bekal ilmu yang banyak untuk menangkis faham Wahabi. Sebab belajar tidak hanya mendengar, tetapi juga harus mempunyai pegangan sebagai pendukung untuk melawan faham tersebut seperti pegangan beberapa kitab klasik yang dimilikinya.

Perlu diketahui bahwa, dalam dakwahnya membendung faham Wahabi, KH. Thobary Syadzily tentu menggunakan cara yang persuasif (bil hikmah wal mau’idzatil hasanah). Amat sangat dihindari oleh beliau cara dakwah dengan caci-maki maupun kekerasan. Terbukti beliau beberapa kali lebih memilih mendatangi langsung (face to face) para tokoh Wahabi dari berbagai daerah. Salah satunya adalah Mahrus Ali, tokoh Wahabi Jombang yang menulis sebuah buku yang dalam judulnya ditulis Mantan Kyai NU. Juga salah seorang tokoh Wahabi yang produktif menulis, Hartono Ahmad Jaiz, pernah didatanginya.

Terakhir keberhasilannya dalam mementahkan hujjah-hujjah Wahabi, terlihat pada usaha investigasinya terhadap tayangan-tayangan Khazanah Trans7 yang banyak menyinggung amalan-amalan Nahdliyin, seperti maulid, istighatsah, ziarah kubur, dzikir bersama dan lain sebagainya dikatan sebagai amalan bid’ah, syirik dan sesat. Sidang investigasi itu diprakarsai oleh tim Sarkub bersama perwakilan dari pihak KPI, NU, FPI, MUI dan tim Khazanah Trans7.

Walau dalam sidang tersebut pihak Khazanah Trans7 telah mengakui kesalahannya dan berjanji akan memperbaikinya, namun pada perkembangan selanjutnya tetap saja mereka menyebarkan faham Wahabinya dan selalu saja menghantam amalan-amalan Aswaja khususnya amalan Nahdliyin.

Usaha telah dilaksanakan sebaik mungkin, tak ada caci-maki dan bentuk kekerasan, itulah yang tercermin dari dakwah sosok KH. Thobary Syadzily. Yang terpenting baginya adalah melaksanakan kewajiban dakwah, menyampaikan apa yang seharusnya disampaikan, dan hidayah sepenuhnya mutlak dari Allah Swt. Semoga kita semuanya senantiasa dikaruniai hidayah oleh Allah Swt. sehingga ketika wafat dalam keadaan iman dan Islam. Aamiin.


Sya’roni As-Samfuriy, 06 Nopember 2013

Koleksi foto-foto bisa dilihat di sini:


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template