Home » » JAMA'AH ASY-SYAHADATAIN di "Simpang Jalan"

JAMA'AH ASY-SYAHADATAIN di "Simpang Jalan"

Written By MuslimMN on Minggu, 02 September 2012 | 03.04


JAMA'AH ASY-SYAHADATAIN di "Simpang Jalan"



Jama’ah adalah sebuah forum dan komunitas yang berfungsi sebagai ajang silaturahim dan komunikasi dalam rangka menyamakan persepsi tentang visi dan misi organisasi dan jama’ah. Kedisiplinan dalam organisasi jama’ah bisa mempengaruhi dalam kualitas melaksanakan kegiatan dalam jama’ah tersebut. Hal ini dibuktikan dengan pengendalian oleh pemimpin yang professional akan menghasilkan optimalitas kegiatan.
Syaikhuna Abah Umar bin Isma’il bin Yahya adalah seorang guru Mursyid yang di satu sisi sebagai pemimpin yang professional dalam memanage keberlangsungan jama’ah melalui memberdayakan murid-muridnya yang notebene adalah tokoh agama di masyarakat sekitar. Hasil yang dicapai waktu itu adalah hidupnya kegiatan jama’ah Asy-Syahadatain baik di kota maupun di pelosok daerah yang terpencil.
Hal tersebut seharusnya menjadi inspirasi bagi kita semua bahwa Syaikhunal Mukarrom Abah Umar mengajarkan kepada kita semua tentang fungsi dan urgensitas organisasi Jama’ah. Jauh di seberang jalan ada oknum yang tidak mengerti dan tidak mau mengerti tentang organisasi di dalam jama’ah Asy-Syahadatain. Argumentasi mereka adalah Abah Umar tidak mengajarkan berorganisasi dan Abah Umar hanya mengajarkan ubudiyah sehari-hari. Sementara itu di seberang jalan yang lain ada oknum yang mengatasnamakan organisasi tetapi hanya ingin hidup dari organisasi bukan menghidupkan organisasi. Oknum tersebut hanya mencari kepentingan pribadi di atas kepentingan jama’ah.
Dua sisi yang sangat berbeda yang sama-sama bisa menghancurkan dan memporakporandakan jama’ah, itulah yang bisa digambarkan melalui keadaan tersebut. Problem tersebut bisa kita hadapi dan bisa kita cegah dengan dua cara yaitu reoptimalisasi peran pimpinan jama’ah di daerah dengan reorganisasi yang bersifat tambal sulam dan pemberdayaan Masyayikh jama’ah Asy-Syahadatain dengan membentuk sebuah majlis.

Share this article :

1 komentar:

  1. Assalamualaikum. Perkenalkan saya dari Desa Munjul Pesantren - Cirebon. DI sini, terutama di pesantren kami mengamalkan ajaran dari Syaikhunal Mukarrom Abah Sepuh (Demikian kami menyebut Syaikhuna Abah Umar bin Isma’il bin Yahya).
    Dari ulasan saudara nampaknya saudara cukup mengenal ajaran beliau yang lebih dikenal dengan ajaran Syahadat. karenanya jamaah ini disebut sebagai Jamaah Asy-Syahadatain.
    Tetapi dari biodata saudara, saya lihat saudara tidak pernah mondok/ mesantren di pesantren Asy-Syahadatain di Munjul Cirebon.
    Saya hanya penasaran saja dan bermaksud berkenalan dengan saudara. terima kasih.
    email saya: muzambik@gmail.com
    atau klik KLIK DI SINI

    BalasHapus

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template