BAB CEBOK
(Istinjâ’; Cleaning from Defecation)
1. ISTINJÂ’ MEMAKAI TISU
Pada zaman sekarang, segala sesuatu dituntut dilakukan dengan praktis dan efisien, tak terkecuali masalah bersuci. Sekarang sudah tersedia kertas tisu sebagai ganti air untuk bersuci sehabis buang hajat. Bolehkah ber-istinjâ’ (bersuci) dengan menggunakan tisu?
Jawab: Diperbolehkan.
Referensi:
بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 44 مكتبة دار الفكر
( فائدة ) يَجُوْزُ اِلاسْتِنْجَاءُ بِأَوْرَاقِ الْبَيَاضِ الْخَالِيْ عَنْ ذِكْرِ اللهِ تَعَالَى كَمَا فِي اْلإِيْعَابِ وَيَحْرُمُ اِلاسْتِجْمَارُ بِالْجُدْرَانِ الْمَوْقُوْفَةِ وَالْمَمْلُوْكَةِ لِلْغَيْرِ قَالَهُ سم اهـ
2. BUANG HAJAT TELANJANG BULAT SAAT KONDISI SEPI
Sebagian masyarakat pedalaman, terdapat sebuah kebiasaan, yaitu; ketika sedang membuang hajat (kotoran) di sungai atau diperkebunan, mereka dengan santainya membuka aurat tanpa mempertimbangkan dampak negatif yang terjadi pada dirinya. Bagaimana hukum membuka aurat (telanjang bulat) ketika sedang buang hajat, sementara kondisinya sedang sepi?
Jawab: Boleh, apabila tidak ada seorang pun yang melihat auratnya.
Referensi:
حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ 192 مكتبة دار الفكر
قَالَ فِي الْمَجْمُوعِ وَهَذَا اْلأَدَبُ مُتَّفَقٌ عَلَى اسْتِحْبَابِهِ وَمَحَلُُّهُ إذَا لَمْ يَكُنْ ثَمَّ مَنْ لاَ يَغُضُُّ بَصَرَهُ عَنْ نَظْرِ عَوْرَتِهِ مِمَّنْ يَحْرُمُ عَلَيْهِ نَظْرُهَا وَإِلاَ وَجَبَ اِلإسْتِتَارُ وَعَلَيْهِ يُحْمَلُ قَوْلُ النَّوَوِيِّ فِي شَرْحِ مُسْلِمٍ يَجُوزُ كَشْفُ الْعَوْرَةِ فِي مَحَلِّ الْحَاجَةِ فِي الْخَلْوَةِ كَحَالَةِ اِلإغْتِسَالِ وَالْبَوْلِ وَمُعَاشَرَةِ الزَّوْجَةِ أَمَّا بِحَضْرَةِ النَّاسِ فَيَحْرُمُ كَشْفُهَا اهـ
3. SIKAP ORTU TERHADAP ANAK KECIL SAAT BUANG HAJAT
Nakal, merupakan bagian dari kehidupan anak-anak. Mereka masih sering buang hajat di sembarang tempat, bahkan terkadang menghadap kiblat. Apakah orang tua boleh membiarkan perbuatan anak-anak tersebut, mengingat mereka masih belum balîgh?
Jawab: Tidak diperbolehkan, karena orang tua atau orang lain wajib untuk mencegah mereka dari kemungkaran, walaupun mereka belum mukallaf, sesuai dengan konsep Amar Ma’rûf Nahi Munkar.
Referensi:
حاشية الجمل الجزء 1 صحـ : 85 مكتبة دار الفكر
ثُمَّ قَالَ ع ش عَلَى م ر وَقَضِيَّةُ قَوْلِهِمْ يَجِبُ عَلَى وَلِيِّ الصَّبِيِّ الْمُمَيِّزِ نَهْيُهُ عَنِ الْمُحَرَّمَاتِ أَنَّهُ يَجِبُ مَنْعُهُ مِنْ اِلإسْتِقْبَالِ وَالإسْتِدْبَارِ حَيْثُ امْتَنَعَا عَلَى الْمُكَلَّفِ بَلْ يَنْبَغِيْ وُجُوبُ ذَلِكَ عَلَى غَيْرِ الْوَلِيِّ أَيْضًا لاِنَّ إزَالَةَ الْمُنْكَرِ عِنْدَ الْقُدْرَةِ وَاجِبَةٌ وَإِنْ لَمْ يَأْثَمْ الْفَاعِلُ اهـ سم عَلَى أَبِي شُجَاعٍ
4. BANGUNAN BEKAS WC
Apakah status WC yang dibongkar hukumnya seperti semula, yakni; boleh menghadap ke arah kiblat ketika sedang buang hajat atau tidak?
Jawab: Tidak seperti semula. Karena dengan dibongkarnya WC tersebut, maka status dan hukumnya hilang.
Referensi:
فتاوى الرملي الجزء 1 صحـ : 38 مكتبة الإسلامية
سُئِلَ عَنْ أَخْلِيَةٍ بِأَطْرَافِ خَرَابِ الْبَلَدِ مَثَلاً خَرَبَتْ بِحَيْثُ لَمْ يَبْقَ أَثَرٌ لِجُدْرَانِهَا وَصَارَتْ فَضَاءً مَهْجُورًا وَلاَ يَتَرَدَّدُ النَّاسُ إلَيْهِ فَهَلْ حُكْمُهَا اْلأَوَّلُ مِنْ جَوَازِ التَّخَلِّي بِهَا مُسْتَقْبِِلَ الْقِبْلَةِ وَمُسْتَدْبِرَهَا مِنْ غَيْرِ سُتْرَةٍ شَرْعِيَّةٍ بَاقٍ أَوْزَالَ وَعَلَى اِلاسْتِمْرَارِ أَيُّ فَرْقٍ بَيْنَ هَذِهِ وَبَيْنَ هَذِهِ فِي الصَّحْرَاءِ عَلَى هَيْئَتِهَا لَكِنْ لَمْ يُسْبَِقْ لَهَا اتِّخَاذٌ لِلتَّخَلِّيْ ( فَأَجَابَ ) بِأَنَّهُ قَدْ زَالَ حُكْمُ اْلأَخْلِيَةِ الْمَذْكُورَةِ عَنْهَا بِخَرَابِهَا الْمَذْكُورَةِ فَقَدْ صَرَّحُوا بِأَنَّ الْمُسَافِرَ بِتَرْخِيصٍ قَبْلَ مُجَاوَزَةِ الْخَرَابِ الْمُنْدَرِسِ وَصَرَّحَ جَمَاعَةٌ مِنْ الْمُتَأَخِّرِينَ بِأَنَّ السُّوْرَ الْمُنْهَدِمَ كَالْعَدَمِ اهـ
5. MENUTUP AURAT SAAT BUANG HAJAT
Kebiasaan buruk yang sering dilakukan para sopir diantaranya adalah kencing di pinggir jalan atau pohon-pohon disepanjang jalan. Maklum, mungkin karena tidak pernah mengeyam pendidikan agama atau memang tidak mau tahu, yang penting praktis. Sebatas mana aurat yang harus ditutupi ketika buang hajat ditempat yang bukan semestinya?
Jawab: Aurat yang harus ditutup adalah anggota antara pusar sampai dengan lutut.
Referensi:
حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 189 مكتبة دار الفكر
( قَوْلُهُ مُرْتَفِعٌ ) أَيْ فِي حَقِّ الْجَالِسِ وَعَلَّلَهُ اْلأَصْحَابُ بِأَنَّ ذَلِكَ يَسْتُرُ مِنْ سُرَّتِهِ إلَى مَوْضِعِ قَدَمَيْهِ وَأَخَذَ مِنْهُ وَالِدُ شَيْخِنَا أَنَّهُ لَوْ قَضَى حَاجَتَهُ قَائِمًا لاَ بُدَّ أَنْ يَسْتُرَ مِنْ سُرَّتِهِ إلَى مَوْضِعِ قَدَمَيْهِ صِيَانَةً لِلْقِبْلَةِ وَإِنْ كَانَتِ الْعَوْرَةُ تَنْتَهِي لِلرُّكْبَةِ اهـ ح ل
6. MAKSUD MENGHADAP DAN MEMBELAKANGI KIBLAT
Ketika buang air besar pada selain tempat yang disediakan, haram menghadap atau membelakangi kiblat. Apakah yang dimaksud dengan menghadap atau membelakangi kiblat dalam hal ini?
Jawab: Yaitu haram menghadap kiblat ketika buang air kecil dan haram membelakangi kiblat ketika buang air besar, bukan sebaliknya.
Referensi:
حاشية البجيرمي على المنهج الجزء 1 صحـ : 55 مكتبة دار الفكر العربي
وَقَالَ ق ل عَلَى الْجَلاَلِ هُمَا عَلَى اللَّفِّ وَالنَّشْرِ الْمُرَتَّبِ أَيْ لاَ تَسْتَقْبِلُوْهَا بِبَوْلٍ وَلاَ تَسْتَدْبِرُوْهَا بِغَائِطٍ ِلأَنَّ اِلاسْتِقْبَالَ جَعْلُ الشَّيْءِ قُبَالَةَ الْوَجْهِ وَاِلاسْتِدْبَارُ جَعْلُ الشَّيْءِ جِهَةَ دُبُرِهِ فَلَوِ اسْتَقْبَلَ وَتَغَوَّطَ أَوِ اسْتَدْبَرَ وَبَالَ لَمْ يَحْرُمْ وَكَذَا لَوِ اسْتَقْبَلَ وَلَوَّى ذَكَرَهُ يَمِينًا أَوْ يَسَارًا اهـ وَقَوْلُهُ لَمْ يَحْرُمْ مُعْتَمَدٌ
حاشية الجمل الجزء 1 صحـ : 84 مكتبة دار الفكر
( تَنْبِيهٌ ) لاَ يَخْفَى أَنَّ الْمُرَادَ بِاسْتِدْبَارِهَا كَشْفُ دُبُرِهِ إلَى جِهَتِهَا حَالَ خُرُوجِ الْخَارِجِ مِنْهُ بِأَنْ يَجْعَلَ ظَهْرَهُ إلَيْهَا كَاشِفًا لِدُبُرِهِ حَالَ خُرُوجِ الْخَارِجِ وَأَنَّهُ إذَا اسْتَقْبَلَ أَوِ اسْتَدْبَرَ وَاسْتَتَرَ مِنْ جِهَتِهَا لاَ يَجِبُ اِلإسْتِتَارُ أَيْضًا عَنْ الْجِهَةِ الْمُقَابِلَةِ لِجِهَتِهَا وَإِنْ كَانَ الْفَرْجُ مَكْشُوفًا إلَى تِلْكَ الْجِهَةِ حَالَ الْخُرُوجِ ِلأَنَّ كَشْفَ الْفَرْجِ إلَى تِلْكَ الْجِهَةِ لَيْسَ مِنْ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ وَلاَ مِنْ اسْتِدْبَارِهَا خِلاَفًا لِمَا تَوَهَّمَهُ كَثِيرٌ مِنْ الطَّلَبَةِ لِعَدَمِ مَعْرِفَتِهِمْ مَعْنَى اسْتِقْبَالِهَا وَاسْتِدْبَارِهَا فَعُلِمَ أَنَّ مَنْ قَضَى الْحَاجَتَيْنِ مَعًا لَمْ يَجِبْ عَلَيْهِ غَيْرُ اِلاسْتِتَارِ مِنْ جِهَةِ الْقِبْلَةِ إذَا اسْتَقْبَلَهَا أَوِ اسْتَدْبَرَهَا فَتَفَطَّنْ لِذَلِكَ اهـ سم اهـ شَوْبَرِيٌّ
7. ALAT KELAMIN MENGHADAP KIBLAT
Hal yang dianggap maklum menurut Kang Santri, belum tentu maklum menurut masyarakat, sekalipun hal itu memang sepele. Kendati demikian, kadang kita sebagai konsultan, terkadang acuh untuk menyikapinya. Contoh kecil saja, terkait tata krama ketika buang hajat, dimana bagi orang yang buang hajat, tidak diperkenankan untuk menghadap kiblat atau membelakanginya. Namun yang menjadi masalah, anggota bagian manakah seseorang yang sedang buang hajat dikatakan menghadap atau membelakangi kiblat?
Jawab: Terletak hanya pada dua kemaluannya (qubul & dubur). Sehingga hukumnya tidak apa-apa ketika sedang kencing, dada dan wajahnya dihadapkan ke kiblat, sementara penisnya dipalingkan ke arah selain kiblat.
Referensi:
حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 189 مكتبة دار الفكر
الْمُرَادُ بِاِلاسْتِقْبَالِ وَاِلاسْتِدْبَارِ أَنْ يَسْتَقْبِلَ أَوْ يَسْتَدْبِرَ الْقِبْلَةَ بِعَيْنِ الْخَارِجِ لاَ بِالصَّدْرِ حَتَّى لَوِ اسْتَدْبَرَ الْقِبْلَةَ وَبَالَ أَوِ اسْتَقْبَلَهَا وَثَنَّى ذَكَرَهُ لِغَيْرِ جِهَتِهَا وَبَالَ فَلاَ حُرْمَةَ اهـ
8. MEMAKAI TISU HABIS KENCING YANG KEDUA KALINYA
Jika bekas air seni pertama telah kering sementara belum disucikan, kemudian kencing lagi untuk kedua kalinya. Apakah diperbolehkan bersuci menggunakan batu atau tisu?
Jawab: Boleh dan dianggap cukup.
Referensi:
فتاوى الرملي الجزء 1 صحـ : 37 مكتبة الإسلامية
(سُئِلَ) عَنْ شَخْصٍ جَفَّ بَوْلُهُ ثُمَّ بَالَ ثَانِيًا فَوَصَلَ بَوْلُهُ إلَى مَا وَصَلَ إلَيْهِ بَوْلُهُ اْلأََوَّلُ بِأَنَّهُ يَكْفِي فِيهِ الْحَجَرُ أَمْ لاَ (فَأَجَابَ) بِأَنَّهُ يَكْفِيْ فِيهِ الْجَامِدُ وَمِثْلُهُ الْغَائِطُ الْمَائِعُ اهـ
9. MENGUSAP DENGAN TANGAN SAAT TERPAKSA
Mengotori tubuh, baju atau yang lain, dengan benda najis hukumnya tidak boleh. Bolehkah mengusap dzakar menggunakan tangan, karena tidak ada alat untuk ber-istinjâ’, dengan tujuan ketika menemukan air akan membasuhnya?
Jawab: Diperbolehkan, supaya najisnya tidak menyebar kemana-mana.
Referensi:
فتاوى الرملي الجزء 1 صحـ : 37 مكتبة الإسلامية
( سُئِلَ ) عَمَّنْ قَضَى حَاجَتَهُ وَلَمْ يَجِدْ مَاءً يَسْتَنْجِي بِهِ هَلْ يَجُوزُ لَهُ أَنْ يَتَنَشَّفَ بِيَدِهِ عَازِمًا عَلَى غَسْلِهَا كَمَا أَفْتَى بِهِ النُّورُ الْمَحَلِّيُّ أَمْ لاَ كَمَا هُوَ قَضِيَّةُ كَلاَمِهِمْ فَأَجَابَ بِأَنَّهُ يَجُوزُ لَهُ تَنْشِيْفُ مَحَلِّ النَّجْوِ بِيَدِهِ إنْ خَافَ مِنْ عَدَمِهِ انْتِشَارَ النَّجَاسَةِ فِي بَدَنِهِ أَوْ ثَوْبِهِ لِحَاجَتِهِ إلَيْهِ وَإِلاََّ فَلاَ يَجُوزُ لَهُ اهـ
10. TRUK SEBAGAI PENUTUP KETIKA BUANG HAJAT
Lagi-lagi pak sopir dengan kebiasaannya buang hajat sembatangan. Tapi pak sopir yang satu ini, sebut saja Rossi, orangnya agak faham walaupun hanya kebetulan. Ia jika buang air kecil, disamping diarahkan ke ban truknya dan juga truk tersebut dijadikan penutup sâtir (penutup). Cukupkah truk tersebut diposisikan sebagai sâtir (penutup)?
Jawab: Cukup.
Referensi:
مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج الجزء 1 صحـ : 157 مكتبة دار الكتب العلمية
وَيَحْصُلُ السَّتْرُ بِرَاحِلَةٍ أَوْ وَهْدَةٍ أَوْ إرْخَاءِ ذَيْلِهِ هَذَا إنْ كَانَ بِصَحْرَاءَ أَوْ بِنَاءٍ لاَ يُمْكِنُ تَسْقِيفُهُ كَأَنْ جَلَسَ فِي وَسَطِ مَكَانٍ وَاسِعٍ كَبُسْتَانٍ فَإِنْ كَانَ بِبِنَاءٍ يُمْكِنُ تَسْقِيفُهُ أَيْ عَادَةً كَفَى كَمَا فِي أَصْلِ الرَّوْضَةِ قَالَ فِي الْمَجْمُوعِ وَهَذَا اْلأَدَبُ مُتَّفَقٌ عَلَى اسْتِحْبَابِهِ وَمَحَلُّهُ كَمَا قَالَ شَيْخُنَا إذَا لَمْ يَكُنْ ثََمََّ مَنْ لاَ يَغُضُّ بَصَرَهُ عَنْ نَظْرِ عَوْرَتِهِ مِمَّنْ يَحْرُمُ عَلَيْهِ نَظْرُهَا وَإِلاََّ وَجَبَ اِلاسْتِتَارُ اهـ
11. DEHEM-DEHEM SAAT BUANG HAJAT
Berbicara atau ngobrol disaat buang hajat, termasuk suatu hal yang tidak dianjurkan oleh syari’at. Fenomena yang terjadi WC umum, ketika dari luar ada yang mau masuk dan mengetuk pintu, orang yang berada di kamar WC tersebut hanya bersuara dehem-dehem sebagai tanda ada yang sedang buang hajat. Bagaimana hukum dehem-dehem ketika sedang buang hajat?
Jawab: Tidak makruh, karena dehem-dehem bukan termasuk bicara.
Referensi:
حاشية الجمل الجزء 1 صحـ : 88 مكتبة دار الفكر
وَهَلْ مِنْ الْكَلاَمِ مَا يَأْتِيْ بِهِ قَاضِي الْحَاجَةِ مِنْ الْتَنَحْنُحِ عِنْدَ طَرْقِ بَابِ الْخَلاَءِ مِنْ الْغَيْرِ لِيَعْلَمَ هَلْ فِيهِ أَحَدٌ أَمْ لاَ فِيهِ نَظَرٌ وَاْلأَقْرَبُ أَنَّ مِثْلَ هَذَا لاَ يُسَمَّى كَلاَمًا وَبِتَقْدِيرِهِ فَهُوَ لِحَاجَةٍ وَهِيَ دَفْعُ دُخُولِ مَنْ يَطْرُقُ الْبَابَ عَلَيْهِ لِظَنِِّهِ خُلُوََّ الْمَحَلّ اهـ ع ش عَلَى م ر
12. ANAK KECIL MASUK WC TERKAIT DENGAN DO’A
Baginda Nabi Saw. telah bersabda, “Bagi seseorang yang hendak masuk WC dianjurkan membacaأَللّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوذُبِكَ مِنَ الخُبُثِ وَالخَبَائِثِ “. Namun hal demikian, kayaknya agak sulit jika dipraktekkan pada anak kecil yang masuk WC. Apakah bagi orang tua disunahkan membaca do'a untuk anaknya?
Jawab: Bagi orang tua disunnahkan membaca do'a dengan lafadz
يعوذبك -إني أعيذه بك
Referensi:
حاشية الجمل الجزء 1 صحـ : 92 مكتبة دار الفكر
( فَرْعٌ ) دَخَلَ الْخَلاَءَ بِطِفْلٍ لِقَضَاءِ حَاجَةِ الطِّفْلِ فَهَلْ يُسَنُّ أَنْ يَقُولَ عَلَى وَجْهِ النِّيَابَةِ عَنِ الطِّفْلِ بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إنِّيْ أَعُوذُ بِكَ أَوْ يَقُولَ إنَّهُ يَعُوذُ بِكَ أَوْ لاَ يُسَنُّ قَوْلُ شَيْءٍ مِنْ ذَلِكَ فِيهِ نَظَرٌ وَلاَ يَبْعُدُ أَنْ يَقُولَ إنَّهُ يَعُوذُ بِك أَوْ إنِّيْ أُعِيذُهُ بِكَ وَفِي ظَنِّيْ أَنَّ الْغَاسِلَ لِلْمَيِّتِ يَقُولُ بَعْدَ الْغُسْلِ مَا يَقُولُهُ الْمُغْتَسِلُ وَيَقُولُ اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ مِنْ التَّوَّابِينَ إلَخْ أَوِ اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُ إلَخْ فَلْيُرَاجَعْ شَرْحُ الْمِنْهَاجِ أَوْ شَرْحُ الْعُبَابِ فِي غُسْلِ الْمَيِّتِ اهـ سم عَلَى الْمَنْهَجِ وَمِنْ ذَلِكَ إرَادَةُ أُمِّ الطِّفْلِ وَضْعَ الطِّفْلِ فِي مَحَلٍّ لِقَضَاءِ حَاجَتِهِ وَمِنْهُ إجْلاَسُهُ عَلَى مَا يُسَمُّوْنَهُ بِالْقَصْرِيَّةِ فِي عُرْفِهِمْ اهـ ع ش
13. MEMBACA DO’A-DO’A KETIKA WUDLU’ DI KAMAR MANDI
Manyoritas masyarakat ketika membuat kamar mandi, biasanya di sandingkan juga tempat buang air besar (WC dan sesamanya). Padahal kita mengenal, bahwa ketika berwudlu dianjurkan untuk membaca basmalah atau dzikir dan lain sebagaimana. Sementara kita juga dituntut tidak berdzikir di tempat-tempat yang mempunyai kesamaan dengan WC.
Pertanyaan:
a. Sebatasmana sebuah tempat dapat dikategorikan sebagaiالخلاء (WC) yang akan berkonsekwensi makruhnya melakukan dzikir di dalamnya?
Jawab: Yang dapat dikatagorikan (الخلاء) adalah:
Tempat yang disediakan untuk (الخلاء) .
Tempat yang yang pernah terpakai guna buang hajat (qadli al-hâjat).
Tempat yang disebut sebagai (الخلاء) secara urf karena sering digunakan untuk buang hajat (qadli al- hâjat).
Referensi:
حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 44 مكتبة دار الكتب العربية
( وَلاَ يَسْتَقْبِلُ الْقِبْلَةَ وَلاَ يَسْتَدْبِرُهَا ) أَدَبًا فِي الْبُنْيَانِ ( وَيَحْرُمَانِ بِالصَّحْرَاءِ ) قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إذَا أَتَيْتُمْ الْغَائِطَ فَلاَ تَسْتَقْبِلُوا الْقِبْلَةَ وَلاَ تَسْتَدْبِرُوْهَا بِبَوْلٍ وَلاَ غَائِطٍ وَلَكِنْ شَرِّقُوْا أَوْ غَرِّبُوْا رَوَاهُ الشَّيْخَانِ وَرَوَيَا أَيْضًا أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَضَى حَاجَتَهُ فِي بَيْتِ حَفْصَةَ مُسْتَقْبِلَ الشَّامِ مُسْتَدْبِرَ الْكَعْبَةَ وَرَوَى ابْنُ مَاجَهْ وَغَيْرُهُ بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ كَمَا قَالَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ أَنَّهُ عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ ذُكِرَ عِنْدَهُ أَنَّ نَاسًا يَكْرَهُونَ اسْتِقْبَالَ الْقِبْلَةِ بِفُرُوجِهِمْ أَوْقَدْ فَعَلُوْهَا حَوِّلُوْا بِمَقْعَدَتِي إلَى الْقِبْلَةِ فَجَمَعَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ بَيْنَ هَذِهِ اْلأَحَادِيثِ بِحَمْلِ أَوَّلِهَا الْمُفِيدِ لِلتَّحْرِيْمِ عَلَى الصَّحْرَاءِ لاِنَّهَا لِسَعَتِهَا لاَ يَشُقُّ فِيْهَا اجْتِنَابُ الإسْتِقْبَالِ وَالإسْتِدْبَارِ بِخِلاَفِ الْبُنْيَانِ فَقَدْ يَشُقُّ فِيهِ اجْتِنَابُ ذَلِكَ فَيَجُوزُ فِعْلُهُ كَمَا فَعَلَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِبَيَانِ الْجَوَازِ وَإِنْ كَانَ اْلأَوْلَى لَنَا تَرْكَه نَعَمْ يَجُوزُ فِعْلُهُ فِي الصَّحْرَاءِ إذَا اسْتَتَرَ بِمُرْتَفَعٍ قَدْرَ ثُلُثَيْ ذِرَاعٍ فَأَكْثَرَ وَقَرُبَ مِنْهُ عَلَى ثَلاَثَةِ أَذْرُعٍ فَأَقَلَّ وَيَحْرُمُ فِعْلُهُ فِي الْبُنْيَانِ إذَا لَمْ يَسْتَتِرْ فِيهِ عَلَى الْوَجْهِ الْمَذْكُورِ إلاَ أَنْ يَكُونَ فِي الْبِنَاءِ الْمُهَيَّأِ لِقَضَاءِ الْحَاجَةِ فَلاَ يَحْرُمُ وَإِنْ بَعُدَ السَّاتِرُ وَقَصَرَ ذِكْرَ ذَلِكَ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ وَغَيْرِهِ وَذَكَرَ فِيهِ أَنَّهُ لَوْ أَرْخَى ذَيْلَهُ قُبَالَةَ الْقِبْلَةِ حَصَلَ بِهِ السَّتْرُ فِي اْلأَصَحِّ وَالْمُرَادُ بِالذِّرَاعِ ذِرَاعُ اْلاَدَمِيِّ قَوْلُهُ ( الْمُهَيَّأِ ) أَيْ الْمُعَدِّ وَهُوَ يَحْصُلُ بِأَنْ يُهَيَّأَ لِذَلِكَ أَوْ بِقَضَاءِ الْحَاجَةِ فِيهِ مَعَ قَصْدِ الْعَوْدِ إلَيْهِ بِغَيْرِ بِنَاءٍ أَوْ يَتَكَرَّرُ قَضَاءُ الْحَاجَةِ فِيهِ مَرَّاتٍ يَعُدُّهُ الْعُرْفُ فِيهَا مُعَدًّا وَهَلْ نَحْوُ الْمَكَانِ الَّتِي جَرَتْ عَادَةُ النَّاسِ بِقَضَاءِ الْحَاجَةِ عَلَيْهَا مِنْ الْمُعَدِّ مَالَ شَيْخُنَا إلَى أَنَّهَا لَيْسَتْ مِنْهُ فَرَاجِعْهُ اهـ
b. Apakah masih disunahkan membaca bacaan yang disunahkan dalam wudlu, semisal bacaan basmalah dll., ketika berwudlunya disebuah tempat yang multifungsi (satu tempat yang dibuat wudlu dan buang hajat)?
Jawab: Tidak disunahkan bahkan makruh, sebab ada sebuah kaidah bahwa lebih baik mendahulukan larangan dari pada perintah (dalam hal ini antara anjuran dan larangan membaca do’a). Dan mengingat bahwa bacaan dzikir dalam wudlu masih ada alternatif lain yakni berdzikir dalam hati.
Referensi:
الموسوعة الفقية الجزء 34 صحـ : 12 مكتبة وزارة الأوقاف الكويتية
الذِّكْرُ إذَا كَانَ مَكَانُ الْخَلاَءِ هُوَ مَكَانَ الْوُضُوءِ قَالَ ابْنُ عَابِدِينَ لَوْ تَوَضَّأَ فِي الْخَلاَءِ فَهَلْ يَأْتِي بِالْبَسْمَلَةِ وَغَيْرِهَا مِنْ أَدْعِيَةِ الْوُضُوءِ مُرَاعَاةً لِسُنَّتِهِ أَوْ يَتْرُكُهَا مُرَاعَاةً لِلْمَحَلِّ قَالَ الَّذِي يَظْهَرُ الثَّانِي لِتَصْرِيحِهِمْ بِتَقْدِيمِ النَّهْيِ عَلَى اْلأَمْرِ وَهُوَ مُقْتَضَى مَا عِنْدَ الْحَنَابِلَةِ مِنْ أَنَّ التَّسْمِيَةَ فِي الْوُضُوءِ وَاجِبَةٌ وَأَنَّ الذِّكْرَ بِالْقَلْبِ لاَ يُكْرَهُ وَذَهَبَ الْمَالِكِيَّةُ إلَى أَنَّهُ يُكْرَهُ الذِّكْرُ فِي الْخَلاَءِ اهـ
14. MEKANISME ISTINJÂ’ YANG PALING UTAMA
Dalam Islam tidak mengenal istilah memberatkan, apalagi dalam urusan ibadah. Sebagai bukti nyata, diantaranya adalah bagi seseorang yang membuang hajat diperbolehkan menggunakan tisu untuk membersihkan kotoranya sebagai pengganti dari air.
Pertanyaan:
a. Adakah cara yang lebih utama prihal bersuci menggunakan batu, tisu dan sesamanya?
Jawab: Ada, sebagaimana berikut:
Batu pertama diusapkan sampai merata pada bagian kanan, kemudian diarahkan bagian kiri, sehingga kembali ke tempat semula.
Batu kedua kebalikan dari yang pertama.
Batu yang ketiga diratakan pada bagian sekitar lubang dubur (jalan belakang).
Referensi:
المجموع الجزء 2 صحـ : 124 مكتبة مطبعة المنيرية
( وَأَمَّا حُكْمُ الْمَسْأَلَةِ ) فَفِي كَيْفِيَّةِ الاِسْتِنْجَاءِ ثَلاَثَةُ أَوْجُهٍ أَحَدُهَا يُمِرُّ حَجَرًا مِنْ مُقَدَّمِ الصَّفْحَةِ الْيُمْنَى وَيُدِيرُهُ عَلَيْهَا ثُمَّ عَلَى الْيُسْرَى حَتَّى يَصِلَ الْمَوْضِعَ الَّذِي بَدَأَ مِنْهُ ثُمَّ يُمِرُّ الْحَجَرَ الثَّانِيَ مِنْ أَوَّلِ الصَّفْحَةِ الْيُسْرَى إلَى آخِرِهَا ثُمَّ عَلَى الْيُمْنَى حَتَّى يَصِلَ مَوْضِعَ ابْتِدَائِهِ ثُمَّ يُمِرُّ بِالثَّالِثِ عَلَى الْمَسْرُبَةِ وَهَذَا قَوْلُ ابْنِ أَبِي هُرَيْرَةَ – إلى أن قال - وَاتَّفَقَ اْلأَصْحَابُ عَلَى أَنَّ الصَّحِيحَ هُوَ الْوَجْهُ اْلأَوَّلُ لأنَّهُ يَعُمُّ الْمَحَلَّ بِكُلِّ حَجَرٍ
b. Sebatas manakah cara bersuci dengan memakai batu dianggap cukup?
Jawab: Apabila memenuhi dua hal:
Dengan tiga kali usapan, sekiranya setiap kali usapan mampu mengusap seluruh tempat najis.
Tempat yang diusap harus bersih sampai menyisakan sisa-sisa yang tidak bisa dihilangkan kecuali dengan air.
Referensi:
نهاية الزين صحـ : 16 مكتبة الحرمين
أمَّا شُرُوْطُهُ مِنْ حَيْثُ اسْتِعْمَالُهُ فَأَمْرَانِ أَحَدُهُمَا ثَلاَثُ مَسَحَاتٍ بِحَيْثُ يَعُمُّ بِكُلِّ مَسَحَةٍ الْمَحَلَّ وَلَوْ بِأَطْرَافِ حَجَرٍ ثَانِيْهِمَا إِنْقَاءُ الْمَحَلِّ بِحَيْثُ لاَ يَبْقَى إِلاَّ قَدْرٌ لاَ يُزِيْلُهُ إِلاَّ الْمَاءُ أَوْ صِغَارُ الْخَزَفِ فَإِنْ لَمْ يَحْصُلْ اْلإِنْقَاءُ بِالثَّلاَثِ وَجَبَتِ الزِّيَادَةُ عَلَيْهَا حَتَّى يَحْصُلَ اْلإِنْقَاءُ اهـ
15. PEREMPUAN BER-ISTINJÂ’ DENGAN TISU
Syari'at tidak pernah mengenal diskriminasi atau membeda-bedakan hukum antar sesama. Semua manusia dibumi ini akan mendapatkan hukum yang sama, sehingga dalam permasalahan membersihkan kotoranpun, kaum hawa diperbolehkan memakai tisu sebagaimana kaum adam.
Pertanyaan:
a. Bagaimana caranya bersuci dengan tisu bagi seorang perempuan?
Jawab: Cukup diusap sampai dibagian farji yang kelihatan ketika jongkok.
Referensi:
المجموع الجزء 2 صحـ : 129 مكتبة مطبعة المنيرية
قَالَ الشَّافِعِيُّ وَاْلأَصْحَابُ وَيَلْزَمُ الثَّيِّبَ أَنْ تُوَصِّلَ الْحَجَرَ إلَى الْمَوْضِعِ الَّذِي يَجِبُ إيصَالُ الْمَاءِ إلَيْهِ فِي غُسْلِ الْجَنَابَةِ وَيَجِبُ إيصَالُ الْمَاءِ إلَى مَا يَظْهَرُ عِنْدَ جُلُوْسِهَا عَلَى قَدَمَيْهَا وَإِنْ لَمْ يَظْهَرْ فِي حَالِ قِيَامِهَا نَصَّ عَلَيْهِ الشَّافِعِيُّ وَاْلأَصْحَابُ وَشَبَّهَهُ الشَّافِعِيُّ بِمَا بَيْنَ اْلأَصَابِعِ وَلاَ يَبْطُلُ صَوْمُهَا بِهَذَا قَالَ الرُّويَانِيُّ قَالَ أَصْحَابُنَا مَا وَرَاءَ هَذَا فِي حُكْمِ الْبَاطِنِ فَلاَ تُكَلَّفُ إيصَالَ الْمَاءِ وَالْحَجَرِ إلَيْهِ وَيَبْطُلُ الصَّوْمُ بِالْوَاصِلِ إلَيْهِ
b. Apakah ada perbedaan antara wanita janda dan wanita perawan dalam menghilangkan kotoran dengan menggunakan batu?
Jawab: Secara umum sama, hanya saja terkadang seorang janda ketika buang air kecil, air kencingnya bisa keluar sampai bagian anggota farji (vagina) yang bawah. Dengan demikian, maka harus dibasuh menggunakan air.
Referensi:
المجموع الجزء 2 صحـ : 129 مكتبة مطبعة المنيرية
( الرَّابِعَةُ ) قَالَ أَصْحَابُنَا الرَّجُلُ وَالْمَرْأَةُ وَالْخُنْثَى الْمُشْكِلُ فِي اسْتِنْجَاءِ الدُّبُرِ سَوَاءٌ وَأَمَّا الْقُبُلُ فَأَمْرُ الرَّجُلِ فِيهِ ظَاهِرٌ وَأَمَّا الْمَرْأَةُ فَنَصَّ الشَّافِعِيُّ رحمه الله عَلَى أَنَّ الْبِكْرَ وَالثَّيِّبَ سَوَاءٌ فَيَجُوزُ اقْتِصَارُهُمَا عَلَى الْحَجَرِ وَبِهَذَا قَطَعَ جَمَاهِيرُ اْلأَصْحَابِ فِي الطَّرِيْقَتَيْنِ وَقَطَعَ الْمَاوَرْدِيُّ بِأَنَّ الثَّيِّبَ لاَ يُجْزِئُهَا الْحَجَرُ حَكَاهُ الْمُتَوَلِّي وَالشَّاشِيُّ وَصَاحِبُ الْبَيَانِ وَجْهًا وَهُوَ شَاذٌّ وَالصَّوَابُ اْلأَوَّلُ قَالَ اْلأَصْحَابُ لاِنَّ مَوْضِعَ الثِّيَابَةِ وَالْبِكَارَةِ فِي أَسْفَلِ الْفَرْجِ وَالْبَوْلُ يَخْرُجُ مِنْ ثَقْبٍ فِي أَعْلَى الْفَرْجِ فَلاَ تَعَلُّقَ لأحَدِهِمَا بِاْلأخَرِ فَاسْتَوَتْ الْبِكْرُ وَالثَّيِّبُ إلاَ أَنَّ الثَّيِّبَ إذَا جَلَسَتْ انْفَرَجَ أَسْفَلُ فَرْجِهَا فَرُبَّمَا نَزَلَ الْبَوْلُ إلَى مَوْضِعِ الثِّيَابَةِ وَالْبِكَارَةِ وَهُوَ مَدْخَلُ الذَّكَرِ وَمَخْرَجُ الْحَيْضِ وَالْمَنِيِّ وَالْوَلَدِ فَإِنْ تَحَقَّقَتْ نُزُولُ الْبَوْلِ إلَيْهِ وَجَبَ غَسْلُهُ بِالْمَاءِ وَإِنْ لَمْ تَتَحَقَّقْ اُسْتُحِبَّ غَسْلُهُ وَلاَ يَجِبُ اهـ
16. KENCING DI KOLAM RENANG
Labib adalah pemuda yang hobinya berenang, baik ia lakukan di sungai atau kolam renang (termasuk jeding). Masalahnya adalah, Ia belum bisa menghilangkan kebiasaan buruknya, yaitu suka kencing di sungai atau di kolam saat ia berenang. Bagaimana hukum kencing di sungai atau di kolam renang disaat berenang?
Jawab: Jika airnya sedikit, maka hukumnya makruh, baik airnya mengalir atau diam. Sedangkankan menurut Imam Nawawi hukumnya haram.
Referensi:
حاشية الجمل الجزء 1 صحـ : 89 مكتبة دار الفكر
وَأَنْ لا يَقْضِيَ حَاجَتَهُ فِي مَاءٍ رَاكِدٍ ولا فِي جُحْرٍ وَمَهَبِّ رِيحٍ وَمُتَحَدَّثٍ لِلنَّاسِ وَتَحْتَ مَا يُثْمِرُ لِلنَّهْيِ عَنْ الْبَوْلِ فِيهِ فِي خَبَرِ مُسْلِمٍ وَمِثْلُهُ الْغَائِطُ بَلْ أَوْلَى وَالنَّهْيُ فِي ذَلِكَ لِلْكَرَاهَةِ وَإِنْ كَانَ الْمَاءُ قَلِيلا لإِمْكَانِ طُهْرِهِ بِالْكَثْرَةِ أَمَّا الْجَارِي فَفِي الْمَجْمُوعِ عَنْ جَمَاعَةٍ الْكَرَاهَةُ فِي الْقَلِيلِ مِنْهُ دُونَ الْكَثِيرِ ثُمَّ قَالَ وَيَنْبَغِي أَنْ يَحْرُمَ الْبَوْلُ فِي الْقَلِيلِ مُطْلَقًا لأَنَّ فِيهِ إتْلافًا عَلَيْهِ وَعَلَى غَيْرِهِ وَأَمَّا الْكَثِيرُ فَالأَوْلَى اجْتِنَابُهُ اهـ
17. HABIS CEBOK TANGAN MASIH BAU KOTORAN
Bagi seseorang yang bersuci menggunakan air, katika dipastikan sudah bersih, kadang tangan yang digunakan untuk membersihkan kotoran tersebut masih berbau kotoran. Apakah wajib bersuci kembali Jika tangannya masih tercium bau kotoran?
Jawab: Ada dua versi dalam hal ini:
Versi pertama; dengan terdapatnya bau kotoran ditangannya, menunjukkan najis yang terdapat pada alat kemaluan belum hilang, oleh karena itu dia wajib bersuci lagi. Dan disunnahkan mencium tangannya.
Versi kedua; tidak wajib mengulang lagi. Sebab bau tersebut menunjukkan masih terdapatnya najis hanya pada tangan saja. Dan baginya tidak sunnah mencium.
Catatan: Perbedaan di atas, jika bau tersebut tidak sulit untuk dihilangkan. Namun apabila sulit dihilangkan setelah ada upaya, maka dihukumi suci.
Referensi:
المجموع الجزء 2 صحـ : 128 مكتبة مطبعة المنيرية
( الثَّالِثَةُ ) إذَا أَرَادَ الاسْتِنْجَاءَ فِي الدُّبُرِ بِالْمَاءِ اُسْتُحِبَّ أَنْ يَعْتَمِدَ عَلَى أُصْبُعِهِ الْوُسْطَى لأَنَّهُ أَمْكَنُ ذَكَرَهُ الْمَاوَرْدِيُّ وَغَيْرُهُ وَيَسْتَعْمِلُ مِنْ الْمَاءِ مَا يَظُنُّ زَوَالَ النَّجَاسَةِ بِهِ فَإِنْ فَعَلَ ذَلِكَ ثُمَّ شَمَّ مِنْ يَدِهِ رَائِحَةَ النَّجَاسَةِ فَوَجْهَانِ حَكَاهُمَا الْمَاوَرْدِيُّ وَغَيْرُهُ ( أَحَدُهُمَا ) يَدُلُّ ذَلِكَ عَلَى بَقَاءِ النَّجَاسَةِ فَتَجِبُ إزَالَتُهَا بِزِيَادَةِ الْغَسْلِ وَعَلَى هَذَا يُسْتَحَبُّ شَمُّ الأُصْبُعِ قَالَ الْمَاوَرْدِيُّ وَهَذَا مُسْتَبْعَدٌ وَإِنْ كَانَ مَقُولا ( وَالثَّانِي ) لا يَدُلُّ عَلَى بَقَاءِ النَّجَاسَةِ فِي مَحِلِّ الاسْتِنْجَاءِ وَيَدُلُّ عَلَى بَقَائِهَا فِي الْأُصْبُعِ فَعَلَى هَذَا لا يُسْتَحَبُّ شَمُّ الأُصْبُعِ اهـ
حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 1 صحـ : 317 مكتبة دار الفكر
وَالْعَيْنِيَّةُ يَجِبُ إزَالَةُ صِفَاتِهَا مِنْ طَعْمٍ وَلَوْنٍ وَرِيحٍ إلا مَا عَسِرَ زَوَالُهُ مِنْ لَوْنٍ أَوْ رِيحٍ فَلا يَجِبُ إزَالَتُهُ بَلْ يَطْهُرُ الْمَحَلُّ – إلى أن قال- وَلا تَجِبُ الاسْتِعَانَةُ فِي زَوَالِ الأَثَرِ بِغَيْرِ الْمَاءِ إلا إنْ تَعَيَّنَتْ قَوْلُهُ ( يَجِبُ إزَالَةُ صِفَاتِهَا ) أَيْ بَعْدَ إزَالَةِ جُرْمِهَا ق ل وَإِزَالَةُ الصِّفَاتِ بِحَيْثُ يَغْلِبُ عَلَى ظَنِّهِ زَوَالُهَا وَلا يَجِبُ عَلَيْهِ اخْتِبَارُهَا بِالشَّمِّ وَالْبَصَرِ وَنَحْوِهِمَا قَوْلُهُ ( إلا مَا عَسِرَ زَوَالُهُ ) وَضَابِطُ الْعُسْرِ قَرْضُهُ ثَلاثَ مَرَّاتٍ مَعَ الاسْتِعَانَةِ الآتِيَةِ ا هـ ق ل وَالْقَرْضُ هُوَ الْحَتُّ بِأَطْرَافِ الأَصَابِعِ وَهُوَ بِالضَّادِ الْمُعْجَمَةِ أَوْ بِالصَّادِ الْمُهْمَلَةِ قَوْلُهُ ( مِنْ لَوْنٍ ) كَلَوْنِ الدَّمِ أَوْ رِيحٍ كَرِيحِ الْخَمْرِ بِحَيْثُ لا يَزُولُ بِالْمُبَالَغَةِ بِنَحْوِ الْحَتِّ وَالْقَرْضِ وَلَوْ مِنْ مُغَلَّظَةٍ سَوَاءٌ فِي ذَلِكَ الثَّوْبُ وَالأَرْضُ وَالإِنَاءُ وَقَوْلُهُ ( بَلْ يَطْهُرُ الْمَحَلُّ ) أَيْ طُهْرًا حَقِيقِيًّا لا أَنَّهُ نَجِسٌ مَعْفُوٌّ عَنْهُ حَتَّى لَوْ أَصَابَهُ بَلَلٌ لَمْ يَتَنَجَّسْ إذْ لَا مَعْنَى لِلْغُسْلِ إلا الطَّهَارَةُ وَالأَثَرُ الْبَاقِي مِمَّا يَشُقُّ الاحْتِرَازُ عَنْهُ اهـ
Home »
FIQIH ISLAM
» BAB CEBOK
BAB CEBOK
Written By MuslimMN on Minggu, 06 Februari 2011 | 17.11
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar