Home » » Pernyataan Sikap Resmi PBNU Soal Aksi Damai 4/11

Pernyataan Sikap Resmi PBNU Soal Aksi Damai 4/11

Written By MuslimMN on Senin, 07 November 2016 | 09.16



Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini mengapresiasi #AksiDamai411 sebagai bagian dari cara berdemokrasi yang beradab sebagai niat yang tulus untuk meluruskan etika kepemimpinan. Karena hakekat kepemimpinan adalah teladan yang baik (uswatun hasanah).

Ia menegaskan, tidak tepat untuk menstigma #AksiDamai411 sebagai ditunggangi kelompok-kelompok tertentu. Hal tersebut akan menimbulkan suasana hiruk-pikuk dalam masyarakat sementara persoalan sebenarnya yang menjadi penyebab timbulnya demonstrasi bisa-bisa malah terabaikan. “Lebih bijaksana adalah dengan memenuhi rasa keadilan masyarakat sesuai hukum dan perundangan yang berlaku.”

Pernyataan resmi sikap PBNU terkait kasus Ahok dan #AksiDamai411 dibacakan langsung Ketua Umum PBNU Prof. DR. KH. Saiq Aqil Siroj, MA usai menerima kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kantor PBNU, Jakarta, Senin (7/11/2016). Berikut pernyatan lengkap sikap resmi PBNU:

“Saatnya Memenuhi Rasa Keadilan Masyarakat”

بِسمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Mencermati perkembangan situasi dewasa ini, bersama ini kami tegaskan:

1.      Sebagai bagian dari cara berdemokrasi yang beradab dan niat yang tulus untuk meluruskan etika kepemimpinan, Kami mengapresiasi #AksiDamai411. Karena hakikat kepemimpinan adalah teladan yang baik (uswatun hasanah). Pemimpin tidak boleh berujar kalimat-kalimat kotor yang menimbulkan kontroversi bahkan melahirkan perpecahan. Pepatah mengatakan:

سَلاَمَةُ الْإِنْسَانِ فِيْ حِفْظِ اللِّسَانِ

“Keselamatan seseorang adalah dengan menjaga lisannya”.

Sekarang saatnya bagi kita untuk memperkokoh tali ukhuwah, baik ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah (persaudaraan kebangsaan) bahkan ukhuwah insaniyah (persaudaraan kemanusiaan). Tidak tepat untuk menstigma bahwa #AksiDamai411 ditunggangi oleh kelompok-kelompok tertentu. Lebih bijaksana bagi semua pihak hendaknya mengambil pelajaran dari ##AksiDamai411 tersebut.

2.      Tugas aparat keamanan adalah menindak pihak-pihak yang ingin menodai niat luhur dari #AksiDamai411. Adapun mengenai kericuhan yang ditimbulkan, kami tidak yakin bahwa itu dilakukan para pengunjuk rasa #AksiDamai411. Kami justru menengarai hal itu dilakukan kelompok yang ingin merusak kemurnian dan niat suci dari tujuan gerakan Aksi Damai 4 November.

3.      Menyayangkan kelambanan pemerintah dalam melakukan komunikasi politik dengan rakyatnya. Mendesak kepada pemerintah untuk segera melakukan dialog yang lebih intensif dengan seluruh lintas tokoh pemuka agama sehingga terbangun suasana kondusif.

4.      Menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu-padu, senantiasa membangun ukhuwah dan memperkokoh ikatan kebangsaan kita.

Semoga peristiwa ini menjadi pelajaran yang paling berharga bagi kita sebagai bangsa agar tidak terulang di kemudian hari.

Allahu Akbar, NKRI Harga Mati.

Jakarta, 7 November 2016

Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, MA              DR. Ir. H. A. Helmy Faishal Zaini
Ketua Umum                                            Sekretaris Jenderal




Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template