Home » , , » Innalillah Ulama Besar Syria; Syaikh Rajab Dieb Wafat

Innalillah Ulama Besar Syria; Syaikh Rajab Dieb Wafat

Written By MuslimMN on Rabu, 15 Juni 2016 | 10.43



Innalillahi wainna ilaihi raji'un. Dunia Islam hari ini kembali kehilangan salah seorang ulama kharismatik Syria. Sosok ulama ahli tafsir, hadits, guru besar thariqah Naqsyabandiyah, al-Allamah asy-Syaikh DR. Rajab Dieb. Semoga Allah Swt. mengampuni seluruh dosa dan kesalahannya dan diterima seluruh amal shalihnya serta ditempatkan di surga Firdaus bersama para gurunya. Amin.

Profil Singkat Syaikh Rajab Dieb

Syaikh Rojab Dieb dilahirkan di Damaskus pada tahun 1931 M. Beliau mulai menuntut ilmu sejak berumur 7 tahun, dan beliau juga selalu aktif menghadiri pengajian-pengajian di Masjid Besar Umawy. Berguru kepada ulama-ulama besar pada saat itu, dan mendapatkan ijazah keilmuan dari para ulama tersebut hingga beliau memasuki jenjang kuliah di Fakultas Dakwah Islamiyah cabang Damaskus. Beliau berhasil menyelesaikan kuliahnya dan lulus dengan predikat Jayyid (baik) pada tahun 1988, dan beliau meraih gelar Doktor dari Pakistan.

Sampai saat ini Syaikh Rajab dipercayai sebagai pengajar ilmu agama di Majlis Fatwa Kementrian Wakaf Syria. Beliau seorang penghafal al-Quran, dan saat ini beliau sudah menghafal lebih dari 40.000 hadits.

Kiprah beliau dalam bidang dakwah Islamiyah yang moderat sudah tidak diragukan lagi, baik di level lokal maupun internasional. Banyak sekali negara-negara yang telah beliau kunjungi, mulai dari Amerika, Perancis, Maroko, Pakistan, termasuk Indonesia dan kesemuanya adalah untuk menyebarkan ajaran Islam dan mengajak seluruh umat Islam untuk berdzikir (ingat) kepada Allah, karena hanya dengan itulah umat Islam bisa maju dan berkembang.

Di Indonesia Syaikh Rajab tercatat sudah mengunjungi Pondok Pesantren Modern Darunnajah Jakarta, Pondok Pesantren Darul Quran Ustadz Yusuf Mansyur, Pondok Pesantren al-Hikam KH. Hasyim Muzadi dan Pondok Pesantren Salaf lainnya. Selain itu, beliau juga sudah sering diundang dalam rangka kegiatan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga yang dibawah naungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama terutama lembaga Jam'iyah Ahlut Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyah (JATMAN) di bawah pimpinan Maulana Habib M. Luthfi bin Yahya.

Dalam sebuah pertemuan dengan jamaah, Habib Luthfi bin Yahya pernah mengatakan bahwa Syaikh Rajab Dieb merupakan wali Allah daerah Suriah (Syria). Wallahu a'lam. (Sumber: Habib Muhdor Ahmad Assegaf).

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template