Home » , , , , » PUJI-PUJIANNYA MEMBUAT TAKJUB ULAMA MESIR

PUJI-PUJIANNYA MEMBUAT TAKJUB ULAMA MESIR

Written By MuslimMN on Sabtu, 04 Januari 2014 | 19.35



a.    Kunjungan Al-Habib Umar Bin Hafidz Ke Mesir, Keharumannya Telah Tercium”

Beberapa tahun yang lalu, al-Habib Umar bin Hafidz berkunjung ke Mesir. Dalam kunjungannya tersebut, beliau memnyempatkan untuk berziarah kepada seorang ulama Mesir yang cukup berpengaruh di negaranya. Beliau dikenal memiliki bashirah (pandangan hati yang tajam) walaupun mata beliau tidak bisa melihat (buta).

Ketika itu al-Habib Umar bin Hafidz ditemani oleh muridnya, al-Habib Ali al-Jufri, dan beberapa orang lainya. Sebelum mereka sampai ke tempat sang syaikh, sang syaikh lebih dulu tahu, beliau berkata: “Aku mencium bau harum dari ulama Hadhramaut.”

Tak lama kemudian, al-Habib Umar beserta rombongan pun datang. Al-Habib Umar pun mulai beramah tamah dengan syaikh tersebut.

Tatkala ziarah dirasa cukup, al-Habib Umar pun memerintahkan seorang munsyid dari rombongan beliau untuk melantunkan sebuah qasidah. Munsyid itu pun memilih untuk membawakan qasidah karya al-Habib Umar. Ternyata qasidah itu membuat sang syaikh ta’jub. Ketika qosidah telah selesai dilantunkan, sang syaikh langsung bertanya: “Qasidah ini karya siapa?”

Ketika munsyid itu hendak mengatakan bahwa qasidah itu adalah karya al-Habib Umar, ternyata al-Habib Umar mendahuluinya dengan berkata: “Ini adalah salah satu karya ulama Hadhramaut.” (jawaban ini menunjukkan ketawadhuan beliau).

Syaikh itu pun menanggapi jawaban itu: “Kalau sekiranya ulama itu masih hidup, maka dia berhak untuk didatangi oleh orang-orang dan orang-orang itu belajar kepadanya serta mengambil manfaat darinya. Kalau ulama itu telah meninggal, maka kuburannya berhak untuk diziarahi.”

Walaupun al-Habib Umar sering mendapatkan pujian seperti ini, beliau tidak pernah merasa bangga, buktinya beliau sering sekali menyempatkan waktunya untuk menziarahi para ulama yang telah sepuh di negara yang dikunjunginya. Maka, sudah sepatutnya bagi kita untuk mencintai para ulama dan kaum shalihin, karena kecintaan itu insya Allah akan memberikan kita manfaat di dunia dan akhirat kelak. Wallahu A’lam.


b.    Sekilas Tentang Puji-pujian Kepada Nabi Saw. Syirik?

•    Pertanyaan: “Apa pendapatmu tentang mendengarkan dan mendendangkan puji-pujian terhadap Nabi Saw.? Karena yang kudengar ada beberapa kalimatnya masuk ke dalam kategori syirik, wal’iyadzu billah.”

•    Jawaban al-Habib Muhammad Assegaf: “Puji-pujian adalah obat baginya dan ungkapan luapan kerinduannya kepada Rasulullah Saw. Adapun hubungannya dengan syirik sungguh teramat jauh. Karena Rasulullah Saw. telah berhasil melenyapkannya dari umatnya. Lebih dari 150 sahabat Nabi Saw. suka (hoby) menyenandungkan syi’ir-syi’ir pujian kepada Rasulullah Saw. Adapun yang termasyhur diantara mereka adalah Sayyiduna Hasan bin Tsabit Ra. yang mana Rasulullah Saw. pernah mendoakannya atas perbuatannya itu dengan doa: “Ya Allah kuatkanlah ia dengan Ruh al-Quds (Jibril As.) (HR. Muslim).” Dan tak ada perbedaan pendapat sama sekali atas permasalahan ini.”


(Sumber kisah: Habib Abdul Aziz Al-Hinduwan, santri Darul Musthafa li al-Habib Umar bin Hafidz: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=790398297653406).

Sya’roni As-Samfuriy, Cilangkap Jaktim 05 Januari 2014
______________________________
Allahumma sholli wasallim wabarik ‘ala Sayyidina Muhammadin wa’ala Aalihi wa Shahbihi ajma’in. Silakan halal dicopas maupun dishare semua dan selamanya, semoga bermanfaat.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template