Home » , , » KERENDAHHATIAN DUA SAHABAT, SAYYIDINA ABU BAKAR RA. DAN SAYYIDINA ALI KW.

KERENDAHHATIAN DUA SAHABAT, SAYYIDINA ABU BAKAR RA. DAN SAYYIDINA ALI KW.

Written By MuslimMN on Jumat, 02 Agustus 2013 | 03.39

KERENDAHHATIAN DUA SAHABAT, SAYYIDINA ABU BAKAR RA. DAN SAYYIDINA ALI KW.

“Saduran Taushiyah Syaikh Muhammad Hisyam Kabbani”

Dikisahkan dalam salah satu hadits bahwa suatu hari Sayyidina Abu Bakar Ra. dan Sayyidina Ali Kw. berkunjung ke rumah Rasulullah Saw. Sesampainya di depan pintu rumah Rasulullah Saw., tidak ada yang berani untuk mengetuk pintu rumah beliau Saw. Dan terjadilah dialog di antara keduanya:

Abu Bakar: “Engkau saja yang mengetuk pintu wahai Ali.”

Ali: “Engkau saja. Bagaimana saya berani padahal bersama saya orang yang Rasulullah telah  mengatakan kepadaku: “Orang yang dari terbit fajar hingga kembali lagi yang paling mulia hingga hari akhir, setelah Rasulullah adalah Abu Bakar.” Engkau saja ya Abu Bakar.”

Abu Bakar: “Bagaimana saya berani padahal bersama saya orang yang Rasulullah telah  mengatakan kepadaku: “Orang yang paling utama dan yang berhak diberi keutamaan yang paling utama dariku (Nabi Muhammad Saw.) adalah Ali bin Abi Thalib.” Karena itu engkau saja wahai Ali.”

Ali: “Engkau saja. Bagaimana saya berani padahal bersama saya orang yang Rasulullah Saw. telah  mengatakan kepadaku: “Siapa yang ingin melihat hatinya, qalbunya Sayyidina Ibrahim As. dialah Abu Bakar.”

Abu Bakar: “Bagaimana saya berani padahal bersama saya orang yang Rasulullah Saw. telah  mengatakan kepadaku: “Yang ingin melihat Nabi Musa As. dengan seluruh mu’jizatnya, melihat Nabi Isa As. dengan kezuhudannya dan mu’jizatnya dan melihatku (Nabi Muhammad Saw.) dengan keutamaannya dialah Ali bin Abi Thalib.”

Begitulah teladan dari para sahabat yang begitu tawadhu’, mudah-mudahan dari membaca ini kita bisa meniru ketawadhu’an para sahabat Rasulullah Saw. Aamiin.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template