SUMBER PERPECAHAN DALAM ISLAM

Written By MuslimMN on Selasa, 18 Desember 2012 | 03.40



INILAH SUMBER PERPECAHAN DALAM ISLAM



Sumber 72 Firqah adalah dari 7 Firqah

Di dalam kitab Bughyat al-Mustarsyidin karangan as-Sayyid al-Habib Abdurrahman bin Muhammad bin Husein bin Umar, yang terkenal dengan gelar Ba’alawi, cetakan Mathba’ah Amin Abdul Majid Kairo (Mesir) tahun 1960M/1381 H halaman 398, bahwa 72 firqah yang sesat itu bertumpu pada 7 firqah yaitu:

1.       Faham Syi’ah, kaum yang berlebih-lebihan memuja Sayyidina Ali bin Abi Thalib Kw. Mereka tidak mengakui Khulafaur Rasyidin yang lain seperti Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq, Khalifah Umar bin Khattab dan Khalifah Utsman bin Affan. Kaum Syi’ah terpecah menjadi 22 aliran, termasuk diantaranya adalah Kaum Bahaiyah dan Kaum Ahmadiyah Qadyan.
2.       Faham Khawarij, yaitu kaum kaum yang berlebih-lebihan membenci Sayyidina Ali bin Abi Thalib, bahkan diantaranya ada yang mengkafirkan Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Firqah ini berfatwa bahwa orang-orang yang membuat dosa besar menjadi kafir. Kaum Khawarij terpecah menjadi 20 aliran.
3.       Faham Mu’tazilah, yaitu kaum yang berfaham bahwa Tuhan tidak mempunyai sifat, bahwa manusia membuat pekerjaannya sendiri, Tuhan tidak bisa dilihat dengan mata dalam surga, orang yang mengerjakan dosa besar diletakkan di antara dua tempat, dan mi’raj Nabi Muhammad Saw. hanya dengan roh saja, dll. Kaum Mu’tazilah terpecah menjadi 20 aliran, termasuk diantaranya adalah Kaum Qadariyah.
4.       Faham Murjiah, yaitu kaum yang memfatwakan bahwa membuat maksiat (kedurhakaan) tidak memberi mudharat jika sudah beriman, sebaliknya membuat kebaikan dan kebajikan tidak bermanfaat jika kafir. Kaum ini terpecah menjadi 5 aliran.
5.       Faham Najariyah, yaitu kaum yang memfatwakan bahwa perbuatan manusia adalah makhluk, yaitu dijadikan Tuhan, tetapi mereka berpendapat bahwa sifat Tuhan tidak ada. Kaum Najariyah terpecah menjadi 3 aliran.
6.       Faham Jabariyah, yaitu kaum yang memfatwakan bahwa manusia “majbur”, artinya tidak berdaya apa-apa. Kasab atau usaha tidak ada sama sekali. Kaum ini hanya 1 aliran.
7.       Faham Musyabbihah, yaitu kaum yang memfatwakan bahwa ada keserupaan Tuhan dengan manusia, misal bertangan, berkaki, duduk di kursi, naik dan turun tangga dll. Kaum ini hanya 1 aliran saja. Kaum Ibnu Taimiyah termasuk dalam golongan ini, dan Kaum Wahabi adalah termasuk kaum pelaksana dari faham Ibnu Taimiyah.

Jika ditambah dengan 1 aliran lagi yaitu Ahlussunnah wal Jama’ah maka menjadi 73 firqah, seperti yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad Saw. dalam hadits riwayat Imam at-Tarmidzi.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template