K.H. AMIN SEPUH (Babakan Ciwaringin
Cirebon)
Diceritakan disebuah majelis, almarhum KH. Abdul Mujib
Ridlwan, Putra KH. Ridlwan Abdullah Pencipta lambang NU, mengajukan sebuah
pertanyaan, “Kenapa Perlawanan Rakyat
Surabaya itu terjadi 10 November 1945, kenapa tidak sehari atau dua hari
sebelumnya padahal pada saat itu tentara dan rakyat sudah siap?”
Melihat tak satupun diantara yang hadir dalam majelis itu
dapat menjawab, pertanyaan itu dijawab sendiri oleh Kiai Mujib, “Jawabannya adalah saat itu belum diizinkan
Hadratusy Syaikh KH. Hasyim Asy’ari untuk memulai pertempuran, Mengapa tidak
diizinkan? ternyata Kiai Hasyim Asy’ari menunggu kekasih Allah dari Cirebon
yang akan datang menjaga Langit Surabaya, Beliau Adalah KH. ABBAS ABDUL JAMIL
dari pesantren buntet Cirebon dan KH AMIN SEPUH dari Pesantren Babakan
Ciwaringin Cirebon.”
KH Amin Sepuh adalah seorang ulama legendaris dari Cirebon,
selain dikenal sebagai ulama, beliau juga pendekar yang menguasai berbagai ilmu
bela diri dan kanuragan, Beliau juga seorang pakar kitab Kuning sekaligus
jagoan perang.
Kiyai Amin bin Irsyad, atau yang lebih dikenal dengan sebutan
Kiyai Amin Sepuh, lahir pada Hari jum’at 24 Djulhijjah 1300 H, bertepatan
dengan tahun 1879 M, di Mijahan Plumbon, Cirebon, Jawa Barat. Beliau
adalah AHLUL BAIT, dari silsilah Syech Syarif
Hidayatullah. (Baca Siilsilah Bani Amin, KH. Mudakkir)
Kiyai Amin kecil yang belajar kepada ayahnya kiyai Irsyad (wafat
di Mekkah) adalah contoh santri kelana tulen, yang berkelana ke berbagai tempat
untuk menuntut ilmu dari para ulama yang mumpuni. Setelah dirasa cukup
menguasai dasar-dasar ilmu agama dari sang ayah, dan ilmu kanuragan tentunya,
beliau dipindahkan kepesantren Sukasari, Plered, Cirebon dibawah asuhan Kiyai
Nasuha, setelah itu pindah kesebuah pesantren di daerah Jatisari di bawah
bimbingan Kiyai Hasan.
Beliau juga sempat mesantren di Pesantren Kaliwungu Kendal
(kakak angkatan KH.Ru’yat), lalu ke Pesantren Mangkang Semarang.
Berikutnya Beliau pindah kesebuah pesantren Jawa Tengah
Tepatnya daerah Tegal, yang diasuh oleh Kiyai Ubaidah.
Lalu pindah lagi kepesantren yang waktu itu sangat kondang di
Jawa Timur, yakni Pesantren Bangkalan Madura, belajar pada Hadratusy Syeh KH.
CHOLIL, beliau di bawah asuhan Kiyai Hasyim Asy’ari, pendiri NU (waktu itu KH.
Hasyim Asy’ari masih Tahassus/Ustadz pada KH Cholil). Yang kemudian diteruskan
di Pesantren Tebuireng Jombang, Beliau takhassus/mengabdi
pada KH. Hasyim Asy’ari, karena sama-sama alumni KH. Cholil Bangkalan.
Belum kenyang belajar di Pesantren Tebuireng, Beliau bertolak
ke tanah Arab, untuk memperdalam ilmu, di negeri ini beliau sempat belajar
kepada Kiyai Mahfudz Termas Asal Pacitan, Jawa Timur, Salah seorang ulama
nusantara Kesohor di Kota Makkah.
Sebagai santri yang sudah cukup matang, di waktu senggang
beliau banyak ditugasi untuk mengajar para santri Mukim (pelajar Indonesia yang
tinggal di Makkah).
Pada Masa penjajahan, para santri Kelana inilah yang menjadi
mediator antar pesantren untuk melawan penjajah. Sementara pesantren di manapun
adanya selalu menjadi basis perlawanan yang menakutkan bagi penjajah, para
santri kelana ini menyebarkan informasi dari satu tempat ketempat yang lain
dari satu pesantren kepesantren yang lain. tak jarang mereka juga yang memimpin
perlawanan.
Berdasar amanah ayahandanya, Kiyai Irsyad, (yang masih cucu
dari Ki Jatira/pendiri Pesarean Babakan Ciwaringin Cirebon, dari pihak ibu),
Kiyai Amin agar belajar di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin pada Kiyai
Ismail bin Nawawi yang juga masih keturunan Kiai Jatira (pendiri Pesarean
Babakan Ciwaringin Cirebon). Berarti Kiai Amin Sepuh dan Kiai Jatira sama-sama
dari Mijahan, Plumbon, Cirebon dan masih berhubungan cicit.
Ketika mesantren di Babakan Ciwaringin Beliau dikenal dengan
sebutan Santri Pinter, karena beliau pandai mengaji. Beliau kemudian takhassus /Pengabdian di pesantren ini lalu
dinikahkan dengan keponakan dari Kiyai Ismail.
Setelah Kiyai Ismail wafat, tepatnya tahun 1916, pengasuh
Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin diteruskan oleh muridnya yang menjadi
menantu keponakannya yakni Kiyai Muhammad Amin bin Irsyad, yang lebih dikenal
Kiyai Amin Sepuh karena keilmuannya dan berasal dari tempat yang sama dengan
leluhur dan moyangnya, Kiyai Jatira, dari Mijahan.
Bermodal ilmu pengetahuan yang telah ia peroleh serta upaya
mengikuti perkembangan islam yang terjadi di timur tengah pada umumnya mulailah
Kiyai AMIN SEPUH memegang tampuk pimpinan Pesantren Babakan Ciwaringin,
peninggalan nenek moyangnya itu, dengan penuh kesungguhan.
Kiyai Muda Energik ini, selain mengajarkan berbagai Khazanah
kitab kuning juga memperkaya pengetahuan para santrinya dengan ilmu keislaman
modern yang mulai berkembang saat itu. Meski demikian, Seperti halnya pada
kebanyakan pesantren, ilmu fiqih tetap menjadi kajian yang sangat
diprioritaskan, sebab ilmu ini menyangkut tata kehidupan sehari-hari masyarakat
dan individu, dengan sikafnya itu Kiai Amin semakin dikenal di seluruh Jawa
sebagai seorang ulama yang sangat alim dan berpemikiran Progresif.
Pasca Revolusi Kemerdekaan beliau terus mengembangkan
Pesantren dengan berbagai aral melintang. Bahkan yang dahsyat adalah ketika
Agresi Belanda II, tepatnya tahun 1952 Pondok Pesantren diserang Belanda.
Dikarenakan KH. Amin Sepuh sebagai sesepuh cirebon merupakan pejuang yang
menentang penjajah. Pondok dibakar dan dikepung. Para santri pergi dan para
Pengasuh beserta keluarga mengungsi.
Dua tahun kemudian, tahun 1954, Kiyai Sanusi yang masih salah
satu murid KH. Amin Sepuh adalah orang yang pertama kali datang dari
pengungsiannya. Sisa-sisa kitab suci berantakan, termasuk kitab-kitab karya KH.
Amin Sepuh, habis dibakar, bangunan hancur dan nampak angker. Semua itu secara
bertahap dibereskan lagi.
Tahun 1955 KH. Amin Sepuh kembali ke Babakan, kemudian para
santri banyak berdatangan dari berbagai pelosok. KH. Amin sepuh yang menjadi
pengasuh Pondok Gede kembali memberikan pelajaran-pelajaran agama kepada para
santrinya. Santri Beliau yang makin lama makin meluap. Pondok Raudhotut
Tolhibin tidak dapat menampung para santri. Hingga santrinya dititipkan di rumah-rumah
ustadznya seperti KH. Hanan, di rumah KH. Sanusi, dsb. hingga kelak anak
cucunya membentuk dan mengembangkan pesantren-pesantren seperti sekarang ini.
Sehingga Pondok yang awalnya hanya satu (Ponpes Raudlotut Tholibin) sekarang
menjadi banyak. Alhamdulillah, tahun
2012 terdapat sekitar 40 Pondok di lingkungan Pesantren Babakan Ciwaringin
Cirebon.
Pada masa pengasuhan KH. Amin Sepuh, Pondok Gede Babakan
mencapai kemasyhuran dan masa keemasan serta banyak andil dalam
mencetak tokoh-tokoh agama yang handal, hampir semua Kiyai sepuh di wil 3
Cirebon bahkan menyebar ke pelosok Indonesia adalah muridnya, sebut saja Kang
Ayip Muh (kota Cirebon), KH. Syakur Yassin, KH. Abdullah Abbas (Buntet), KH
Syukron Makmun, KH. Hannan, KH Sanusi, KH.Machsuni (Kwitang), KH Hassanudin
(Makassar), di Babakan sendiri muridnya mendirikan pesantren seperti : KH.
Muhtar, KH Syaerozi, KH. Amin Halim, KH. Muhlas, KH Syarif Hud Yahya..dll.
Bahkan ribuan Mutakharrijin/alumni
telah tersebar di seluruh penjuru tanah air, dengan bermacam profesi dan
jabatan di masyarakat maupun lembaga pemerintahan, baik sipil maupun militer,
dari mulai Kepala Kantor Kementrian Agama Kota/Kabupaten sampai Kepala Kantor
wilayah Kemenag Propinsi, dari Dekan, Direktur Pasca Srjana sampai rektor
Perguruan Tinggi, dari Kapolres sampai Kapolda, dari Camat sampai Gubernur dan
ribuan pula yang telah menjadi pemimpin di masyarakat dan Pengasuh Pondok
Pesantren (Mama Tua, Karya Muhammad Mudzakkir)
Untuk artefak pesantren
Babakan Ciwaringin (Raudhotut Tholibin) sendiri masih eksis, sejak KH. Amien
Sepuh wafat pada tahun pada tahun 1972 dan KH. Sanusi wafat pada tahun M.1974
M, dan kepengurusan dilanjutkan oleh KH. Fathoni Amin sampai tahun 1986 M.
Setelah wafatnya KH. Fathoni Amin kepengurusan pesantren
dilanjutkan oleh KH. Bisri Amin ( wafat tahun 2000 M.) beserta KH. Fuad Amin (
wafat tahun 1997 M.) dan KH. Abdullah Amin ( wafat tahun 1999 M.) serta KH.
Amrin Hanan ( wafat tahun 2004 M.) dan KH. Azhari Amin (wafat tahun 2008 ) KH.
Drs. Zuhri Afif Amin wafat pada tahun 2010. setelah wafatnya KH. Drs Zuhri Afif
Amin, kepengurusan dilanjukan oleh cucu-cucu KH. Amin Sepuh dan Ulama serta
masyarakat yang berkompeten untuk kemajuan pesantren. Bahkan bukan pendidikan
agama saja yang mereka terapkan, pendidikan umumpun mereka terapkan terhadap
para santrinya. Dengan harapan, para santrinya dapat memenuhi semua
kewajibannya, baik kewajiban dunia maupun akhirat, serta menyelaraskannya
beriringan dan seimbang.
KH AMIN SEPUH Wafat pada Selasa 16.10, tanggal 16 Rabi’ul
Akhir 1392 H atau 20 Mei 1972 M, diusia yang hampir seabad. karyanya Abadi…
Sumber:
·
Silsilah Bani Amin, KH. Mudzakkir, 2008
·
30 Kisah Teladan, KH. Abdurrahman Arroisy.
·
Majalah Pengabdian Ummah, Jogyakarta.
·
Putra-putri KH. AMIN SEPUH.
·
Alumni Babakan.
semoga
bermanfaat dan menambah nambah rasa kecintaan kita kepada Para Ulama.
0 komentar:
Posting Komentar