AL-IMAM AL-HABIB HASAN BIN ABDULLAH BIN UMAR ASY-SYATHIRI (SHOHIBUL FIROSAH
SHODIQOH AL-MUKASYIF BI
NUURILLAH)
Beliau adalah Al-Imam Al-‘Allaamah Al-Faqih, Al-Waro’ Az-Zaahid Al-Mursyid
Al-‘Arif billaah Ad-Daalu ‘alaihi Ad-Daa’i ilallah bihaalihi wa
maqoolih Al-Qudwah Shohibul
Firosah Shodiqoh Al-Mukasyif
bi nuurillah Jammut Tawadhu’ Al-Ab asy-Syafiq Dzul Haibah fin Nufus Shohib al-‘Ain an Nadhirah salah
seorang Ahlul bait nabi SAW hal tersebut dapat dilihat dari nasab beliau yang
tersambung hingga Rasulullah SAW.
Nasab Beliau
Al-Habib As-Sayyid Hasan
bin Al-Imam Al-‘Allamah Syaikhul islam Al-Habib
Al-Quthb Abdullah bin Umar bin Ahmad bin Umar bin Ahmad bin
Umar bin Ahmad bin Ali bin Husein bin Muhammad bin Ahmad bin Umar bin Alawy Asy-Syathiri
bin Al-Faqih Ali bin Al-Qhodhi Ahmad
bin Muhammad Asadullah fi ardih bin Hasan At Turobi bin Ali bin Al Ustadz Al-A’dzom
Al-Faqih Al-Muqoddam Muhammad bin Ali
bin Muhammad shohib Mirbath bin Ali Kholi’ qosam bin Alawy bin Muhammad maula
as-Som’ah bin Alawy maula Sumul bin Ubaidillah bin Al-Muhajir
ilallah Ahmad bin Isa Arrumi bin Muhammad An-Naqib bin Ali Al-‘Uraidli
bin Ja’far Ash-Shodiq bin Muhammad Al-Baqir bin Al-Imam
As-Sajjaad Ali zainal Abidin bin Al-Imam Husein
bin Al-Imam Ali bin Abi Tholib Putra dari sayyidatina
Fatimah Az-Zahra putri Rasulullah SAW.
Kelahiran Beliau
بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
لَوْ
لاَ اْلمُرَبِّيْ مَا عَرَفْتُ رَبِّيْ
“KALAULAH BUKAN KARENA PENDIDIK NISCAYA AKU
TAK MENGENAL TUHANKU”
Al-Habib Hasan dilahirkan
dikota Tarim Hadromaut Yaman Selatan pada tanggal 7 Jumadits Tsaniah 1346 H.
Beberapa saat setelah kelahirannya, ketika kakek beliau dari jalur ibunya Al-Habib
Abdurrahman bin Muhammad Al-Haddad hendak memberinya
nama beliau berkata ”Hasan memiliki sirr
(rahasia keagungan) Syekh Abu Bakar As-Sakran”.
Beliau tumbuh dan dibesarkan di kota
Tarim, sejak kecil telah diasuh dan dibimbing oleh ayahnya dengan didikan
islami di tempat yang lingkungannya sangat baik dan di kawasan pergaulan yang
suasananya sangat kental dengan nuansa keilmuan yang penuh dengan keberkahan di
zaman yang tampak jelas dinaungi oleh para sholihin dan ulama besar serta
terkenal yang mahir dalam bidang ilmu sehingga pada umur yang masih cukup muda
yaitu 11 th beliau telah menghapal Al-Quran seluruhnya, dan beliau
banyak mempelajari aneka bidang ilmu seperti Tafsir Al-Quran, Hadits
An-Nabi SAW, Fiqh Syafi’i, Nahwu (Kaidah Bahasa Arab), Tasawwuf
dan lain sebagainya.
Guru–guru Beliau
Beliau Al-Habib Hasan
banyak menimba ilmu dari banyak guru (masyayikh)
di zamannya, baik di kota Tarim ataupun yang lainnya dan kebanyakan dari
guru-guru beliau adalah para murid utama ayahanda beliau yaitu Al-Imam
Al-‘Allamah Syaikhul islam Al-Habib Al-Qutub
Abdullah Asy-Syathiri yang merupakan salah seorang Syaikhul
Ulama (gurunya para guru) di Hadromaut pengasuh Rubat Tarim yang dengan
keberkahan ilmunya telah mencetak lebih dari 13.000 ulama yang tersebar ke seluruh
penjuru dunia termasuk Indonesia.
Dan diantara guru–guru Al Habib Hasan
selain ayahandanya adalah:
1.
Al-Imam
Al-Arif billah Al-Habib Al-Muhab Al-Qutub
Alawy bin Abdillah bin Syahab
2.
Al-Imam
Al-Arif billah Al-habib Al-Qutub Ja’far
bin Ahmad Al-Idrus
3.
Asy-Syaikhul
‘Allaamah Mahfudz bin Utsman Az-Zabidi
4.
As
Syaikhul ‘Allaamah Salim bin Sa’id Bukaiyir Baa Ghoitsan
5.
Al-Imam
Al-‘Allamah Al-Muhaddits Diyar Haromain As-Sayid
Alawy bin ‘Abbas Al-Maliki Makki Al-Hasani
6.
Al-Imam
Al-‘Allamah Asy-Syahid Al-Habib
Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syeikh Abu bakar bin Salim
7.
Al-Habib
Al-‘Allamah Umar bin ‘Alawy Al-kaaf
8.
Asy-Syeikh
Umar bin ‘Awad Al-Haddad
Dan masih banyak lagi guru–guru beliau
dan para musnid dan mujiz yang memberikan berbagai macam sanad serta ijazah
kepada beliau yang tidak kami sebutkan dalam biografi (manaqib) singkat ini.
Dalam asuhan dan didikan ayahandanya
yang sangat disiplin, beliau acapkali diajak menghadiri majlis–majlis ilmu dan
di setiap penghujung malam beliau diajak ayahandanya pergi ke masjid-masjid
Tarim yang berjumlah kurang lebih 360 masjid guna melaksakan qiyam lail (Sholat
sunnah di malam hari), dan berziarah ke makam Auliya’ Zanbal dan ‘Inat makam
Syeikh Abu Bakar bin Salim.
Setiap kali berziarah ke makam Syekh Abu
Bakar bin Salim Al-Habib Abdullah bin Umar Asy-Syathiri
selalu berkata: ”Wahai Syeikh Abu Bakar,
sungguh aku telah mendidik dan membimbing putramu Hasan bin Ismail, karena itu
kumohon didik dan bimbinglah putraku Hasan”.
Tatkala ajal ayahandanya Al-Habib
Abdullah bin Umar Asy-Syathiri telah dekat dan
usia beliau kala itu sekitar 14 tahun, ayahandanya mengumpulkan seluruh anggota
keluarganya seraya berwasiat “Wahai
Mahdi… aku serahkan padamu tanggung jawab kepemimpinan Rubath ini. Wahai Hasan…
dan aku serahkan tanggung jawab kepemimpinan Rubath ini setelah kakakmu Mahdi
dan jangan pernah kau tinggalkan Al-Quran”.
Ayahandanya wafat tatkata Al-Habib
Hasan sedang mempelajari Tafsir darinya, ketika itu beliau sampai pada tafsir
ayat Al-Quran, Pada
hari Ini Telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan Telah Ku-cukupkan kepadamu
nikmat-Ku, dan Telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.
Demikianlah isyarat kesempurnaan ilmu
beliau yang tersirat lewat ayat tersebut, sebagaimana turunnya ayat ini sebagai
tanda telah sempurnanya da’wah Rasulullah SAW pada Haji Wada’.
Kemudian beliau Al-Habib Hasan
Asy-Syathiri berguru secara khusus kepada Al-Imam Al-Arif
billah Al-Habib Al-Muhab Al-Qutub Alawy
bin Abdillah bin Syahab yang memiliki julukan ‘Ain Tarim (Matanya kota Tarim) sosok berkarisma dan memiliki
wibawa serta tegas dalam berkata. Sepenuh jiwa beliau serahkan dirinya kepada Al-Habib
Alawy guna dididik dan dibina, beliaupun menyambutnya dengan penuh perhatian
dan pendidikan yang tiada henti, mengajarkannya cara melatih, mengembangkan dan
mengolah jiwa serta bagaimana mematikan sisi buruk jiwa manusia, sehingga
mencapai kedudukan Nafs Muthma-innah
(jiwa yang tenang) guna menjalin keharmonisan dunia dan akhirat.
Akhlak Beliau
Beliau sangat menjaga adab ketika duduk
dimajlis–majlis ilmu terkhusus di hadapan guru besar beliau Al-Habib
Alawy bin Abdillah bin Syahab, tidaklah beliau pernah mengangkat kepala beliau,
seakan–akan terdapat seekor burung di atas kepalanya, bahkan tidaklah pernah
terdengar hembusan nafasnya, hal tersebutlah yang membuat Al-habib
Alawy bin Syahab begitu sayang terhadap beliau.
Pernah satu ketika Al-Habib
Alawy memuji Beliau dengan mengatakan kepada rekan-rekannya: ”Hasan bin Abdullah Asy-Syathiri adalah putra ruhku”,
dan ketika didepan Al-Habib Alawy beliau kehabisan
suara tatkala sedang membacakan qosidah, Al-Habib Alawy berkata: ”Dia perlu diberi gula, tetapi gulanya harus
langsung dari Al-Faqih Al-Muqoddam”.
Dan dengan perintah serta isyarat dari Al-Habib
Alawy lah beliau memimpin majlis- majlis ilmu yang dihadiri oleh para Mufti dan
Ulama, pada ketika itu beliau masih berusia 17 tahun usia yang sangat muda
untuk memimpin majlis yang dihadiri para mufti dan ulama. Dan sungguh merupakan
anugrah yang Allah berikan kepada beliau, tatkala beberapa saat sebelum gurunya
wafat, Beliau Al-Habib Hasan Asy-Syathiri
ketika itu dalam keadaan tertidur sedangkan Al-Habib Alawy
berada di rumahnya
Dalam tidurnya Al-Habib Hasan
Asy-Syathiri bermimpi melihat Al-Habib Alawy
tengah duduk di atas pembaringannya, lalu Al-Habib Alawy berkata: “Wahai Hasan…aku akan bangkit dari tempat
ini, dan sekarang duduklah engkau di tempatku ini”.
Setelah itu Beliau Al-Habib
Hasan Asy-Syathiri terbangun dari tidurnya dan beliau
mendengar berita duka wafatnya Al-Habib Alawy bin Syahab, dan
dari mimpinya tersebut beliau menyadari betul bahwa beliaulah khalifah (pengganti) pelanjut Al-Habib
Alawy dalam menjaga amanah peradaban kota Tarim. Hal tersebut beliau buktikan
dengan tegasnya beliau dalam menentang masuknya paham–paham atau
tradisi–tradisi baru yang merubah apa yang telah ditetapkan dan dilestarikan
oleh para leluhurnya, dengan penuh wibawa dan ketawadluan beliau mengatakan: “Ini bukan kotaku, ini kota sayyid Al-Faqih Al-Muqoddam, kota para leluhurku, kita tidak berhak
merubahnya, jika aku merusaknya dengan merubah tradisi mereka, maka sungguh aku
malu berjumpa mereka ketika aku kembali nanti”.
Akhlak, suluk, ilmu dan amal beliau
merupakan cermin Ulama salaf (terdahulu yang berpegang kuat ajaran Rasulullah
SAW) yang terdapat dalam dirinya, membuahkan suri tauladan baik untuk para
manusia yang ingin mengikuti jejak Rasulullah SAW. Itu semua terlukis dengan
prilakunya dalam melaksanakan yang fardlu dan sunnah, beliau sangat tawadlu’ (rendah hati), welas asih
terhadap semua makhluk, tidak senang dengan ketenaran (popularitas).
Dalam mendidik dan mengajarpun beliau
sangat berpegang teguh pada metode para salaf, memulai dengan yang dasar
kemudian sedang lalu yang mendalam. Pendidikan dan ajarannya bukan hanya lewat
kata-kata yang beliau ucapkan, melainkan dengan perbuatannya yang sangat
terpuji.
Diantara akhlak beliau yang sangat welas
asih adalah ketika di Rubath ada seorang pencuri yang tertangkap, lalu dipukuli
hingga babak belur, saat beliau mendengar hal tersebut beliaupun datang ke
Rubat yang saat itu para pelajar sedang menghadiri perkumpulan mingguan guna
mendengar nasihat dan peraturan–peraturan yang berlaku di Rubat serta
evaluasi–evaluasi pendidikan ilmiyah dan amaliyah yang telah berjalan. Setelah
bertanya siapa yang telah memukuli orang tersebut hingga babak belur dan
beberapa orang mengaku mengajukan diri mereka beliaupun dengan wajah memerah,
suara agak tinggi berkata: ”Siapa kalian?
Sehingga berhak memukuli orang ini hingga babak belur” diantara mereka ada
yang menyahut ”Dia telah mencuri ya
Habiib”
Beliaupun berkata “Lantas apa dia patut untuk dipukul? Apa dia budak sahayamu? Bukan
begitu memperlakukan yang salah wahai anak-anakku”.
Beliau sangat menginginkan kebahagiaan
dan kebaikan pada setiap orang terkhusus anak-anak didiknya dan sangat tidak
menginginkan keburukan terjadi atau ada pada diri mereka, sehingga tak pernah
bosan beliau memberikan peringatan dan semangat lewat nasehat-nasehatnya yang
sangat menyentuh qalbu.
Nasehat-nasehat Beliau
Diantaranya nasehat-nasehatnya beliau
mengatakan
”Wahai anakku,
makanlah dari hasil usahamu dan jangan kau makan dengan menjual agamamu”,
dan
ketika salah seorang pelajar yang hendak pulang ke Indonesia meminta wasiat
darinya, beliaupun berkata “Perbanyaklah
engkau bersujud dan mintalah ikhlas kepada Allah SWT, dan pendamlah dirimu di tempat
yang orang tak mengenalmu”.
Beliaupun
selalu mengatakan ”Janganlah kalian
menjadi orang yang banyak disanjung namun engkau memiliki cela yang
terselubung”
“Jadikanlah
adabmu seperti tepung dan ilmumu laksana garam”
“Cinta tak butuh
dekatnya jarak namun dekat membutuhkan cinta”
“Yaa
Ikhwaanii..Wahai saudara-saudaraku.. cukuplah bagi kalian mengamalkan apa yang
terdapat di dalam kitab Bidayatul Hidayah Milik Al-Imam Al-Ghozali”
“Janganlah
kalian sedih dengan mimpi-mimpi buruk yang padahal kalian telah banyak berbuat
keta’atan, karena hal tersebut merupakan pendidikan untuk jiwamu, mimpi-mimpi
indah tak berarti apa-apa bila seseorang tersebut terlena oleh mimpi dan terus
tenggelam dalam ma’siat”
“Penuhilah
hak-hak orang, dan janganlah kau menuntut hakmu dari mereka, bantulah orang
yang meminta bantuan padamu semampumu”
”Kesolehan
seseorang tidaklah dilihat dari imamah (ikat kepala) yang besar atau sorban
yang lebar dan bukan pula kepandaian berbicara di atas mimbar”.
Begitu
banyak mutiara nasehatnya yang diberikan secara tulus kepada para santri dan
orang yang meminta wasiat ataupun nasehat kepada beliau.
Dikisahkan
bahwa ketika tubuh beliau terasa sakit, murid tersayangnya pun pergi dan
membawa seseorang guna memijat tubuh beliau, ketika pemuda tersebut memegang
kaki beliau, beliaupun bertanya ”Siapa
namamu? Dari mana asalmu? Dan sudah berapa lama engkau bekerja sebagai tukang
pijat di Tarim?”
Pemuda
itupun menjawab bahwa ia berasal dari Indonesia dan saat ini menetap di Tarim
sebagai seorang pelajar. Beliaupun terkejut lalu menegur murid beliau dengan
keras seraya berkata “Menyuruh seorang
penuntut ilmu yang datang dari jauh untuk memijat adalah sesuatu yang
terlarang, itu merupakan pemerkosaan hak yang dosanya amat besar.. Jangan
pernah engkau mengulanginya lagi”.
Tatkala
beliau mendapat banyak sanjungan dan pujian beliaupun dengan penuh ketawadlu’an
(rendah hati) berkata “Saya senang tapi
saya tidak pernah terlena dengan pujian itu”, beliaupun menegaskan dalam
bait-bait qasidah yang beliau buat sendiri dengan ungkapan sebagai berikut “Kalian telah memuliakanku dengan sesuatu
yang tidak pernah kuperkirakan, sedang pemilik kemurahan (Allah SWT) selalu
memberi melebihi apa yang diperkirakan”
“Ini adalah
anugerah yang kuperoleh tanpa bersusah payah untuk mencarinya, itu semata-mata
murni karunia Yang MahaKuasa”.
“Umurku semua
habis dalam kesia-siaan yang tidak berguna, begitulah keadaanku seterusnya
wahai keluargaku”
“Inilah
kebanggaanku, bukan dengan keagungan dan kekayaan. Adapun kekayaan dunia cukup
hanya untuk menutupi kebutuhan sehari-hari”.
Karomah Beliau
Adapun keistimewaan-keistimewaan yang
Allah berikan kepada beliau berupa karomah amatlah banyak, diantaranya adalah
firasat beliau yang sangat tajam, dimana ketika beliau usai mengadakan
pengajian sore di masjid Babtinah yang terletak berdampingan dengan Rubath,
seorang santri yang bersalaman dan mencium tangan beliau, beliaupun memegang
tangan pemuda tersebut seraya bertanya “Engkau
dari mana?” pemuda tersebut menjawab “dari
tempat renang ya Habiib”
Habib pun bertanya “Engkau merokok?” pemuda itupun menjawab dengan berbohong “tidak ya habiib, saya tidak merokok”
Dengan tersenyum beliau berkata “Jangan engkau takut kepadaku wahai
saudaraku, takutlah engkau pada Allah” sambil
malu malu pemuda itu hanya bisa berkata ”Iya
Habib Iya”.
Inilah sekelumit keluhuran budi akhlak,
pendidikan dan ajaran serta perjalanan hidup beliau.
Kewafatan Beliau
Beliaup wafat pada hari Jum’at tepat
ketika adzan Jum’at berkumandang tanggal 11 Rabi’ul Awwal 1425H, bertepatan
dengan tanggal 30 April 2004 M di kota Abu Dhobi Uni Emirat Arab, dan dikebumikan
di Zanbal Tarim bersama para leluhurnya.
0 komentar:
Posting Komentar