Home » » SISI LAIN SITI FATIMAH RA.

SISI LAIN SITI FATIMAH RA.

Written By Unknown on Sabtu, 13 Oktober 2012 | 19.40



SISI LAIN SITI FATIMAH RA.


Al-Imam Ibnu Qasim al-Ghozi mengatakan dalam kitabnya yang berjudul Syarh al-Ghayah bahwa Siti Fathimah adalah wanita yang tidak pernah mengalami haidh dan nifas (selalu dalam keadaan suci). Oleh karena itu Siti Fathimah digelari dengan az-Zahra’. Namun ada yang berpendapat bahwa Siti fathimah diberi gelar az-Zahra’  karena ketika beliau melahirkan di waktu ghurub dan mengalami nifas hanya sesaat (waktu yang sangat singkat atau hanya satu tetesan), kemudian langsung suci kembali seakan-akan tak pernah mengalami nifas sama sekali. Inilah diantara sebab mengapa dalam madzhab Imam asy-Syafi’i menyatakan bahwa “Aqallu an-Nifaas Majjatan”, paling sedikit-sedikitnya nifas adalah satu tetesan.
Asy-Syekh Muhammad Shaban dalam kitabnya yang berjudul Is’aaf ar-Raaghibiin mengatakan bahwa Siti Fathimah dinikahkan dengan Sayyidina Ali Kw., seorang pemuda yang berumur 21 tahun 5 bulan, setelah usainya perang Badar . Sedangkan Siti fathimah saat itu berumur 15 tahun 5 bulan. Siti Fathimah dilahirkan sebelum Rasulullah Saw. diangkat menjadi Nabi sekitar setahun sebelumnya, dan ada yang berpendapat selainnya. Siti Fathimah wafat setelah wafatnya sang ayah Rasulullah Saw. dengan jarak 6 bulan, menurut pendapat yang shahih, pada malam Selasa tanggal 3 Ramadhan tahun 11 Hijriyah. Dan jenazahnya dimakamkan pada malam hari.
Lihat juga keterangan di atas dalam kitab Kasyifat as-Saja pada halaman 46-47 karya asy-Syekh Nawawi bin Umar al-Bantani al-jawi atas syarhnya terhadap kitab matan Safinat an-Najat. Wallahu a’lam.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template