Home » » HABIB SALIM ASY-SYATHIRI

HABIB SALIM ASY-SYATHIRI

Written By MuslimMN on Minggu, 30 Januari 2011 | 01.27

Habib Salim bin Abdullah bin Umar asy-Syathiri dilahirkan di Kota Tarim, Hadhramaut pada tahun 1359 H. Ayahanda beliau, Habib Abdullah adalah pendiri Rubath Tarim yang telah melahirkan ribuan ulama dan santri dari segenap pelosok dunia Islam. Beliau terkenal sebagai seorang ulama yang sholih. Ibunda Habib Salim, Syarifah Ruqayyah binti Muhammad bin Hasan Maula Aidid, adalah seorang wanita yang sholihah yang gemar ber'uzlah untuk beribadah kepada Allah.
Tatkala usia beliau 3 tahun, Habib Salim menjadi yatim dengan kepergian ayahanda beliau ke rahmatullah. Namun asuhan dan didikan agamanya tidak pernah terabaikan, belum pun genap usia beliau 11 tahun, beliau sudah hafal al-Quran. Beliau telah menimba berbagai ilmu pengetahuan dari sekitar 80 orang ulama-ulama besar Hadhramaut dan Haramain, di antara guru beliau adalah:-
  1. Habib Muhammad al-Mahdi
  2. Habib Abu Bakar
  3. Habib Hasan bin Abdullah asy-Syathiri
  4. Habib Alwi bin Syihabuddin
  5. Habib Ja'far bin Ahmad al-'Aydrus
  6. Habib Alwi bin Abbas al-Maliki al-Hasani
  7. Syaikh Hasan bin Muhammad Masyath
  8. Syaikh Abdullah Sa`id al-Lahji asy-Syafi`i
  9. Habib Hasan bin Muhammad Fad`aq
  10. Syaikh Hasan bin Sa`id.
Sekembalinya beliau ke Yaman, beliau telah menggunakan waktunya untuk berdakwah dan menyebarkan ilmu. Beliau pernah tinggal 15 tahun di Kota Aden dan menjadi guru dan khatib di Masjid Habib Abu Bakar al-'Adni bin 'Abdullah al-Aydrus. Pada tahun 1403 H, atas permintaan Habib Zain bin Ibrahim bin Smith dan Habib Muhammad al-Haddar, beliau bermukim di Kota Madinah dan mengasuh Rubath al-Jufri.
Banyak santri yang mengambil manfaat dari kedalaman ilmu beliau. Beliau dikenal memiliki keikhlasan yang tinggi, akhlak yang mulia serta senantiasa menjaga sunnah Junjungan Nabi saw. Dakwah dan menyebarkan ilmu tidak menghalangi dirinya untuk memperbanyak ibadah-ibadah khushushiyyah seperti sholat-sholat sunnat. Setiap Ramadhan, beliau memperbanyak sholat malamnya hingga 100 rakaat setiap malam.
Kini Habib Salim mengabdikan dirinya untuk mengasuh Rubath Tarim yang mempunyai sekitar 500 orang santri dari berbagai negara. Selain itu, beliau tetap melakukan rihlah dakwah ke berbagai pelosok dunia Islam. Mudah-mudahan Allah memberi kesehatan yang sempurna serta melanjutkan usia ulama yang digelar sebagai "Sulthanul 'Ilmi" ini demi kemanfaatan agama dan umat. Allahumma aamiin.

Share this article :

1 komentar:

  1. ketika di makah... Habib salim adalah orang yang menyimak hafalan hadis sayid muhammad bin alwi...

    BalasHapus

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template