KAROMAH
SYAIKH AL-ALBANI BAGIAN SATU; “MAMPU MENDHA’IFKAN HADITS SHAHIH DAN
MENSHAHIHKAN HADITS DHA’IF”
a.
7.000
Karomah Al-Albani Diungkap Oleh Al-Habib Hasan bin Ali Assegaf
Tulisan
al-Habib Hasan bin Ali Assegaf yang berjudul Tanaqudhat al-Albani al-Wadhihat merupakan kitab yang menarik dan
mendalam dalam mengungkapkan kesalahan fatal al-Albani. Beliau mencatat 1.500
kesalahan yang dilakukan al-Albani lengkap dengan data dan faktanya. Bahkan
menurut penelitian ilmiah beliau, ada 7.000 kesalahan fatal dalam buku-buku
yang ditulis al-Albani. Pada kitab Tanaqudhat
al-Albani al-Wadhihat dalam juz pertama beliau memuat 249 kesalahan al-Albani,
baik dari shahih ke dha’if maupun sebaliknya.
Berikut
beberapa bukti kongkrit kontradiksi al-Albani dalam menilai hadits yang telah
diteliti oleh al-Habib Hasan bin Ali Assegaf (cucunda as-Sayyid al-Habib Abdurrahman
Assegaf pengarang kitab Tarsyih
al-Mustafidin Syarh Fath al-Mu’in) dalam kitab beliau yang berjudul Tanaqudhat al-Albani al-Wadhihat:
1.
Hadits
Pertama
حديث عن محمود بن لبيد قال : أخبر رسول الله صلى الله عليه وآله عن رجل طلق امرأته ثلاث تطليقات جميعا ، فقام غضبان ، ثم قال : (أيلعب بكتاب الله عزوجل وأنا بين أظهركم ؟ !) حتى قام رجل فقال : يا رسول الله ألا أقتله ؟ ! رواه النسائي . ضعفه الالباني في تخريج (مشكاة المصابيح) الطبعة الثالثة ، بيروت - سنة 1405 ه المكتب الاسلامي (2 / 981) فقال : ورجاله ثقات لكنه من رواية مخرمة عن أبيه ولم يسمع منه . اه ثم تناقض فصححه في كتاب (غاية المرام تخريج أحاديث الحلال والحرام) طبعة المكتب الاسلامي ، الطبعة الثالثة 1405 ه صفحة (164) حديث رقم (261)
“Al-Albani
menilainya dha’if dalam Misykat
al-Mashabih juz 2 halaman 981 cetakan III Beirut, 1405 H, al-Maktab
al-Islami. Kemudian ia menilainya shahih dalam kitab Ghayat al-Maram Takhrij Ahadits al-Halal wa al-Haram halaman 164 hadis
no. 261 cetakan III, Maktab al-Islami, 1405 H.”
2.
Hadits
Kedua
حديث : إذا كان أحدكم في الشمس فقلص عنه الظل وصار بعضه في الظل وبعضه في الشمس فليقم) أقول : صححه الالباني فقال في صحيح الجامع الصغير وزيادته (1 / 266 / 761) صحيح الاحاديث الصحيحة : 835 . اه ثم تناقض فضعفه في : تخريج (مشكاة المصابيح) (3 / 1337 / برقم 4725 الطبعة الثالثة) وقد عزاه في كل من الموضعين إلى سنن أبي داود .
“Al-Albani
menilainya shahih dalam kitab Shahih
al-Jami’ ash-Shaghir wa Ziyadatuhu juz 1 halaman 266 dan dalam Shahih al-Hadits ash-Shahihah hadits no.
835. Kemudian al-Albani menilainya dha’if dalam kitab Misykat al-Mashabih juz 3 halaman 1337 hadis no. 4725 Cetakan III.”
3.
Hadits
Ketiga
حديث : الجمعة حق واجب على كل مسلم ... ضعفه الالباني في : تخريج (مشكاة المصابيح) (1 / 434) : فقال : رجاله ثقات وهو منقطع كما أشار أبو داود اه بمعناه ومن التناقضات أنه : أورد الحديث في إرواء الغليل (3 / 54 / برقم 592) وقال : صحيح . اه فتدبروا يا أولي الالباب .
“Al-Albani menilai dha’if dalam kitab Misykat al-Mashabih juz 1 halaman 434, ia berkata: “Perawinya terpercaya tetapi hadits ini
terputus sebagaimana isyarah Abu Dawud.” Namun hadits ini dicantumkan oleh al-Albani
dalam kitab Irwa’ al-Ghalil juz 3
halaman 54 hadits no. 592. Al-Albani berkata: “Hadits ini shahih.”
4.
Hadits
Keempat
حديث : عبد الله بن عمرو مرفوعا : (الجمعة على من سمع النداء) رواه أبو داود . صححه الالباني في : (إرواء الغليل) (3 / 58) فقال : حسن . اه وناقض نفسه فضعفه في : تخريج مشكاة المصابيح 1 / 343) (برقم 1375) حيث قال : سنده ضعيف . اه
“Al-Albani menilai shahih dalam kitab Irwa’ al-Ghalil juz 3 halaman 58. Al-Albani berkata: “Hadits ini hasan.” Tetapi al-Albani
menilainya dha’if dalam kitab Misykat
al-Mashabih juz 1 halaman 343 hadits no. 1375. Al-Albani berkata: “Sanadnya dha’if.”
5.
Hadits
Kelima
حديث أنس بن مالك أن رسول الله صلى الله عليه وآله كان يقول : (لا تشددوا على أنفسكم فيشدد الله عليكم فإن قوما شددوا على أنفسهم فشدد الله عليهم . . .) رواه أبو داود . ضعفه الالباني في : (تخريج المشكاة) (1 / 64) فقال : بسند ضعيف اه . ثم تناقض فحسنه في آخر تخريجه في (غاية المرام) ص (141) بعد أن حكم عليه هناك أيضا بالضعف فقال : فلعل حديثه هذا حسن بشاهده المرسل عن أبي قلابة . اه
“Al-Albani menilai dha’if dalam kitab Misykat al-Mashabih juz 1 halaman 64. Al-Albani berkata: “Diriwayatkan dengan sanad yang dha’if.”
Tapi al-Albani menilainya hasan dalam kitab Ghayat
al-Maram halaman 141, setelah menghukuminya dha’if, al-Albani berkata: “Semoga hadits ini hasan dengan dalil
penguat secara mursal dari Abu Qilabah.”
6.
Hadits
Keenam
حديث السيدة عائشة رضي الله عنها قالت : (من حدثكم أن النبي صلى الله عليه وآله كان يبول قائما فلا تصدقوه ما كان يبول إلا قاعدا) رواه أحمد والترمذي والنسائي . ضعفه الالباني في تخريج (مشكاة المصابيح) (1 / 117) فقال : اسناده ضعيف اه ثم من تناقضاته أنه صححه في سلسلة الاحاديث الصحيحة (1 / 345 برقم 201) فتأمل أخي القارئ
“Al-Albani
menilai dha’if dalam kitab Misykat
al-Mashabih juz 1 halaman 171. Al-Albani berkata: “Sanadnya dha’if.” Tapi al-Albani menilainya shahih dalam Silsilat al-Ahadits ash-Shahihah juz 1
halaman 345 hadits no. 201.”
7.
Hadits
Ketujuh
حديث : ثلاثة لا تقربهم الملائكة جيفة الكافر والمتضمخ بالخلوق والجنب إلا أن يتوضأ) رواه أبو داود . صححه الالباني في (صحيح الجامع الصغير وزيادته) (3 / 71 برقم 3056) فقال :حسن تخريج الترغيب (1 / 91) . اه ومن تناقضاته أنه ضعفه في تخريج (مشكاة المصابيح) (1 / 144 برقم 464) فقال : ورجاله ثقات لكنه منقطع بين الحسن البصري وعمار فإنه لم يسمع منه كما قال المنذري في الترغيب (1 / 91) .
“Al-Albani menilainya shahih dalam kitab Shahih al-Jami’ hadits no. 3056, ia berkata: “Hadits ini hasan.” Tetapi al-Albani menilainya dha’if dalam kitab Takhrij Misykat al-Mashabih hadits no. 464.
Al-Albani berkata: “Perawinya terpercaya,
tetapi hadits ini terputus antara Hasan Bashri dan Ammar.”
b.
Persaksian Para Ulama Tentang
Karomah Syaikh Al-Albani
Kesalahan al-Albani
tidak hanya diakui oleh murid-muridnya sendiri. Kenyataan ini juga diakui oleh
Syaikh Yusuf Qardhawi di dalam tanggapan beliau terhadap al-Albani yang
mengomentari hadits-hadits di dalam kitabnya berjudul al-Halal wa al-Haram fi al-Islam, sebagai berikut:
“Oleh sebab itu, penetapan Syaikh
al-Albani tentang dha’ifnya suatu hadits bukan merupakan hujjah yang qath’i
(pasti) dan sebagai kata pemutus. Bahkan dapat saya katakan bahwa Syaikh
al-Albani kadang-kadang mendha’ifkan (melemahkan) suatu hadits dalam satu kitab
dan mengesahkannya (menshahihkannya) dalam kitab lain.” (Lihat dalam Halal dan Haram karya DR. Yusuf Qardhawi,
Robbani Press, Jakarta, 2000, hal. 417).
Syaikh
Yusuf Qardhawi juga banyak menghadirkan bukti-bukti kecerobohan al-Albani dalam
menilai hadis yang sekaligus menunjukkan sikapnya yang “tanaqudh”.
Dengan
demikian, apabila mayoritas ulama sudah menegaskan penolakan tersebut, berarti
Nashiruddin al-Albani itu memang tidak layak untuk diikuti dan dijadikan
panutan. Diantara ulama yang mengkritik
al-Albani adalah:
1. Al-Imam al-Jalil al-Musniduddunya asy-Syaikh Muhammad Yasin bin
Isa al-Fadani penulis kitab ad-Durr
al-Mandhud Syarh Sunan Abi Dawud dan
Fath al-‘Allam Syarh Bulugh al-Maram.
2. Al-Hafidz Abdullah al-Ghummari dari Maroko.
3. Al-Hafidz Abdul Aziz al-Ghummari dari Maroko.
4. Al-Hafidz Abdullah al-Harari al-Abdari dari Lebanon pengarang
Syarh Alfiyah as-Suyuthi fi Mushthalah
al-Hadits.
5. Al-Muhaddits Mahmud Sa’id Mamduh dari Uni Emirat Arab pengarang
kitab Raf’u al-Manarah li Takhrij Ahadits
at-Tawassul wa az-Ziyarah.
6. Al-Muhaddits Habiburrahman al-A’dzami dari India.
7. Asy-Syaikh Muhammad bin Ismail al-Anshari seorang Peniliti Komisi
Tetap Fatwa Wahabi dari Saudi Arabia.
8. Asy-Syaikh Muhammad bin Ahmad al-Khazraji Menteri Agama dan Wakaf
Uni Emirat Arab.
9. Asy-Syaikh Badruddin Hasan Dayyab dari Damaskus.
10. Asy-Syaikh Muhammad Arif al-Juwaijati.
11. Asy-Syaikh al-Habib Hasan bin Ali Assegaf dari Yordania.
12. Al-Imam Prof. Dr. Al-Muhaddits al-Haramain as-Sayyid Muhammad
bin Alwi al-Maliki dari Mekkah pengarang kitab Mafahim Yajibu an Tushahhah.
13. Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin dari Najd, seorang
ulama Wahabi yang menyatakan bahwa al-Albani tidak memiliki pengetahuan agama
sama sekali.
14.
Dan
lainnya. Yana mana masing-masing ulama tersebut telah mengarang kitab sebagai bantahan
terhadap al-Albani.
c.
Syaikh Al-Albani Mendha’ifkan Hadits
Shahih Bukhari dan Muslim
Kesalahan
fatal dan sembrono al-Albani juga nampak jelas ketika ia banyak menilai dha’if
dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, yang telah dinobatkan oleh umat
sebagai kitab hadits yang paling valid (shahih) setelah al-Quran. Berikut diantara
bukti nyata bahwa al-Albani merasa lebih hebat dari Imam Bukhari dan Imam
Muslim:
1. Hadits Pertama
حديث : (قال الله تعالى : ثلاثة أنا خصمهم يوم القيامة : رجل أعطى بي ثم غدر ، ورجل باع حرا فأكل ثمنه ، ورجل استأجر أجيرا فاستوفى منه ولم يعطه أجره)) . قال الالباني في ضعيف الجامع وزيادته) (4 / 111 برقم 4054) : رواه أحمد والبخاري (2114) عن أبي هريرة (ضعيف) ! ! !
“Al-Albani
berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam
kitabnya yang berjudul Dha’if al-Jami’
ash-Shaghir hadits no. 4054. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari no.
2114.”
2.
Hadits
Kedua
حديث : (لا تذبحوا إلا بقرة مسنة ، إلا أن تتعسر عليكم فتذبحوا جذعة من الضأن) . قال الالباني في (ضعيف الجامع وزيادته) (6 / 64 برقم 6222) : رواه الامام أحمد ومسلم (1963) وأبو داود والنسائي وابن ماجه عن جابر (ضعيف) ! ! ! .
“Al-Albani berkata: “Hadis
ini dha’if”, dalam kitabnya yang berjudul Dha’if al-Jami’ ash-Shaghir hadits no. 6222. Hadits ini diriwayatkan
oleh Imam Muslim no. 1963.”
3.
Hadits
Ketiga
حديث : (إن من شر الناس عند الله منزلة يوم القيامة الرجل يفضي إلى امرأته ، وتفضي إليه ثم ينشر سرها) . قال الالباني في (ضعيف الجامع وزيادته) (2 / 197 برقم 2005) : رواه مسلم (1437) عن أبي سعيد " (ضعيف) ! ! ! .
“Al-Albani
berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam
kitabnya yang berjudul Dha’if al-Jami’
ash-Shaghir hadits no. 2005. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim no.
1437.”
4. Hadits Keempat
حديث : (إذا قام أحدكم من الليل فليفتتح صلاته بركعتين خفيفتين) قال الالباني في (ضعيف الجامع وزيادته) (1 / 213 برقم 718) : رواه الامام أحمد ومسلم (768) عن أبي هريرة (ضعيف) ! !
“Al-Albani berkata: “Hadits
ini dha’if”, dalam kitabnya yang berjudul Dha’if al-Jami’ ash-Shaghir hadits no. 719. Hadits ini diriwayatkan
oleh Imam Muslim no. 769.”
5. Hadits Kelima
حديث : (أنتم الغر المحجلون يوم القيامة ، من إسباغ الوضوء ، فمن استطاع منكم فليطل غرته وتحجيله) (1) قال الالباني في (ضعيف الجامع وزيادته) (14 / 2 برقم 1425) : رواه مسلم (246) عن أبي هريرة (ضعيف بهذا التمام) .
“Al-Albani
berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam
kitabnya yang berjudul Dha’if al-Jami’
ash-Shaghir hadits no. 1425. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim no. 246.”
6. Hadits Keenam
حديث : (إن من أعظم الامانة عند الله يوم القيامة الرجل يفضي إلى امرأته . . .) (2) . قال الالباني في (ضعيف الجامع وزيادته) (2 / 192 برقم 1986) : رواه أحمد ومسلم (1437) وأبو داود عن أبي سعيد (ضعيف) ! ! .
“Al-Albani
berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam
kitabnya yang berjudul Dha’if al-Jami’
ash-Shaghir hadits no. 1986. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim no. 1437.”
7. Hadits Ketujuh
حديث : (من قرأ العشر الاواخر من سورة الكهف عصم من فتنة الدجال). قال الالباني في (ضعيف الجامع وزيادته) (5 / 233 برقم : 5772 رواه أحمد ومسلم (809) والنسائي عن أبي الدرداء (ضعيف) ! !
“Al-Albani
berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam
kitabnya yang berjudul Dha’if al-Jami’
ash-Shaghir hadits no. 1986. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim no. 1437.”
8. Hadits Kedelapan
حديث : (كان له صلى الله عليه وسلم فرس يقال له اللحيف) . قال الالباني في ضعيف الجامع وزيادته) (4 / 208 برقم 4489 : رواه البخاري (2855) عن سهل بن سعد (ضعيف) ! ! ! .
“Al-Albani
berkata: “Hadits ini dha’if”, dalam
kitabnya yang berjudul Dha’if al-Jami’
ash-Shaghir hadits no. 4489. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari no.
2855.”
Walhasil,
Syaikh Nashiruddin al-Albani bukanlah al-Hafidz yang berhak memberi penilaian
status suatu hadits. Jangankan menjadi al-Hafidz, untuk memenuhi kriteria
sebagai al-Muhaddits saja masih sangat jauh.
Masihkah
Anda lebih percaya pada takhrijnya al-Albani yang berlumur kontradiksi dengan
mengalahkah ulama sekaliber al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani, al-Hafidz as-Suyuthi,
al-Hafidz adz-Dzahabi dan para ahli hadits lainnya?
Silakan dishare
sebanyak mungkin wahai Pecinta Bid’ah Hasah...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar