MANAQIB SAYYIDINA AL-IMÂM AL-QUTB AL-GHAUSTAL-FAKHRUL WUJUD “AS-SYĔKH ABÛ BAKAR BIN SÃLIM R.A.”
Oleh; Al-Habib ad-Da’i ilaLLOH M.Rafiq Al-Kaff Gathmyr
“Sayyidina Al-Quthb Al-Ghaust As-Shomadany Al-Fardul Alim Ar-Robbany Al-Imâm Al-Kabir Al-Alim As-Syahir Shohibul Ahwal Wal Maqômat Al-Faiq Alal Fuhul Wal Afrod Al-Jariy fiy Maydanil Haqiqoh Haytsu Aroda Al-Waqi’u ala wilayatihi Al-Ittifaq bal Ajma’u alayha Jami’ul afaq Rutbatuhu fil imamah Syahiroh wa rof’atihi asma min Syamsuz Zhohiroh, As-Syekh Al-Imâm Mishbahuzzholam Warrohmatussyamilah lilkhosh wal ‘Am Qolamullah Walauhihi Wa Jasadul ‘Alam Wa Ruhihi Al-Falakud Dair Wal ‘Ilmuzzhahir”Penghulu kami yang mulia, Imam yang agung, Ulama yang termasyhur, tiada bandingan, Wali Qutbul Ghaust yang luhur, Shohibul Ahwal yang mempunyai Maqôm yang selalu unggul, maqôm tunggal yang berjalan dalam rahasia dimensi Haqeqat dalam segala arah, Wali Allah yang kewilayahannya termasyhur disegala penjuru ufuk Barat dan Timur, Lampu dari segala kegelapan, Rahmat dari Allah yang diperuntukkan bagi Ummat yang khusus maupun awam, Qolam Allah dan Lauh-Nya,Jasad seluruh alam dan ruhnyaSayyidina Al-Imâm Al-Fakhrul Wujud : “AS-SYĔKH ABÛ BAKAR BIN SÃLIM RA.”Nafa ‘anallah bihi fid Darayn Amin
Tempat Lahir Dan Wafatnya Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar Bin Sãlim R.A
Beliau lahir pada hari Sabtu tanggal 23 Jumadil Awal th 919 H di kota Tarim “Al-Ghonna ” , Hadhramaut Republik Yaman, kota tempat kelahiran beliau adalah satu kota yang dipenuhi oleh orang-orang sholeh termasyhur dengan para Aulia Allah dan para ulama-ulama yang utama. Pada masa kanak-kanaknya beliau telah dididik oleh Ulama-ulama terkemuka disaat itu.Beliau wafat pada th 992 H dan dimakamkan di ‘Iynat, murid beliau As-Sayyid Yusuf bin ‘Abid Al-Hasany berkata :”Sayyidiy Al-Imâm As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim telah jatuh sakit semenjak hari Selasa tanggal 14 Dzulhijjah 992 H dan beliau selalu kutemani sampai berpulangya ruh beliau yang suci ke Hadhirat Allah SWT yang Maha Tinggi ”
Murid beliau yang lain yaitu Al-Faqih As-Sufi As-Syĕkh Abû Bakar bin Abdurrahman Bawazir berkata:
“Sayyidina Wa Barkatina Imam Al-Aqtob Syekh As-Syuyukh Abû Bakar bin Sãlim Ra berpulang ke Ramatullah pada malam mingu ba’da Isya tanggal 27 Dzulhijjah 992 H”
Jasad mulia beliau dikebumikan ditempat yang telah dipilih oleh beliau, yang mana ditempat yang sama telah dikebumikan anak beliau yaitu Sayyidina Al-‘Arif billah ‘Ali bin As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra yang telah wafat lebih dahulu sebelum beliau.Pemakaman beliau, dipenuhi oleh para peziarah dan pecinta beliau, yang tak terhitung jumlahnya
Ramalan Para Wali Allah Mengenai Keagungan Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar Bin Sãlim R.A
Kelahiran beliau sebelumnya telah banyak diramalkan oleh para Auliya’ terkemuka dizaman itu jauh sebelum kelahiran beliau, beberapa Auliya’ tersebut diantaranya :Al-Imâm As-Syarif Al-‘Arif billah Al-Mukasyif Shohibul Karomah Al-Khawariq Al-‘Adah As-Sayyid Ahmad bin Alwi yang tinggal di daerah “Maryamah”; sekali waktu beliau ini datang ke ‘Iynat dan beliau duduk di sebidang tanah yang pada waktu itu hanya berupa semak belukar dan bebatuan (yang nantinya akan didiami oleh As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra) Al-Imâm Ahmad bin Alwi Ra. berhenti ditempat tersebut dan beliau berkata kepada masyarakat yang hadir di waktu itu :“Akan lahir salah seorang anak kami yang akan mempunyai keagungan dan ia akan tinggal ditempat ini” Al-Imâm Ahmad bin Alwi Ra. selanjutnya berjalan berkeliling kota ‘Iynat sambil sesekali beliau menunjukkan tempat-tempat yang berkaitan kelak nantinya dengan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., beliau menunjukkan tempat yang akan dibangun Masjid oleh As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., dan beliau sempat Sholat disana, beliau juga menunjukkan tempat yang mana disana kelak akan dibangun rumah As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra.
Al-Imâm Al-Habib Ali Al-Habsyi Ra (Shohibussimthudduror) meriwayatkan bahwa wali lainnya yang telah meramalkan keberadaan dan keagungan Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. adalah Al-Wâli Al-Imâm Muhammad bin Ahmad Jamalullail, beliau berkata :
“Akan ada disini (‘Iynat ) salah seorang dari anak-anak kami yang akan termasyhur dengan keagungan dan kewalian, dan Qubahnya akan berada dan didirikan di kota ini”.
Wali lainnya yang telah mengisyaratkan keagungan beliau adalah guru beliau sendiri yaitu Sayyidina Al-Imâm Syahâbuddin Al-Akbar Ahmad bin Abdurrahman Ra., tatkala didatangi oleh ayahanda beliau yaitu Al-Imâm As-Sayyid Salim bin Abdullah Ra., yang bermaksud mengeluhkan kelambanan beliau dalam mempelajari ulumul Quran dalam usia remaja, karena pada masa itu anak-anak remaja di kota Tarim juga giat mempelajari ilmu-ilmu Al-Qur`an dalam usia yang sangat belia. Al-Imâm Syahabudin Al-Akbar mengomentari keluhan ayahanda As-Syĕkh Al-Imâm Abû Bakar bin Sãlim Ra., beliau berkata:
“Biarkanlah anakmu dan tak usah engkau khawatirkan, sesungguhnya anakmu akan bisa dengan sendirinya dan kelak ia akan mempunyai keutamaan yang agung”
Kenyataanya beliau akhirnya mahir membaca Al-Quran dan tak lama kemudian beliaupun mengkhatamkan Al-Quran dengan ilmu-ilmunya (disiplin ulumul Quran), hanya selama 4 bulan. Diriwayatkan juga ada seseorang yang telah mendatangi Sayyidina
Al-Imâm Syahâbuddin Al-Akbar Ahmad bin Abdurrahman Ra., dan ia bercerita :“Pada satu hari aku mendatangi Sayyidina Al-Imâm Syahâbuddin Al-Akbar Ahmad bin Abdurrahman Ra. dan beliau mewasiatkan kepadaku :
“Hendaklah engkau selalu dekat dengan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. , karena ia sebenarnya termasuk Wali besar di zaman ini, dan tidak ada seorangpun seperti dirinya dikalangan Al-Ba’alawi” Kemudian akupun pergi mencari As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., dikala itu beliau berada dizawiyah Masjid Ba’Isa di Lisk, yang mana pada saat itu adalah masa diawal suluk beliau, kemudian akupun mengucapkan salam atas beliau dan akupun kemudian selalu belajar dan bertanya kepadanya selama tiga hari berturut-turut”
Diriwayatkan dari Al-Faqih Muhammad Bajamal, yang berkata:
“Telah memberikan khabar kepadaku Al-Akh As-Sholeh Ahmad bin Umar Baziyad ia bercerita padaku :“Sekali waktu aku ingin meminta izin kepada As-Syekh Ma’ruf Bajamal untuk ziarah kepada Nabi Allah Hud As, lalu iapun memberikan izin kepadaku , akan tetapi yang membingungkan adalah beliau menitipkan salam untuk As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. padahal pada saat itu beliau belum termasyhur, dan akupun belum pernah berjumpa dengannya, As-Syekh Mla’ruf juga menitipkan pesan beliau bagi As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. :
“Bilamana nanti engkau bertemu dengannya sampaikan pesanku ini ; Sesungguhnya Maqôm ini harus jatuh pada dirimu (As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim) dan engkau adalah Qutb Shohibul Waqt” lalu akupun pergi untuk berziarah, dan ketika aku sampai, aku dapati As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. sedang berada di makam Nabi Allah Hud AS, kemudian akupun mengucapkan salam atas dirinya, lalu aku menyalaminya dan sebelum sempat aku berkata ia telah berkata mendahuluiku mengenai pesan As-Syekh Ma’ruf Bajamal”
Selain di-Isyaratkan oleh para Wali, Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra juga telah mengisyaratkan eksisistensi beliau kepada para Wali yang akan muncul sesudah beliau seperti yang telah dikatakan oleh Al-Imâm Al-Habib Abdurrahman bin Ahmad Aidid shohibul ahwal wal maqomat wal karamat khalifati lil adab :“ Sesungguhnya Al-Imâm As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. melihat kepadaku dengan pandangan yang tidak aku mengerti sesudah 14 tahun barulah aku faham dengan pandangan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. yang sedemikian rupa kepadaku. Karena berkata Sayyidina Al-Imâm Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad pada satu kesempatan di majlis beliau:` sesungguhnya diantara kita dan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. mempunyai hubungan dengan adanya Al-Akh Abdurrahman bin Ahmad Aidid, ia telah berjumpa dengan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. pada waktu usianya 7 tahun`. Pada saat itu bertanya Sayyidina Ahmad bin Zein Al-Habsyi kepada Al-Imâm Al-Haddad: ` apakah cukup kita mengambil keberkahan kepada karamah Masyaikh dengan berkumpul saja tanpa membaca satu kitab-pun atas mereka?`. Al-Imâm Al-Haddad berkata : `Benar, dan hal tersebut cukup menimbulkan keberkahan dengan berkumpulnya seseorang di majlis waliyullah tersebut `.
Isyarat Dari Para Wali Allah Bagi Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar Bin Sãlim R.A
Sebagaimana lazimnya para Aulia di Tarim semuanya menutupi Hál mereka (khumul ), tetapi berbeda dengan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra, beliau mendapatkan Amr agar beliau meng-Izdharkan Hál beliauDalam banyak riwayat yang masyhur dikatakan bahwa pada awalnya As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra tidak menginginkan untuk meng-Izdharkan Ahwal beliau, maka tatkala kemasyhuran (zdhuhur Ahwal) As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. sampai kepada guru beliau yaitu Al-Imâm Al-Arif billah As-Sayyid Ahmad bin Alwi Bajahdab, guru beliau itu berkata dalam bahasa Isyarah:
“Tidaklah maqômnya (As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim) akan berkurang dengan ter-Idzhar Hál-nya karena kalimat Bismillah telah diletakkan disetiap perkataannya , dan sungguh tidak berkurang sama sekali kadar maqômnya dengan sekedar kemasyhuran, hanya mengurangi semisal biji dalam makanan belaka.” Tersirat dalam perkataan guru beliau ini bahwa bilamana As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim meng-Izdharkan maqôm beliau maka hal tersebut tidaklah sama sekali mengurangi kadar keagungan maqôm dan kemuliaan beliau atau bisa dikatakan bilamana As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra meng-Izdharkan Sirr Ahwal dan maqôm beliau bukan berarti merupakan perwujudan dari seluruh kemuliaan Minnatullah yang terdapat pada diri beliau, sekaligus dengan kata lain guru beliau merestui Al-Imâm As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., tatkala perkataan guru beliau ini disampaikan kepada As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., beliaupun melakukan sujud syukur kepada Allah SWT lalu beliau berkata :
”Aku merasa cukup dengan Isyarah pengukuhan ini, sebagai perlambang kemegahan dan keagungan yang yang diberikan Allah SWT”.
Kemudian setelah itu beliau berangkat dari ‘Iynat menuju Tarim untuk berziarah dan berjumpa dengan guru beliau tersebut dan setelah beliau berjumpa dengan guru beliau, guru beliau bertanya kepada beliau : “Apakah sebab sebenarnya, sehingga engkau (As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim) meng-Izdzharkan hal-mu, apakah tidak lebih baik engkau tetap dalam keadaan Khumul ?” Beliau menjawab : “Sesungguhnya telah datang kepadaku serombongan pemuka kaum Ba’alawi dan bersama mereka ada As-Syĕkh Abdul Qadir Al-Jailany Ra., mereka semuanya memerintahkan kepadaku agar aku meng-Izdharkan diriku, Bagaimanakah pandangan anda sendiri? Apakah saya dilarang? Sesungguhnya diriku sendiri tidak menyukai kemasyhuran .” Setelah guru beliau mendengar perkataan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. beliau lalu terdiam sesaat, setelah itu beliau berbincang dengan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra dengan perkataan yang tidak dipahami oleh orang yang hadir dikala itu, kemudian guru beliau lalu berwasiat kepada Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. dengan beberapa wasiat, setelah itu guru beliau memerintahkan beliau untuk pulang dan tetap menetap di kota ‘Iynat .
As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. lalu pulang ke ‘Iynat, di sanalah beliau kemudian termasyhur dengan nama yang harum semerbak ke penjuru negeri, dan cahaya ilmu serta kemuliaan beliau berkemilau dan menerangi orang-orang yang berjalan di jalan Allah SWT.
Keutamaan Dan Keluhuran Akhlak Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar Bin Sãlim R.A
Beliau adalah seorang Ulama dan Wali yang sangat dermawan yang suka menjamu tamu, jika tamu yang berkunjung banyak, beliau memotong satu sampai dua ekor unta untuk jamuannya. Karena keluhuran ahklak beliau yang agung, maka semakin banyaklah orang yang datang mengunjungi beliau.
Dalam menjamu dan memenuhi kebutuhan para tamunya beliau tidak segan-segan untuk turun tangan sendiri, menghampiri para tamu dan menanyakan sendiri keperluan mereka, dan beliau sendiri yang memasak untuk mereka . Setiap harinya beliau membagikan lebih kurang seribu potong roti kepada fakir miskin.Berkata Sayyidiy As-Syekh Ali bin bin Salim bin Ahmad bin Sayyidina As-Syekh Al-Husein R.Anhum :
“Sesungguhnya Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. mengurus sendiri keperluan tamunya sampai ke urusan dapur sekalipun, beliau sendirilah yang memasak untuk para tamu dan dengan tangan beliau sendiri diantarkan makanan sampai ke hadapan mereka ”Dikisahkan bahwa ada seorang lelaki dari Kabilah Al-Katsiriy yang selalu mendapatkan dua potong roti setiap malam dari dapur Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., sekali waktu ia tidak mendapatkan roti yang biasanya ia dapatkan karena ia sendiri yang terlambat datang, sehingga ia menggerutu :
“Sungguh Allah SWT telah menutup dapur ini sehingga aku tidak mendapatkan roti seperti biasanya “Perkataan orang ini didengar oleh Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., pada saat itu juga beliau dengan penuh tawadhu’ masuk kedapur untuk memasak makanan, untuk kemudian beliau berikan kepada orang tadi seraya berkata :“Sungguh dapurku tidak akan pernah berhenti mengikuti dari pada perlakuan Nabi Allah Ibrahim kepada tamu-tamunya” Orang itupun merasa malu dan meminta maaf kepada beliau. Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. mempunyai akhlak yang mulia, beliau adalah seorang wali yang sangat Tawadhu. Tidak pernah ada seorangpun yang melihat beliau duduk bersandar ataupun bersila dalam melayani tamu ataupun dalam setiap majlisnya.
As-Syĕkh Abdurrahman bin Ahmad Bawazir (seorang faqih ) berkata: “Sejak 15 tahun sebelum wafatnya, didalam berbagai majlisnya baik bersama kaum khusus ataupun awam, Syekh Abû Bakar bin Sãlim tidak pernah terlihat duduk kecuali dalam posisi duduknya orang yang sedang Tasyahud (iftirosy). Keagungan akhlak beliau dilukiskan dengan perkataan para pecinta beliau :
“Katakan kepada kami jika kalian melihat keagungan akhlak yang mulia yang ada di diri Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim terdapat pada orang lain”.
Beliau gemar menekuni ilmu pengetahuan, beliau mengkhatamkan kitab Ihya’ Ulumudin karya Al-Imâm Al-Ghazali sebanyak 40 kali dan menghatamkan kitab fiqih Syafi’iyah yaitu Al-Minhaj karya Imam Nawawi sebanyak tiga kali. Diantara kebiasaan beliau adalah memberikan wejangan kepada masyarakat setelah sholat Jum’at di masjid beliau.Beliau diawal suluknya telah melakukan ibadah dan Riyadhah yang lazim dilakukan oleh para kaum sufi. Pernah selama waktu yang cukup lama beliau berpuasa dan hanya berbuka dengan kurma yang masih hijau, dan pernah selama 90 hari beliau berpuasa dan sholat malam dilembah Yabhur. Dan selama 40 tahun beliau sholat subuh di masjid Ba`isa di kota lisk dengan wudhu isya’.
Setiap malam beliau berziarah ke tanah pekuburan kaum solihin dan para wali di Tarim dan berkeliling untuk melakukan sholat berjama`ah di berbagai Masjid di Tarim dan beliau mengakhiri perjalanannya dengan sholat subuh berjama’ah di masjid Ba’isa, sampai akhir hayatnya beliau tidak pernah meninggalkan sholat witir dan Dhuha.
Sepanjang hidupnya beliau berziarah ke makam Nabi Allah Hud AS sebanyak 70 kali , setiap malam selama 40 tahun beliau berjalan kaki dari lisk menuju Tarim melakukan sholat pada setiap masjid di Tarim, beliau –pun mengusung kayu untuk mengisi tempat wudhu ,tempat minum bagi para peziarah dan juga kolam untuk tempat minum hewan.
Guru-Guru Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar Bin Sãlim R.A
Al-Imâm Al-Qutb Al-Fakhrul Wujud As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. telah mendapatkan ilmu pengetahuan dari Ulama’-ulama’ terkemuka dizaman itu diantara guru-guru beliau tersebut adalah :
1. As-Syĕkh Al-Kabir Umar bin Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakar Basyeiban bin Muhammad Asadullah bin Hasan bin Ali Bin Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddan Muhammad bin Ali Ba’alawi , pengarang Kitab At-Tiryaq As-Syaf fi Managib As-Sadah, wafat di kota Qosam tahun 944 H
2. Al-Imâm Al-Wali Al-‘Arif billah Sayyidina Syahabuddin Al-Akbar Ahmad bin Abdurrahman.Dari guru beliau ini As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra mendapatkan sanad Khirqoh beliau.
3. As-Syĕkh Al-Faqih Al-Qadhi As-Sholeh Abdullah bin Muhammad bin Sahl Baqusyair pengarang kitab Fiqh : “Al-Qalaid”
4. As-Syĕkh Al-Faqih As-Sufi Umar bin Abdullah Bamakhramah, dengan guru beliau ini As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. menelaah Kitab “Ar-Risalah Al-Qusyairiyah” dalam usia beliau yang masih belia.
5. Tajul Aimah Al-Imâm Al-Arif billah Ta’ala Ahmad bin Alwi Bajahdab Ba’alawi.
6. As-Syĕkh Al-Imâm Abu Abdillah Ma’ruf bin Abdullah bin Muhammad bin Ahmad Bajamal.
Dikisahkan bahwa tatkala As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. hendak belajar kepada guru beliau ini, beliau diuji selama empat puluh hari untuk menunggu berjumpa dengan As-Syekh Ma’ruf Bajamal, setelah empat puluh hari barulah beliau ditemui oleh As-Syekh Ma’ruf dan As-Syekh Ma’ruf hanya memerlukan waktu yang singkat untuk menurunkan ilmunya kepada beliau. Sewaktu keluar dari kediaman As-Syekh Ma’ruf beliau dielu-elukan oleh serombongan wanita di kota Syibam yang mengharapkan Doa beliau, lalu As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. mendoakan mereka agar mereka mendapatakan suami yang setia, dan sampai sekarang kaum wanita Syibam memiliki suami yang setia. Maqôm guru As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. ini (As-Syekh Ma’ruf) akan berpindah kelak kepada Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra.
Kemudian setelah beliau selesai dalam pelajarannya beliau pun lalu pindah dari Tarim ke ‘Iynat , satu daerah di Hadramaut yang jauhnya setengah perjalanan dari Tarim.Beliau kemudian membeli tanah dan membangun Masjid di ‘Iynat kemudian disanalah beliau mengajar dan mengabdikan diri beliau di jalan Allah SWT. Setelah itu ramailah manusia menimba ilmu dari beliau, manusia berdatangan dari segenap penjuru dunia dari segenap pelosok Yaman dan Hadramaut dari Syam, India, Afrika, Mesir, Maghribi dari Hijaz dan penjuru negeri lainnya.Sekilas mengenai kota ‘IynatKota ‘Iynat adalah satu kota di Hadhramaut yang berjarak setengah Marhalah dari kota Tarim‘Iynat Al-Qodiymah (kota ‘Iynat lama) didirikan oleh Qabilah Al-Katsir pada th 629 H, sedangkan ‘Iynat Al-Jadiydah (kota ‘Iynat baru) awalnya adalah perkampungan disekitar rumah dan Masjid As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra, yang baru didirikan oleh para pendatang yang ingin belajar dan tinggal bersama As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra.
Kota ‘Iynat sangat identik dengan Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra , sebagaimana dikatakan oleh Sayyidina Al-Imam Al-‘Arif billah Al-Habib Ahmad bin Muhammad Al-Mahdhor dalam salah satu Risalah beliau :“Aku telah mendengar riwayat dari para kaum Sholihin bahwa As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra seringkali berkata :“iynatiy ‘iynatiy”“Kota ‘Iynat adalah kotaku” Sayyidina Al-Habib Al-Jalil Al-‘Allamah Hasan bin Isma’il Al-Hamid menerangkan hal ini :“Perkataan Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra ini mencerminkan bahwa kota ‘Iynat berada dibawah pengawasan dan kekuasaan ke-wilayahan beliau, barangsiapa yang membuat kerusakan dan kemungkaran di kota ‘Iynat maka orang tersebut akan mendapatkan bencana dalam waktu yang singkat”Diriwayatkan dari Sayyidina Al-Imam Al-Jami’Al-‘Arif billah Al-Habib Ahmad bin Muhsin Al-Haddar :“Sekali waktu aku pernah bermimpi berjumpa dengan Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra dalam mimpiku tersebut, beliau menegur seseorang yang telah berbuat kemungkaran dalam kota ‘Iynat, tak lama dari mimpiku tersebut kedua orang yang ternyata masih berbuat kemungkaran tersebut mati tanpa sebab yang jelas”
Murid-Murid Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar Bin Sãlim Ra
Beberapa di antara murid-murid beliau yang telah beruntung mendapatkan pembinaan dan pendidikan dari beliau adalah :
1. As-Sayyid Ahmad Al-Habsyi Shohib Syi`ib Al-Husaisah
2. As-Sayyid Abdurrahman bin Muhammad Al-Jufri Shohib Taris lahir di Taris wafat th 1037 H.
3. As-Sayyid Muhammad bin Alwi Shohib Al-Muqoy rowiyat.
4. As-Sayyid Abdurrahman Al-Biyd Shohib As-Syi`ir.
5. As-Sayyid Yusuf Al-Qodhiy bin Abid Al-Hasany Al-Farisy Shohib Maryamah lahir di Maroko di kota Al-Fasi tahun 965 H wafat di Daerah Maryamah th 1008 H.
6. As-Syĕkh Hasan Basya`ib Shohib Al-Wasitoh.
7. As-Syĕkh Ahmad bin Sahl Shohib Hiytan.
8. Al-Faqih Muhammad bin Sirojuddin Shohib Al-Tashanif....
0 komentar:
Posting Komentar