Home » , » ULAMA DAN MUFTI DUNIA AKAN BANJIRI KONFERENSI INTERNASIONAL ULAMA DI JAWA TIMUR

ULAMA DAN MUFTI DUNIA AKAN BANJIRI KONFERENSI INTERNASIONAL ULAMA DI JAWA TIMUR

Written By MuslimMN on Senin, 24 Maret 2014 | 22.01





Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo Jawa Timur bekerjasama dengan Internasional Conference of Islamic Scholars (ICIS) akan menyelenggarakan Konferensi Internasional dengan tema “Konsolidasi Jaringan Ulama Internasional dalam Meneguhkan Kembali Nlai-nilai Islam Moderat”. Konferensi Internasional dalam rangka Perayaan 1 Abad Ponpes Salafiyah Syafi’iyah ini akan diadakan pada 28-30 Maret 2014 di Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Situbondo Jawa Timur.

KH. Hasyim Muzadi yang hadir dalam rapat persiapan kegiatan ini menuturkan bahwa pelaksanaan konferensi internasional tersebut merupakan salah satu amanah Alm. KHR. Achmad Fawaid As’ad kepada dirinya agar diselenggarakan pertemuan Ulama Internasional dalam 1 abad peringatan ponpesnya itu. Salah satu tujuannya adalah agar ponpes bisa dikenalkan ke dunia internasional dan beberapa hasil keputusan Munas dan Muktamar NU di Situbondo tahun 1984 dan 1985 yang mencetuskan tentang nilai-nilai Islam moderat dan khithah NU dapat dipahami oleh tokoh-tokoh Islam internasional.

Kyai Hasyim juga menyampaikan saat Alm. Kyai Fawaid ditanya kenapa harus saya yang bantu? Jawabnya Kyai Fawaid waktu itu karena Kyai Hasyim dulu yang juga ikut serta dalam kepanitian munas dan muktamar di Situbondo. Jadi Pondok Pesantren Sukorejo merupakan tempat bersejarah dimana di tempat ini keputusan penting tentang NU, bangsa dan negara disambungkan melalui penerimaan Pancasila sebagai Azaz tunggal.

Sebagai narasumber dalam konferensi internasional itu insya Allah akan didatangkan ulama-ulama Ahlussunnah wal Jama’ah dari Timur Tengah, diantaranya:

1.      Prof. Dr. Syaikh Ali Jum’ah Muhammad (Mantan Grand Mufti Mesir)
2.      Prof. Dr. Syaikh Wahbah Az Zuhaili (Pakar Fiqih Syiria)
3.      Syaikh Ahmad Badreddin Hassoun (Grand Mufti Syria)
4.      Syaikh Muhammad Rasyid Kabbani (Mufti Lebanon)
5.      Dr. Muhammad Imarah (Tokoh Pemikir Islam Mesir)
6.      Dr. Taufiq al-Buthi (Ketua Persatuan Ulama Negeri Syam)
7.      Al-Habib Ali bin Abdurrahman al-Jufri (Ulama Hadramaut)
8.      Syaikh Muhammad Yisif (Mufti Maroko)
9.      Syaikh Abdul Karim ad-Dhibagh
10.  Syaikh Hasani Lancene bin Muhammed

Sekretaris Pesantren, Ahmad Fadhail, SH menjelaskan saat ini ada tiga ulama asal Iraq yang ingin menjadi narasumber. Ketiga ulama asal Iraq itu sebelumnya tidak dijadwalkan mengisi acara pada konferensi internasional itu.

Selain ketiga ulama Iraq, ada juga mufti asal Qatar yang juga minta kepada panitia untuk menjadi narasumber. Hal ini tentu saja selain menjadi kebanggaan tersendiri, juga menjadi kekhawatiran bagi panitia. Pasalnya, dengan hadirnya ulama-ulama itu, mengharuskan panitia untuk lebih bekerja ekstra. Masalah keamanan juga dipastikan akan lebih dioptimalkan dalam rangka memberikan rasa aman, nyaman kepada para ulama asal Timur Tengah tersebut.

Selain acara konferensi internasional, peringatan 1 abad Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo juga dimeriahkan dengan berbagai event nasional seperti seminar nasional, seminar kesehatan, halaqah nasional, workshop nasional, festival, pelatihan, musabaqah, dzikir dan istighosah, bahtsul masail, haul, dan lain sebagainya. Puncak Acara Satu Abad Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo sendiri akan diadakan pada 18 Juni 2014 mendatang. (Cyberdakwah).


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Meningkatkan Cinta Kita pada Sang Nabi
Copyright © 2011. PUSTAKA MUHIBBIN - Web Para Pecinta - All Rights Reserved
PROUDLY POWERED BY IT ASWAJA DEVELOPER
Themes by Maskolis.com | Published by Mas Template